Imsak Tanda Stop Sahur?

10 Juli 2014 pukul 08:45 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, kehidupan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum.

Cerita seputar sahur di perjalanan.

Suatu malam, aku dan teman sahur di warung hik di Jawa Timur.

Lagi asyik nggigit tempe eh…. imsyaaak………..imsyaaaaaaaaaaaak……….. panjang banget ya

Pak, mpun imsak loh…. seru si penjual nasi hik.

Nggih, Pak.

Aku pun lanjutkan makan sahur bersama teman.

Loh, kok taksih dhahar, Pak… Continue Reading Imsak Tanda Stop Sahur?…

Praktek Murabahah – Pembelian Kredit Melalui Bank Syariah

10 Juli 2014 pukul 07:00 | Ditulis dalam ekonomi, ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum.

Beberapa waktu lalu aku ditanya orang soal kredit motor. Walah-walah…. ringan ditanya berat dijawab nih…

Akhirnya muter-muter aja di internet, nabok nyilih tangan…

Nemu ini:

Praktek Murabahah – Pembelian Kredit Melalui Bank Syariah

Bermunculannya bank-bank yang berusaha menerapkan praktek syariah merupakan hal yang patut kita syukuri. Akan tetapi masih saja banyak praktek-praktek yang mereka lakukan ternyata tidak syar’i. Contohnya adalah Sistem Murabahah. Sistem transaksi ini sering dijumpai di bank-bank yang mengatasnamakan dirinya “Bank Islam.” Banyak kaum muslimin yang terlena dengan embel-embel Syariah atau nama-nama berbahasa Arab pada produk-roduknya, sehingga jarang di antara mereka yang memperhatikan atau mempertanyakan dengan seksama sistem transaksi yang terjadi.

Maka menerangkan masalah seperti ini dipandang lebih wajib daripada sistem-sistem riba yang berlaku di bank-bank konvensional, sebab amat sedikit kaum muslimin yang mengetahuinya. Semoga bermanfaat. Continue Reading Praktek Murabahah – Pembelian Kredit Melalui Bank Syariah…

Sanbenito dan Perayaan Tahun Baru

11 Januari 2014 pukul 07:19 | Ditulis dalam budaya, hikmah, ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, renungan | Tinggalkan komentar

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta “sukses” menggelar Jakarta Night Festival untuk menyambut tahun baru 2014. Hal berbeda dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh yang melarang warganya menggelar segala bentuk perayaan menyambut tahun baru 2014. Personel Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (polisi syariah/WH) pun disiagakan untuk mencegah adanya aksi hura-hura di malam pergantian tahun.

Tidak main-main, Satpol PP dan WH dikerahkan untuk mencegah adanya perkumpulan massa, bakar mercon, dan tiup terompet dalam rangka malam pergantian tahun itu. Mereka disiagakan di berbagai titik di ibu kota Provinsi Aceh, terutama lokasi yang sering dijadikan tempat berkumpulnya massa pada malam pergantian tahun seperti di Bundaran Simpang Lima, Jembatan Pante Pirak, hingga ke depan Masjid Raya Baiturrahman, termasuk juga Lapangan Blang Padang dan Pantai Ulee Lheue. Siaga sejak sore sampai pagi. Continue Reading Sanbenito dan Perayaan Tahun Baru…

Lagu Setan

27 April 2011 pukul 11:49 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, renungan | 6 Komentar

Sore-sore kumpul dengan beberapa tetangga. Ngobrol ngalor ngidul seperti biasa.

Yang jadi inspirasi penghangat suasana adalah tokoh-tokoh dari dunia hitam, macem aliansi koruptor Indonesia, atau lembaga mafia pajak, atau majelis anti kemakmuran rakyat….sampai black female agent macem Malinda Dee dst sampe obrolan musik.

Gara-garanya adalah dari dalem rumah sang bapak ini sayup-sayup kedengaran lagu the beatles ini.

Anaknya suka lagu ini ya, Kang? Kutanya si bapak yang empunya rumah.

Continue Reading Lagu Setan…

Biar Praktis…

5 Januari 2011 pukul 18:04 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, keluarga, renungan | 3 Komentar

Kenapa pilih lokasi di sana Kang? Tanyaku ketika ada teman minta pertimbangan soal rencana rumahnya.

Biar praktis…..! jawabnya

Maksud praktis tuh gimana?

Continue Reading Biar Praktis……

Cuma Bisikan

23 November 2010 pukul 09:34 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, keluarga, renungan | 1 Komentar

Suatu kali aku bertemu seseorang di masjid habis subuhan. Trus ngobrol, bla…bla….bla…. sampai pada suatu pembicaraan, orang itu menyampaikan keinginan untuk menghadirkan seorang ustadzah di lingkungan kerjanya yang kebetulan memiliki beberapa orang karyawati. Dia minta agar diadakan kajian khusus akhwat di sana. Waktunya pagi hari menjemput jam buka toko. Kira-kira jam 08.30 pagi kajian mesti sudah selesai dan karyawati bisa tetap bekerja sebagaimana biasa.

Continue Reading Cuma Bisikan…

Siapa Teman Kita, Itulah Kita.

22 September 2009 pukul 08:42 | Ditulis dalam ibadah gaul | 2 Komentar

وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَى يَدَيْهِ يَقُولُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلًا (27) يَا وَيْلَتَا لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا (28) لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءَنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنْسَانِ خَذُولًا (29)

Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zhalim menggigit dua tangannya, seraya berkata, “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan fulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al-Qur’an, ketika Al-Qur’an itu telah datang kepadaku.” Dan adalah syetan itu tidak mau menolong manusia. (Al-Furqan: 27 – 29)

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ (67)

Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertaqwa. (Az-Zukhruf: 67)

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk, adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Penjual minyak wangi tidak pernah “tidak memberi apapun” padamu. Adakalanya kau membeli (minyak wangi) darinya, atau kamu mendapat bau wangi darinya. Adapun pandai besi, adakalanya membakar badan atau pakaianmu, atau kamu mendapatkan bau yang tidak sedap. (HR. Muslim)

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِطُ

Seseorang itu mengikuti agama sahabatnya. Maka, hendaklah kalian memperhatikan siapa sahabat kalian. (HR. Ahmad)

الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

Seseorang itu bersama orang yang dia cintai. (HR. Bukhari) Continue Reading Siapa Teman Kita, Itulah Kita….

Halal Haram Bisnis Online: Sebuah Pencarian

15 Juli 2009 pukul 08:01 | Ditulis dalam ibadah gaul | 20 Komentar

Empat hari lalu aku ditanya tentang bisnis online di internet. Maksudnya ditinjau dari segi syari’ah. Halal atau haram…..

Huwaaaaaaaa….. susah banget ngejawabnya.

Continue Reading Halal Haram Bisnis Online: Sebuah Pencarian…

Orang Mati Bisa Denger

22 Juni 2009 pukul 06:54 | Ditulis dalam ibadah gaul | 3 Komentar

Pas nongkrong sama teman-teman sempat ngrasanin orang mati. Gak boleh atuh ngrasanin orang mati. Gak baik tahu! Toh siapapun yang mati itu sudah ngedapatin hasil kelakuannya dulu. Jadi  kalau ada yang ngrasanin mereka  gak ngaruh, malah bikin susah keluarga atau kerabatnya yang masih hidup.

Bukan ngrasanin yang begituan. Tapi begini loh, pas ada temen baca hadits yang nyeritain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan dan melewati wilayah kuburan, beliau lantas brenti dan ngadep ke mereka lalu mengucap:

Continue Reading Orang Mati Bisa Denger…

Obrolan Gubuk

27 Mei 2009 pukul 16:09 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir | 1 Komentar

Suatu kali aku duduk-duduk di gubuk bersama teman-teman petani. Kami ngobrol ngalor ngidul soal sawah dan seputar kehidupan kami. Gak sampe ngrembug istri-istri kami. Hehe… itu mah urusan orang per orang….

Sedang asyik-asyik ngobrol, datang anakku bawa makan siang. Rolasan, begitu kata orang-orang.

Assalamu’alaikum…..seru anakku.

Continue Reading Obrolan Gubuk…

Tissue: Antara Kepraktisan dan Keseimbangan

6 Januari 2009 pukul 08:07 | Ditulis dalam budaya, ibadah gaul, renungan | 4 Komentar

Beberapa hari ini aku memang flu beratttt… sampe kedua lubang hidungku seolah tak lagi berlubang. Tak bisa tidur dengan rebah. Kepaksa sandaran bantal di dinding kamar, sambil menikmati aliran udara yang dengan susah payah menggapai paru-paruku. Sekedar mengisi ruang yang sudah disediakan baginya. Natural….tapi jarang kusadari ketika semuanya lancar normal sehat wal afiyat.

Continue Reading Tissue: Antara Kepraktisan dan Keseimbangan…

MLM ‘Berkah’

2 Januari 2009 pukul 08:34 | Ditulis dalam ekonomi, ibadah gaul, tutorial | 9 Komentar

MLM Berkah dan Menguntungkan

MLM ini seperti kebanyakan MLM yang kita kenal.

Gambarannya umumnya sama saja. Kira-kira begini:

Anda bergabung kepada Promotor Anda, jadilah pro aktif. Lalu Anda mesti mencari downline sebanyak-banyaknya. Lalu downline Anda juga akan mencari downline lagi sebanyak yang mereka mampu. Begitu dan seterusnya.

Like another wis pokoke…..

Continue Reading MLM ‘Berkah’…

Kontroversi Natal: Bagi Muslimin dan Kristiani

20 Desember 2008 pukul 08:49 | Ditulis dalam curhat, ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, renungan | 4 Komentar

Menjelang natalan bagi umat Kristen.

Menyoal natalan deh. Ngutip aja dari sini. Diedit tanpa mengubah isi. Ditambah juga sih, biar tambah aneh ajah.. Continue Reading Kontroversi Natal: Bagi Muslimin dan Kristiani…

Jumlah Takbir Sholat Hari Raya Kok Satu-Satu?

19 Desember 2008 pukul 10:40 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, tutorial | 9 Komentar

Sebenarnya mau posting dari kemarin dulu…tapi baru enak hati hari ini. Ya sudah tak apa . Lagian gak ada istilah terlambat to buat ilmu?

Bahasan kali ini sebenarnya gak ada istimewanya. Sudah biasa dirembug orang. Jadi kalau mau brenti ngebaca, baiknya sekarang. Tapi kalau mau nekat juga gak ada dosanya kok. Continue Reading Jumlah Takbir Sholat Hari Raya Kok Satu-Satu?…

V = Peace?

16 Desember 2008 pukul 07:55 | Ditulis dalam ibadah gaul | 16 Komentar

Sadar gak sadar, selama ini sudah banyak anak-anak muda bahkan mantan anak muda suka berfoto lalu bergaya begini (dengan jari-jari tangan membentuk sebuah simbol V) Continue Reading V = Peace?…

Laman Berikutnya »


Entries dan komentar feeds.