Penghina Jokowi Masuk Bui, Penghina Nabi…..???

30 Oktober 2014 pukul 12:23 | Ditulis dalam curhat, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan | Tinggalkan komentar

Melihat kasus buruh tukang sate yang masuk bui, jadi ingat kasus para pelaku penghinaan dan penodaan terhadap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepada istri dan sahabat beliau.

Ada hal yang jelas berbeda. Derajat kepresidenan jelas berbeda dari derajat kenabian. Secara aqidah lebih tinggi dan mulia derajat nabi ketimbang presiden. Gak level…

Derajat kenabian ini diturunkan dari Allah Pencipta semesta alam. Dan tindakan Nabi adalah: Continue Reading Penghina Jokowi Masuk Bui, Penghina Nabi…..???…

Sumpah Pemuda: Fakta atau Dusta?

29 Oktober 2014 pukul 05:01 | Ditulis dalam aku gak tanggung, irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | Tinggalkan komentar

”Kongres Pemoeda-Pemoeda Indonesia” memasuki tahun yang ke- 86. Hasil rapat ini diberi judul ”Poetoesan Congress Pemoeda-pemoeda Indonesia,” yang di kemudian hari ”diganti” judulnya menjadi ”Soempah Pemoeda” oleh Muhammad Yamin. Bila mengacu pada dokumen asli, pemuda Indonesia tidak pernah bersumpah pada tahun 1928 silam. Rapat yang digagas selama dua hari (27 – 28 Oktober 1928) oleh Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) saat Kongres pemuda II di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta, hanya menghasilkan suatu ”putusan”. Lantas, bagaimana perubahan judul sekaligus isi putusan menjadi Sumpah Pemuda?

Menurut Peneliti Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (Pussis), Universitas Negeri Medan (Unimed), Erond Damanik, menerangkan bahwa telah terjadi rekayasa sejarah terhadap peristiwa yang hingga kini dikenal sebagai ”Sumpah Pemuda”. Perubahan kata ”Putusan Kongres” menjadi ”Sumpah Pemuda,” berawal dari  dari Kongres Bahasa Indonesia Kedua yang diadakan di Medan pada 28 Oktober 1954. Erond menuturkan bahwa Yamin berperan penting dalam pembelokan kata Putusan Kongres. Dengan lihai ia merumuskan skenario baru terhadap judul beserta isi Putusan Kongres Pemuda-pemuda Indonesia. Continue Reading Sumpah Pemuda: Fakta atau Dusta?…

Bangkai Kambing vs Bangkai Anjing

3 Juli 2014 pukul 15:48 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, jalan-jalan, politik | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum

Rabu kemarin makan sahur di alun-alun Madiun, soto babat. Buka puasanya nasi jotos di Dolopo. Bukan hal istimewa.

Yang bikin istimewa adalah obrolannya.

Di dua tempat dan dua waktu yang berbeda, ada obrolan yang sama dari subyek berbeda.

Soal capres…

Ada yang nyantol di kupingku dan langsung nancep di hatiku. Ada pengunjung warung yang ngomong begini:

Yang satu ibarat bangkai kambing, yang lainnya ibarat bangkai anjing. Sama-sama bangkai, sama-sama haram.

Tapi minimal yang satu pernah halal. Lha yang satu waktu hidupnya saja sudah haram, mati pun haram….

Hayo piye ngene iki

1,8 Juta Pelanggan Telkomsel dan Indosat Disadap

20 Februari 2014 pukul 06:00 | Ditulis dalam bagaikan bangunan, irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | 1 Komentar

Edward Snowden, Mantan anggota intelijen NSA, membocorkan rahasia yang mengejutkan. Pelanggan dua operator terbesar di Indonesia, yakni Telkomsel dan Indosat, selama ini disadap oleh Australia dan Amerika.

Badan intelijen Australia bekerjasama dengan National Secuity Agency (NSA),  memiliki data terenkripsi sekitar  1,8 juta pelanggan operator Telkomsel dan Indosat.  Kedua negara tersebut berhasil mengakses data Telkomsel dan Indosat sejak tahun 2013. Padahal kedua operator tersebut menguasai sekitar 77 persen pasar selular di Indonesia. Continue Reading 1,8 Juta Pelanggan Telkomsel dan Indosat Disadap…

Jilbab untuk Polwan

23 Juni 2013 pukul 16:39 | Ditulis dalam aku gak tanggung, irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | 1 Komentar

Seorang polwan yang pernah bertugas di jajaran Polda Jawa Tengah mengadu kepada seorang ustad kondang, Ustad Wahfiudin, tentang keinginannya mengenakan jilbab. ”Sudah lebih dari tiga tahun hati nurani saya menjerit karena sepulang dari menunaikan ibadah haji. Saya berkeinginan besar untuk mengenakan seragam polri dengan berjilbab,” kata polwan yang tidak bersedia disebutkan namanya itu. Continue Reading Jilbab untuk Polwan…

BBM Naik Lalu Apa?

18 Juni 2013 pukul 11:23 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan, romantika | Tinggalkan komentar

Kang, piye terawangan sampeyan? Temanku buka obrolan ketika kami wedangan di gubuk habis matun. (Matun adalah istilah kami untuk membersihkan rumput di sela-sela tanaman padi)

Soal apa Mas?

BBM jadi naik pa gak?

Lah, kok nanya ke saya to Mas. Saya bukan presiden bukan pula DPR, juga bukan bakul bengsin (lidah ndeso kadang nyebutnya begitu) atau siapa sajalah yang bisa nentukan harga BBM. Continue Reading BBM Naik Lalu Apa?…

Ketoprak Live

16 Juni 2013 pukul 18:27 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, politik | 1 Komentar

Assalamu’alaikum

Tadi siang ketemu teman lama di jalan Sukoharjo-Solo. Ngeyup (berteduh) di bawah pohon di pinggir jalan sebentar. Ngobrol sana-sini tombo kangen. Bla…bla…

Ada terselip guyonan yang rodo parodik gitu…

Kang, sekarang pertunjukan ketoprak makin langka ya…., kata dia.

Lah…. iya tuh, sahutku.

Continue Reading Ketoprak Live…

Hormaaaatttt Gerrrraaaakkkkh….

11 Juni 2011 pukul 05:28 | Ditulis dalam hikmah, jalan-jalan, politik | 3 Komentar

Ini cuman butuh data sebenarnya.

Gara-garanya sih kasus dari Karanganyar Jawa Tengah. Sekolah mau ditutup gara-gara gak upacara sama gak hormat bendera.

Lantas muncul di otak ini keisengan baru. Iseng ini iseng mbandingin murid yang di sekolah yang diajarin angkat tangan buat hormat bendera sama yang enggak.

Cuman datanya kira-kira aja. Nungguin komentar yang bener-bener valid aja. Ini hasil keroyokan antara penulis dan pembimbing serta penguji. Hehe… data dibuat berimbang dan tidak memihak khas media massa…

Continue Reading Hormaaaatttt Gerrrraaaakkkkh…….

Facebook dan Google: Alat Intelijen AS

4 Mei 2011 pukul 07:48 | Ditulis dalam politik, renungan | 4 Komentar

Jullian Assange, pemilik dan pendiri Wikileaks, telah merilis ribuan dokumen pemerintah AS berlabel rahasia, kini ia berdiri di hadapan media untuk memberikan keterangan dan membuat ancaman terselubung tentang apa yang belum dilakukan.

Dia mendapat perhatian dari wawancaranya dengan statemen yang berani yang terakhir jelas menunjukkan di mana ia berdiri, di sebelah kanan pengguna internet untuk tetap anonim.

Continue Reading Facebook dan Google: Alat Intelijen AS…

Kenapa Teks Proklamasi Banyak Coretan?

17 Januari 2011 pukul 13:41 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, jalan-jalan, politik, romantika, serba serbi | 16 Komentar

Begitu pertanyaan yang muncul di benakku. Saat itu aku sedang main ke rumah teman. Pas omong sana omong sini, anaknya datang menanyakan sesuatu hal berkaitan dengan pelajaran sekolahnya. Dia bawa buku sejarah. Ada gambar tiruan teks proklamasi.

Tergesa-gesakah Sukarno menuliskan teks itu?

Masa iya sih…mau ngejalanin negara kok mulainya tergesa-tega…gawat kan!

Salah tuliskah?

Itu juga tergesa-gesa dong!!!

Kalau memang salah tulis dan gak tergesa-gesa kan bisa disalin ke kertas lain, nah loh…

Biar rapi gitu…kan Sukarno tuh orangnya rapi.

Jreeennggg….

Itu tulisan sudah ada sebelumnya?

Atau Sukarno menemukan tulisan orang?

Atau lebih halus, dia niru teks orang?

Mungkin saja loh…

Wuih…gawat ini

Berarti gak orisinil dong…

Trus aku pulang…..

Penasaran masih meraja di dadaku. Berhari-hari.

Buku-buku sejarah kubuka. Situs-situs sejarah kubuka. Racik sana racik sini, rangkai sana rangkai sini.

Merangkai data ternyata menguras energi juga…

Dan akhirnya….

Continue Reading Kenapa Teks Proklamasi Banyak Coretan?…

….

12 September 2010 pukul 15:36 | Ditulis dalam aku gak tanggung, jalan-jalan, politik | 2 Komentar

Obama menghimbau toleransi beragama, dan mengatakan Amerika Serikat tidak berperang terhadap Islam, tetapi “terhadap organisasi-organisasi teroris yang memutar-balikkan Islam.”

Pesan bersayap yang disampaikan oleh orang yang belum terbukti memahami Islam dan menjalankannya.

Anda percaya?

Yang Aneh-Aneh dari Blog Noordin M Top

9 Agustus 2009 pukul 06:09 | Ditulis dalam jalan-jalan, politik | 5 Komentar

Aku tertarik dengan berita ini karena rada-rada bau konspirasi atawa spy(delman) gitu… tapi entahlah. Kopi paste saja.

Masih ingat dengan kehebohan blog pernyataan Noordin M Top mengenai bom Marriot dan Ritz Carlton beberapa hari lalu? Nah, beberapa hari yang lalu pihak berwajib memberikan tantangan kepada para hacker lokal untuk mengungkap siapa sosok dibalik pemilik blog mediaislam-bushro.blogspot.com dan bushro2.blogspot.com. tersebut.

Continue Reading Yang Aneh-Aneh dari Blog Noordin M Top…

Pahlawan (Imam Bonjol) Digugat

7 Agustus 2009 pukul 14:02 | Ditulis dalam irodatul khoir lil ghoir, politik | 1 Komentar

Kepahlawanan Imam Bonjol digugat oleh sekelompok orang di dunia maya. Melalui sebuah seruan petisi di internet sang pembuat membuat tuduhan-tuduhan kepada sang pahlawan sekaligus Mujahid Asy Syahid (insya Allah) Imam Bonjol allahuyarham.

Surat petisi yang ditujukan kepada pemerintah Republik Indonesia ini mendesak agar Pemerintah Republik Indonesia segera membatalkan pengangkatan Tuanku Imam Bonjol sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan, dan meluruskan sejarah Kerajaan Islam Minangkabau Pagarruyung, sejarah tanah Sumatra, dan sejarah Republik Indonesia.

Continue Reading Pahlawan (Imam Bonjol) Digugat…

Sejarah Adalah Sesuatu Yang Dituliskan

30 Mei 2009 pukul 08:36 | Ditulis dalam irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | 5 Komentar

Suatu saat aku melayat seseorang. Seorang teman. Aku saksikan sampai penguburan. Mudah-mudahan dia dikuatkan ketika ditanya di sana. Mudah-mudahan husnul khotimah.

Ketika aku melangkahkan kaki untuk pulang. Aku melewati sebuah kuburan. Aku kenal siapa yang dikubur di situ. Dia kakak laki-laki isteri kakak laki-laki bapakku. Aku sempat bertemu dan omong-omong panjang lebar dengannya yang sayang sekali aku tidak begitu perhatian bak jurnalis kala itu selain sebagai bagian dari keluarga jauh. Dia adalah anggota pasukan Hizbullah yang ikut berperan dalam mempertahankan kemerdekaan negeri ini dari cengkeraman penjajahan. Dia banyak bercerita tentang bagaimana sepak terjang satuannya ini dan bagaimana secara pribadi dia merasakan kebanggaan atas apa yang mereka lakukan bagi negeri ini. Dia adalah salah satu saksi hidup perjalanan negeri ini. Dia adalah salah satu guru sejarah yang menyampaikan fakta berdasarkan apa yang dia alami dan dia rasakan sebagai pelaku. Dia mengalami dan merasakan.

Continue Reading Sejarah Adalah Sesuatu Yang Dituliskan…

Demokrasi

20 April 2009 pukul 09:41 | Ditulis dalam politik | 2 Komentar

Alhamdulillah, innaalillahi……, subhanallah, laa haula wa laa quwwata illaa billah…. akhirnya hajat nasional pileg (pemilihan legislatif) kelar (dan ninggalin pe’er masalah) dan beberapa ribu jam dari sekarang pilpres dan pasangannya bakal digelar, belum kelar….

Aku sendiri seperti biasa tidak (di)libat(kan) dalam hajat ini. Aku hanyalah pengembara yang numpang lewat di sebuah pesta “kemeriahan” demokrasi.

Oleh banyak pihak (dalam maupun luar negeri), kali aja capaian ini dinilai sebagai prestasi besar anak bangsa dalam kehidupan berdemokrasi. Tapi oleh beberapa orang jujur dibilang, eh…gagal lagi….. Ya, DEMOKRASI. Hmmmm…. masa-masa pra, selama dan pasca pileg, ternyata tetap saja menjadi buah bibir banyak kalangan. Mulai bibir tipis sampe tebal, bibir seksi sampe dower, bibir merah bergincu sampe yang hitam karena rokok. Bahkan tidak sedikit yang bibirnya jontor karena berebut peluang. Mulai dari obrolan ringan warungan pinggir jalan oleh rakyat sarungan dan di kafe-kafe oleh kaum perlente, diskusi populer dan orasi kampanye di pentas terbuka, koran, dan televisi oleh khalayak ramai, sampai dengan seminar ataupun kolokium serius di gedung megah nan mewah oleh peserta berdasi. (Aku dulu pernah pengin pake dasi, tapi gak kesampaian sampe sekarang, hehehe….)

Sebentar…!!!

Continue Reading Demokrasi…

Laman Berikutnya »


Entries dan komentar feeds.