Shalawat Nariyah Syirik?

9 Agustus 2015 pukul 08:57 | Ditulis dalam aku gak tanggung, hikmah, irodatul khoir lil ghoir | 2 Komentar

Hukum Amalan Shalawat Nariyah

Pertanyaan:

Apa benar shalawat nariyah itu diharamkan dan tidak boleh dibaca? Terima kasih

Dari: Dina

Jawaban:

Segala puji bagi Allah yang telah mengumpulkan kita dalam barisan orang-orang yang beriman. Kita memohon kepada Allah agar kita semua diberi kekuatan untuk bisa istiqomah di atas tauhid sampai mati.

Semua umat Islam sepakat bahwa syirik adalah dosa yang sangat besar, yang tidak akan Allah ampuni jika dibawa sampai mati, dan pelakunya belum bertaubat.

Namun sayangnya banyak orang yang tidak memahami pengertian yang tepat tentang syirik. Akibatnya banyak orang yang melakukan perbuatan syirik namun dia tidak merasa kalau dirinya telah melakukan kesyirikan.

Bahkan yang lebih menyedihkan, ada orang yang melakukan kesyirikan namun dia merasa sedang melakukan ibadah. Sehingga sangat sulit bagi orang yang terjerumus ke dalam perbuatan ini untuk diingatkan. Karena bagaimana mungkin perbuatannya bisa disalahkan sementara dia meyakini bahwa dirinya sedang mendapatkan pahala dengan perbuatannya.

Kita ucapkan innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, ada musibah besar yang menimpa kaum muslimin, melakukan perbuatan yang mendatangkan murka Allah namun dia merasa sedang mendapatkan pahala dari Allah.

Continue Reading Shalawat Nariyah Syirik?…

Tarawih Kilat 15 Menit: Fokus dan Melipat Waktu

27 Juni 2015 pukul 05:47 | Ditulis dalam aku gak tanggung, curhat, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, renungan | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , ,

Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar, menyelenggarakan shalat Tarawih berjamaah sebanyak 20 rekaat plus shalat sunah witir 3 rekaat ini, dikerjakan dalam waktu 15 menit. Durasi yang singkat ini menarik perhatian anak muda di sekitar pesantren yang jumlah lebih dari 5000 orang, baik tua maupun muda setiap malamnya. Continue Reading Tarawih Kilat 15 Menit: Fokus dan Melipat Waktu…

Sumpah Pemuda: Fakta atau Dusta?

29 Oktober 2014 pukul 05:01 | Ditulis dalam aku gak tanggung, irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | Tinggalkan komentar

”Kongres Pemoeda-Pemoeda Indonesia” memasuki tahun yang ke- 86. Hasil rapat ini diberi judul ”Poetoesan Congress Pemoeda-pemoeda Indonesia,” yang di kemudian hari ”diganti” judulnya menjadi ”Soempah Pemoeda” oleh Muhammad Yamin. Bila mengacu pada dokumen asli, pemuda Indonesia tidak pernah bersumpah pada tahun 1928 silam. Rapat yang digagas selama dua hari (27 – 28 Oktober 1928) oleh Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) saat Kongres pemuda II di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta, hanya menghasilkan suatu ”putusan”. Lantas, bagaimana perubahan judul sekaligus isi putusan menjadi Sumpah Pemuda?

Menurut Peneliti Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (Pussis), Universitas Negeri Medan (Unimed), Erond Damanik, menerangkan bahwa telah terjadi rekayasa sejarah terhadap peristiwa yang hingga kini dikenal sebagai ”Sumpah Pemuda”. Perubahan kata ”Putusan Kongres” menjadi ”Sumpah Pemuda,” berawal dari  dari Kongres Bahasa Indonesia Kedua yang diadakan di Medan pada 28 Oktober 1954. Erond menuturkan bahwa Yamin berperan penting dalam pembelokan kata Putusan Kongres. Dengan lihai ia merumuskan skenario baru terhadap judul beserta isi Putusan Kongres Pemuda-pemuda Indonesia. Continue Reading Sumpah Pemuda: Fakta atau Dusta?…

Pasar Jum’at Karanganyar Mandeg

24 Oktober 2014 pukul 21:09 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, jalan-jalan, kehidupan | Tinggalkan komentar

Tadi siang pas ada urusan di sebuah kantor di jalan Lawu seberang Masjid Raya Karanganyar, aku dengar beberapa orang ngobrol di barisan belakangku.

Itu sih, gara-gara setoran ke pemerintah kurang, terlalu kecil malah… buat biaya operasional minus. Jadi ditutup.

Bukan Bu… saya dengar sih, karena semakin sering dan banyaknya anak sekolah bolos cuman mau jalan ke sana.

Nggak ah… kan banyak pegawai yang habis senam bukannya balik kantor tapi malah asyik belanja.

Tapi yang saya dengar beda lagi, Ibu… kata tetangga saya, ditutup sama Bupati yang baru. Karena para pedagang dan juga para pembeli pada mengabaikan sholat Jum’at. Kan pasarnya di alun-alun masjid Raya Karanganyar. Aneh kan kalau yang sholat ya tetap sholat sedang yang jualan tetap aja jualan… Continue Reading Pasar Jum’at Karanganyar Mandeg…

Sahur On The Road, Antara Ibadah dan Tindakan Jahiliyah

22 Juli 2014 pukul 09:18 | Ditulis dalam aku gak tanggung, budaya, jalan-jalan, kehidupan, renungan | Tinggalkan komentar

Ahad 20 Juli 2014.

Twitter TMC Polda Metro Jaya berkicau, sekitar pukul 03.20 WIB terjadi tawuran antar peserta SOTR di depan Monas. Keributan tetap terjadi meski Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Restu M Budyanto memantau kegiatan Sahur On The Road di Bundaran Hotel Indonesia.

Polda Metro Jaya berjanji akan menindak tegas aksi SOTR (Sahur on the road) yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Meskipun begitu, Polda tidak mengadakan patroli khusus pada waktu sahur.

“Kita lakukan patroli skala besar, siang dan malam, untuk ciptakan rasa aman di masyarakat. Sampai saat ini, belum ada keluhan atau laporan dari masyarakat terkait itu (sahur on the road yang mengganggu),” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto dalam pesan singkatnya. Continue Reading Sahur On The Road, Antara Ibadah dan Tindakan Jahiliyah…

Bangkai Kambing vs Bangkai Anjing

3 Juli 2014 pukul 15:48 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, jalan-jalan, politik | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum

Rabu kemarin makan sahur di alun-alun Madiun, soto babat. Buka puasanya nasi jotos di Dolopo. Bukan hal istimewa.

Yang bikin istimewa adalah obrolannya.

Di dua tempat dan dua waktu yang berbeda, ada obrolan yang sama dari subyek berbeda.

Soal capres…

Ada yang nyantol di kupingku dan langsung nancep di hatiku. Ada pengunjung warung yang ngomong begini:

Yang satu ibarat bangkai kambing, yang lainnya ibarat bangkai anjing. Sama-sama bangkai, sama-sama haram.

Tapi minimal yang satu pernah halal. Lha yang satu waktu hidupnya saja sudah haram, mati pun haram….

Hayo piye ngene iki

Jilbab untuk Polwan

23 Juni 2013 pukul 16:39 | Ditulis dalam aku gak tanggung, irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | 1 Komentar

Seorang polwan yang pernah bertugas di jajaran Polda Jawa Tengah mengadu kepada seorang ustad kondang, Ustad Wahfiudin, tentang keinginannya mengenakan jilbab. ”Sudah lebih dari tiga tahun hati nurani saya menjerit karena sepulang dari menunaikan ibadah haji. Saya berkeinginan besar untuk mengenakan seragam polri dengan berjilbab,” kata polwan yang tidak bersedia disebutkan namanya itu. Continue Reading Jilbab untuk Polwan…

Ketoprak Live

16 Juni 2013 pukul 18:27 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, politik | 1 Komentar

Assalamu’alaikum

Tadi siang ketemu teman lama di jalan Sukoharjo-Solo. Ngeyup (berteduh) di bawah pohon di pinggir jalan sebentar. Ngobrol sana-sini tombo kangen. Bla…bla…

Ada terselip guyonan yang rodo parodik gitu…

Kang, sekarang pertunjukan ketoprak makin langka ya…., kata dia.

Lah…. iya tuh, sahutku.

Continue Reading Ketoprak Live…

PNS Idaman

7 Juni 2013 pukul 09:24 | Ditulis dalam aku gak tanggung | 1 Komentar

Artikel dari merdeka.com

Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerjaan yang dahulu dihindari namun saat ini masyarakat berbondong-bondong ingin mendapatkannya. Mulai dari tua atau muda hingga masyarakat ekonomi kelas bawah atau atas berebut untuk mendapat tempat di salah satu instansi negara.

Fenomena PNS menjadi primadona telah terjadi dalam beberapa tahun ke belakang. Masyarakat kaya pun tidak segan untuk melamar menjadi PNS ini. Terlihat dari penuhnya parkir mobil mewah pada saat ujian penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil).

Apa sebetulnya daya tarik PNS ini hingga menjadi pekerjaan idaman sebagian besar masyarakat? Continue Reading PNS Idaman…

Berhemat ala Presiden

6 Juni 2012 pukul 07:58 | Ditulis dalam aku gak tanggung, curhat | 3 Komentar

Kisanak….
Banyak berita dan cerita tentang pidato presiden beberapa waktu lalu, dimana si dia melahirkan lima buah program berhemat. Mereka adalah:
1.    Kendaraan Dinas Pemerintah dilarang menggunakan BBM bersubsidi yang diatur dalam sebuah Permen yang menjadi dasar penggunaan BBM bersubsidi secara ketat.
2.    Kendaraan untuk dipertambangan dan perkebunan, dilarang menggunakan BBM bersubsidi.
3.    Konversi diversifikasi dari BBM ke BBG akan dijalankan.
4.    Perusahaan Listrik Negara (PLN) dilarang untuk membangun pembangkit-pembangkit Listrik baru yang berbasisikan BBM dan pindah ke batubara,gas,geothermal, atau PLTA.
5.    Penghematan listrik di gedung-gedung pemerintah pusat, gedung pemerintah daerah, rumah menteri, rumah dinas pejabat daerah.

Continue Reading Berhemat ala Presiden…

1000 Tilang per Bulan

29 Januari 2011 pukul 10:31 | Ditulis dalam aku gak tanggung, jalan-jalan, serba serbi | 4 Komentar

Begitu salah seorang temanku bilang.

Rabu siang kemarin itu. Ba’da dluhur, dia lewat jalan pinggiran yang memang biasa dia lewati. Kayangan, begitu nama kampungnya. Daerah ini ada di pinggiran kampung setengah kota di Karanganyar. Jalan ini ada kelokan ganda di depan kolam renang Intan Pari di kotaku. Sebelah sananya ada area persawahan.

CS-1 yang dia naiki distop di balik kelokan. Mak jegagik….begitu kata orang Jawa kalau ada sesuatu yang sifatnya mendadak lalu brenti seketika.

Continue Reading 1000 Tilang per Bulan…

Kenapa Teks Proklamasi Banyak Coretan?

17 Januari 2011 pukul 13:41 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, jalan-jalan, politik, romantika, serba serbi | 16 Komentar

Begitu pertanyaan yang muncul di benakku. Saat itu aku sedang main ke rumah teman. Pas omong sana omong sini, anaknya datang menanyakan sesuatu hal berkaitan dengan pelajaran sekolahnya. Dia bawa buku sejarah. Ada gambar tiruan teks proklamasi.

Tergesa-gesakah Sukarno menuliskan teks itu?

Masa iya sih…mau ngejalanin negara kok mulainya tergesa-tega…gawat kan!

Salah tuliskah?

Itu juga tergesa-gesa dong!!!

Kalau memang salah tulis dan gak tergesa-gesa kan bisa disalin ke kertas lain, nah loh…

Biar rapi gitu…kan Sukarno tuh orangnya rapi.

Jreeennggg….

Itu tulisan sudah ada sebelumnya?

Atau Sukarno menemukan tulisan orang?

Atau lebih halus, dia niru teks orang?

Mungkin saja loh…

Wuih…gawat ini

Berarti gak orisinil dong…

Trus aku pulang…..

Penasaran masih meraja di dadaku. Berhari-hari.

Buku-buku sejarah kubuka. Situs-situs sejarah kubuka. Racik sana racik sini, rangkai sana rangkai sini.

Merangkai data ternyata menguras energi juga…

Dan akhirnya….

Continue Reading Kenapa Teks Proklamasi Banyak Coretan?…

Nokia Tetrapobhia

6 Desember 2010 pukul 15:17 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng | 1 Komentar

Misteri Kenapa Angka 4 Tidak Dipakai Nokia

Pernah ga agan mikir kenapa angka 4 tidak dipakai Nokia?? Pertanyaan itu muncul beberapa hari yang lalu setelah ane mengamati kok kayaknya ga ada angka 4 pada tipe hp Nokia.

Continue Reading Nokia Tetrapobhia…

….

12 September 2010 pukul 15:36 | Ditulis dalam aku gak tanggung, jalan-jalan, politik | 2 Komentar

Obama menghimbau toleransi beragama, dan mengatakan Amerika Serikat tidak berperang terhadap Islam, tetapi “terhadap organisasi-organisasi teroris yang memutar-balikkan Islam.”

Pesan bersayap yang disampaikan oleh orang yang belum terbukti memahami Islam dan menjalankannya.

Anda percaya?

Kominfo Kesulitan Blokir Situs Porno

29 Agustus 2010 pukul 19:07 | Ditulis dalam aku gak tanggung, jalan-jalan | 8 Komentar

Pamekasan (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku kesulitan dalam berupaya memblokir situs porno yang tersebar di internet.

“Sejak memasuki bulan suci Ramadhan ini Kominfo telah berupaya memblokir situs-situs porno yang ada di internet, namun hingga kini belum sepenuhnya berhasil,” kata staf ahli Bidang Pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hendri Subiyakto, Minggu.

Continue Reading Kominfo Kesulitan Blokir Situs Porno…

Laman Berikutnya »


Entries dan komentar feeds.