Halal Haram Bisnis Online: Sebuah Pencarian

15 Juli 2009 pukul 08:01 | Ditulis dalam ibadah gaul | 20 Komentar

Empat hari lalu aku ditanya tentang bisnis online di internet. Maksudnya ditinjau dari segi syari’ah. Halal atau haram…..

Huwaaaaaaaa….. susah banget ngejawabnya.

Ya sudah aku kembalikan ke kasus-kasus perdagangan yang kutahu terjadi di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maksudnya pada pola-pola perdagangannya. Di dalam bisnis yang halal tidak ada orang yang dirugikan, tidak ada orang yang dikalahkan. Barang dan jasa perdagangannya harus ada dan jelas, begitu pun dengan alat tukarnya, uang atau yang semacamnya. Saling ridha (dalam hal yang benar tapinya).

Selama prinsipnya tidak menyalahi konsep dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ya oke-oke saja. Soal muammalah mah….lihat larangannya saja. Artinya kalau mulai ada aroma yang terlarang ya brenti….kalau tidak ada ya terus dan terus saja. (Lain kalau soal ibadah, yang dilihat kan perintahnya. Kalau ada perintah (atau contoh) ya dilakuin, kalau tidak ada ya tidak perlu dijalanin. Kalau nekat terancam jadi bid’ah!)

Hanya saja perkembangan di dunia bisnis kan bejibun, kebut-kebutan dan penuh trik-trik yang pelaaan…pelaaaa….n bisa membingungkan orang (awam) sehingga halal haramnya jadi susah dilihat. Cape dech….

Tapi yang jelas, banyak sekali bisnis di internet yang bernuansa buram bahkan gelap.

Misalnya kita diminta mentransfer uang sekian rupiah. Sekian waktu kemudian uang kita akan bertambah dan terus menggelembung.

Atau ada yang “pura-pura” jualan e-book (yang bisa didownload gratis di tempat lain (ngopi punya teman maksudnya) tetapi tetap saja itu hanya sebagai pengalih perhatian. Ada juga yang jualan pulsa. Juga pura-pura. Tujuan utamanya ya seperti biasa. Sama-sama tahu. Bikin jaringan maya, nyari downline, MLM atau istilah sejenis lainnya.

Coba aja diteliti dari mana datangnya uang tambahan itu. Jika diambilkan dari member baru….. hati-hati, ini bukan bisnis, tetapi mengambil uang downline kita. Kita sebut apa ya….ghoshob mungkin? Ngerampasss…. tapi lembut. Tetep aja ngambil. Lha wong kita tidak jualan apa-apa kok.

Jualan e-book atau pulsa sih sah-sah saja sebenernya sih…. kalau memang bener caranya. Dia itu dzatnya halal kok, tapi kalau caranya tidak beres kan sifatnya bisa berubah dari halal ke haram. Kira-kira gitu deh….

Aku sih masih aktif di MLM ini. Aku kan juga pengin sukses….

Nah,

Saudaraku semua, silakan diskusi di sini, bisnis internet mana-mana yang haram dan mana yang halal, dengan definisi seperti tadi atau ada yang lebih baik menurut syar’i pasti oke. Tentunya tujuan kita jelas, mengajak semua orang mencari rejeki yang halal meskipun ketika bisnis itu kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi internet ini.

Silakan sharing …

Iklan

20 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Terima kasih ats infonya.
    Saja juga bingung ketika melihat banyak tawaran bisnis online yang sebagian besar dengan cara mentranfer uang.
    pengen sih ikut karna pengen sukses juga. tapi saya tidak mau ketika sudah mendapat uang lantas uang yang diperoleh haram.

    Sekarang saya sedang mempelajari bisnis online (indo-finance)
    Saya minta tolong dipelajari apakah sistem ini halal atau haram.
    karena sistemnya dengan mentransfer sejumlah uang, kemudiantanpa merekrut kita mendapatkan profit sharing dari member. Katanya setiap member tidak ada yang dirugikan. Namun produknya apa??? Kemudian dari mana profit yang dihasilkan. Mohon untuk dipelajari dan di informasikan kepada saya.
    Terima kasih Wasss

  2. Banyak cara jika ingin sukses, dari yang haram sampai yang halal.
    Apapun yang dilakukan selama tidak melanggar aturan (agama atau lainnya) pasti halal. Namun manusia memang senang bermain api meskipun sudah dilarang, tentunya masih ingat cerita Nabi Adam ke bumi.

    Salam superhangat.

  3. Makasih banget infonya. Saya mau tanya,setau saya (kata temen sih), bisnis MLM yang haram adalah bisnis MLM yang ga punya produk,atau kalaupun ada produk, itu hanya dibuat2 seakan2 ada produk. Jika seperti itu maka bisnis akan haram. apakah benar? satu lagi katanya,bisnis yang “ga ngapa2in”, alias setor duit dan ntar akan nambah dengan sendirinya, itu juga haram,apakah benar? Soalnya saya sekarang sedang menggeluti salah satu bisnis online juga. Bukan jualan ebook ato pulsa si,cuman jualan jasa langganan domain dan webhosting yang jauh lebih menguntungkan.
    terimakasih

  4. aduh kalo ditanya dan dikaji secara garis besar nya saja semua bisnis pasti haram hasilnya

  5. hanung bersilaturrahmi

  6. Assm….
    Mohon diinformasikan kpd saya lewat email jg bisa, biar langsung bs saya terima. Saya skrng sdng mengikuti bisnis online jg disalah satu situs. Memang dsrh mentransfer sejumlah uang untuk mengaktifkan keanggotaan, tetapi produknya jg ada berbentuk peluang2 bisnis ataupun informasi2 lainnya. Ada bbrp tahap dlm bisnis yg sedang saya ikuti. Skrng saya br brda dtahap 3. Ktnya produk dlm bisnis ini akan diberikan pada tahap 4 dan 5. Bagaimanakah kehalalan bisnis online seperti ini? Mnrt saya memang tdk ada pihak yg dirugikan. Kita bs mendatkan income dr setiap anggota baru yg bergabung lewat referensi kita. Sblmnya trmksh atas jawabannya.
    Wslm…

  7. Coba komentari juga bisnis online yang satu ini.

  8. Coba komentari juga bisnis online yang satu ini.
    http://online-syariah.xellco.com/

  9. mohon maaf lahir dan bathin, selamat idul fitri 1430 Hijriah.
    salam untuk keluarga.

  10. Ada kok BISNIS lewat Internet yang halal… Tp ya harus kerja,rekrut Agen biar hasil melimpah.. Nggak Rekrut Juga nggak apa2,asal Rajin Jualan..
    Mau Tahu… pasti sudah tahu… JUAL PULSA ELEKTRIK 1 CHIP ALL OPERATOR.. banyak sekali pilihan server yang bisa di jadikan MITRA.. salah satunya ya di AXXESINDO PULSA..

    Yang berminat langsung menuju TKP di http://www.axxesindo.com
    Harga Wajar, Mentari25=24750 , Simpati10= 9850 , Ceria10 = 9500.. Masih untung di jual kan…? Kalau dapt agen buat selisih jangan banyak2 cukup 50 Rupiah saja, biar nggak di bilang serakah… InsyaAllah HALAL..

    Buat yang punya Blog.. salam kenal dan terimakasih..

  11. Terima kasih atas infonya…

    Banyak sekali memang tawaran bisnis lewat internet salah satunya MLM. Yang penting syaratnya :
    – transaksi antara penjual dan pembeli dilakukan atas dasar suka sama suka, tidak ada unsur pemaksaan.
    – Barang yg dijualbelikan halal, bermanfaat dan transparan sehingga tdk ada unsur samar-samar atau penipuan
    – Barang tsb dijual dgn harga wajar

    adapun Firman Allah di surat Al Baqarah 2:275, yg artinya : Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba

    dan surat An-Nisa 4:29, yang artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu

    Jadi semua itu memang di kembalikan ke masing2 orang, halal atau tidaknya bisnis marketing secara online, semoga bermanfaat.

    Salam kenal dan terima kasih

    Wasalam

  12. Klau bisnis onlinenya berupa jual beli ebook halal g ?
    Saya dapat email nama bisnisnya itu program 5 milyar.
    Ni almatnya http://www.program5milyar.com/?id=Michael_L>

  13. Menurut teman-teman bisnis ini halal gak?
    http://www.bisnishalal7.tk/
    saya sudah lihat, sepertinya cukup menjanjikan

  14. blogwalking

  15. Salam, sebenarnya waktu ini saya mencari kajian tentang halal dan haramnya bisnis internet. Namun setelah membaca tulisan ini saya kok jadi ingat; Menurut orang-orang tua dan guru waktu zaman masih sekolah dulu, bisnis itu harus ada barang yang dijual (karena dibeli). Kalau ga ada barang yang dijual terus dikasih sesuatu itu namanya dikasih. Bukan lagi bisnis tapi rasa kasih sayang antar manusia. Dan memberi itupun mesti dengan keikhlasan, kalau kita memberi dengan mengharap mendapatkan sesuatu yang diinginkan maka itu namanya menyuap. Yang membuat haramnya bisnis, bisa jadi karena caranya dan apa yang dijalankan (barang yang dijual). Maka pintar2 saja memilih dan menjalankan bisnis internet. Eh, ngomong2 saya mau ikut bisnis internet tapi ga jadi…tapi buat semua yang hadir dan yang punya blog semoga sukses saja di bisnis internetnya.

  16. please kasih masukan ttg ini, profit-syariah.com itu halal atau haram?karena kita investasi dan hasilnya juga wajar, nggak muluk-muluk n nggak gedhe2 amat.

  17. …membingungkan juga…

  18. Agan-agan semua,, saya mau tanya kalau main PTC halal apa gak yaw..???

  19. gimana kalo ini http://www.bisnis-tiket-pesawat.com/?id=kapuas sponsor hm sholichuddin [kuala kapuas] produknya jelas TIKET PESAWAT, tidak ada DEPOSIT uang keanggotaan Rp. 200.000 bandingkan bila kita buka travel … mohon dukungannya

  20. Terimakasih banyak om, artikelnya sangat bermanfaat, sedikit info nih,, ada bisnis Affiliasi Gratis dengan komisi terbesar di Indonesia langsung aja ke www.http://chayat.com/affiliasigratis
    Sukses buat kita semua


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: