PNS Idaman

7 Juni 2013 pukul 09:24 | Ditulis dalam aku gak tanggung | 1 Komentar

Artikel dari merdeka.com

Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerjaan yang dahulu dihindari namun saat ini masyarakat berbondong-bondong ingin mendapatkannya. Mulai dari tua atau muda hingga masyarakat ekonomi kelas bawah atau atas berebut untuk mendapat tempat di salah satu instansi negara.

Fenomena PNS menjadi primadona telah terjadi dalam beberapa tahun ke belakang. Masyarakat kaya pun tidak segan untuk melamar menjadi PNS ini. Terlihat dari penuhnya parkir mobil mewah pada saat ujian penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil).

Apa sebetulnya daya tarik PNS ini hingga menjadi pekerjaan idaman sebagian besar masyarakat?

Seorang pencari kerja, Budiman (23), mengatakan pekerjaan PNS menjadi pertimbangannya karena terjaminnya kepastian hari tua. PNS yang mendapatkan tunjangan pensiun menjadi salah satu daya tariknya.

“Hari tua kita menjadi terjamin,” ujarnya pada merdeka.com di Jakarta, Rabu (5/6).

Alasan lainnya ialah birokrasi instansi negara yang bisa diakali. Dia mencontohkan anggaran perjalanan dinas yang dilakukan PNS dapat ‘diakali’ sehingga menjadi keuntungan tambahan di luar gaji bulanannya. Perjalanan dinas itu menurutnya baru satu kasus sumber tambahan penghasilan bagi PNS.

“Makanya banyak masyarakat yang bahkan tidak segan untuk menyogok dapat masuk menjadi PNS karena balik modalnya cepat,” tuturnya.

Apa saja yang didapat seorang PNS dari negara?

  • Gaji

Pegawai yang baru masuk gaji pokok sekitar Rp 1,6 juta. Jika ditambah tunjangan-tunjangan maka take home pay sekitar Rp 2 juta. Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No.15 tahun 2012 tentang perubahan Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS), gaji pokok PNS untuk golongan Ia sekitar Rp 1,8 juta, Ib sekitar Rp 1,9 juta, Ic sebesar Rp 2 juta, dan Id sebesar Rp 2,1 juta. Sedangkan untuk PNS golongan IIa sebesar Rp 2,6 juta, IIb sekitar Rp 2,75 juta, IIc sekitar Rp 2,86 juta, dan IId sekitar Rp 2,98 juta. Untuk PNS golongan IIIa gaji pokoknya Rp 3,3 juta, IIIb sebesar Rp 3,4 juta, IIIc sebesar Rp 3,59 juta, dan IIId sebesar Rp 3,74 juta. Sedangkan untuk gaji pokok PNS golongan IVa sekitar Rp 3,9 juta, IVb sebesar Rp 4 juta, IVc mengantongi gaji pokok sebesar Rp 4,2 juta, IVd dengan gaji pokok Rp 4,4 juta dan golongan IVe mendapat Rp 4,6 juta. Sementara pegawai swasta, bila menilik besaran Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta dengan asumsi kantor pemerintah pusat berada di ibukota negara ini maka besarannya ialah Rp 2,2 juta per bulan. Tidak hanya itu, gaji PNS tiap tahunnya telah diatur untuk mengalami kenaikan. Pada tahun ini gaji PNS naik 7 persen dan ke depan akan meningkat mengikuti besaran inflasi atau kenaikan harga tahunan.

  • Rumah murah

Oleh pemerintah, yang diajukan memperoleh tabungan rumah murah adalah PNS dan pegawai BUMN. Namun DPR ingin pegawai swasta juga memperoleh hak yang sama.

  • Remunerasi

Remunerasi atau tunjangan kinerja ialah dana yang didapat seorang PNS di luar gaji pokoknya. Besaran remunerasi ini sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 19,3 juta tergantung dari jenjang jabatannya. Tunjangan Kinerja disesuaikan pada jenjang jabatan (grade) dari masing-masing pegawai, yang dirinci dari grade 1 sampai 17. Tunjangan terendah (grade 1) adalah Rp 1,563 juta dan tertinggi (grade 17) adalah Rp 19,360 juta. Remunerasi ini seperti dilindungi oleh negara untuk tidak dihilangkan apapun situasinya. Mantan Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, pernah mengatakan anggaran remunerasi tidak terkena dampak pemotongan anggaran pada tahun lalu. Pasalnya, program reformasi birokrasi harus tetap dijalankan demi perbaikan instansi. Pemerintah sendiri membutuhkan sekitar Rp 50 triliun untuk memberikan remunerasi secara merata pada seluruh pegawai negeri sipil di pemerintah pusat saja. Saat ini ada sekitar 70 Kementerian dan Lembaga di pemerintah pusat. Apabila seluruh instansi pemerintah menerima remunerasi, maka negara harus merogoh kocek sekitar Rp 250 triliiun.

  • Pensiun

Pemerintah mulai mengeluhkan dana pensiunan yang harus dibayarkan pada pensiunan dan keluarga terus membengkak. Paling tidak dana pensiun tahun lalu mencapai Rp 60 triliun atau Rp 5 triliun dalam setiap perbulannya. Angka tersebut dinilai sudah memberatkan anggaran negara. Saat ini, pemerintah menanggung dana pensiun PNS dengan sistem pay as you go, yang merupakan cicilan yang dilakukan dari besaran gaji pokok pegawai. Namun, skema itu dinilai sudah uzur karena dana yang terkumpul tidak bisa menutupi untuk membayar pensiun PNS dan keluarganya dalam arti negara memiliki porsi yang besar untuk menanggung jutaan pensiunan.

  • Jaminan kesehatan

Seiring dengan transformasi PT Askes (Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), jumlah anggota keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dijamin asuransi kesehatannya oleh perusahaan tersebut kini bertambah, dari semula empat orang (suami, istri dan dua anak) menjadi lima orang (suami, istri dan tiga anak). Perubahan menjadi BPJS ini tidak akan mengurangi sedikit pun layanan yang akan diberikan kepada PNS. Saat ini tercatat 16,4 juta peserta askes yang merupakan PNS atau pensiun PNS, TNI, dan Polri.

Yakinku tertegun berat gak sampai shock tapinya.

Dipikir-pikir, mosok sih ya BEP yang dipikir… nasionalisme aja gak ada kali ya….apalagi iman dan usaha untuk menjadikan setiap detail amalannya sebagai ibadah…

Pragmatis banget orang sekarang…. gak mikir akhirat.

Tipikal orang beriman itu kan selalu ati-ati dalam mengambil langkah. Jangan sampai terperosok dalam keburukan. Bukan malah gimana caranya agar bisa ngakalin apa saja demi keuntungan sesaat.

Mosok idealisme kok serendah itu. Na’udzubillaahi min dzalika…

Bukan idealis kang, tapi realistis…..

Yah….memang kenyataan jaman sekarang banyak orang sudah pada lupa baik dan buruk, salah dan benar, gak yakin sama akhirat, gak iman sama adzab bla…bla….bla…

Kok jadi mubeng….

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. itu di jakarta aja kali ya? soalnya kalo di tempat saya gaji pokok gol 3 a tahun 2013 2,2 juta tuh bukan 3,3 juta


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: