Perlukan Ijazah dan Sanad Bersambung kepada Nabi Muhammad untuk Guru Ngaji Zaman Ini?

8 Juli 2015 pukul 08:04 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, kehidupan, renungan | 1 Komentar
Tag: , , , , , ,

Belajar dari kasus:

Pertama.

Aku punya kenalan orang Citeureup. Pak Kyai di sebuah masjid di sana. Waktu aku diajak mampir ke rumahnya, aku ngeliat koleksi kitabnya lumayan banyak. Dia juga lancar baca kitab. Pernah mondok.

Lah, waktu anak gadisnya keluar menyuguhkan minuman, aku terkejut. Pakaiannya itu loh…

Aku mbatin thok wis.

Saat aku menginap di sana, ba’da maghrib atau ba’da subuh aku tidak mendengar anggota keluarga yang baca Al-Qur’an sebagaimana biasa aku dengar di sebuah keluarga. Hanya bapak ini saja yang aku liat baca Al-Qur’an.

Yang ini aku berani tanya. Dan aku mendapat jawaban, bahwa dia merasa gak layak menyampaikan ilmu secara kitabi kepada orang lain termasuk anak, karena dia dulu murid yang lulusnya dengan catatan. Artinya tidak mendapat ijazah mengajar dari kyai di pesantren. Dia juga belum menghatamkan Al-Qur’an kepada kyainya.

Laa haula wa quwwata illaa billaahi… Continue Reading Perlukan Ijazah dan Sanad Bersambung kepada Nabi Muhammad untuk Guru Ngaji Zaman Ini?…

Tarawih Kilat 15 Menit: Fokus dan Melipat Waktu

27 Juni 2015 pukul 05:47 | Ditulis dalam aku gak tanggung, curhat, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, renungan | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , ,

Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar, menyelenggarakan shalat Tarawih berjamaah sebanyak 20 rekaat plus shalat sunah witir 3 rekaat ini, dikerjakan dalam waktu 15 menit. Durasi yang singkat ini menarik perhatian anak muda di sekitar pesantren yang jumlah lebih dari 5000 orang, baik tua maupun muda setiap malamnya. Continue Reading Tarawih Kilat 15 Menit: Fokus dan Melipat Waktu…

Penghina Jokowi Masuk Bui, Penghina Nabi…..???

30 Oktober 2014 pukul 12:23 | Ditulis dalam curhat, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan | Tinggalkan komentar

Melihat kasus buruh tukang sate yang masuk bui, jadi ingat kasus para pelaku penghinaan dan penodaan terhadap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepada istri dan sahabat beliau.

Ada hal yang jelas berbeda. Derajat kepresidenan jelas berbeda dari derajat kenabian. Secara aqidah lebih tinggi dan mulia derajat nabi ketimbang presiden. Gak level…

Derajat kenabian ini diturunkan dari Allah Pencipta semesta alam. Dan tindakan Nabi adalah: Continue Reading Penghina Jokowi Masuk Bui, Penghina Nabi…..???…

Pengalaman Beli Honda Verza di Cahaya Sakti Motor Karanganyar

26 Mei 2014 pukul 13:16 | Ditulis dalam curhat, jalan-jalan | 2 Komentar

Assalamu’alaikum.

Tanggal 6 Mei lalu, aku beli 1 unit Honda Verza untuk penunjang usaha. Kenapa pilih Verza? Karena double shock. Buat beban berat. Lagian, waktu nyoba nyemplak Kawasaki Bajaj….jinjit sich…

Aku beli dengan transfer penuh via internet banking. Kata mbake di dealer Cahaya Sakti Motor Karanganyar, kwitansi gak bisa dikasih karena nunggu dana ditransfer. Aku cuma dikasih tanda bukti pembayaran sementara. Cuman dicoret-coret di kertas memo. Untuk STNK kira-kira 10 hari, nanti dihubungi via telepon. Ya sudah, aku pulang. Continue Reading Pengalaman Beli Honda Verza di Cahaya Sakti Motor Karanganyar…

Baleno Pun Kutinggal Pergi

15 Maret 2014 pukul 07:43 | Ditulis dalam curhat, kehidupan | Tinggalkan komentar

Kisah pun berlanjut

Minggu pertama Maret, banyak sms masuk. Nawar Baleno. Tahunya dari iklan online. Emang si Baleno aku iklanin di berniaga dotcom dan tokobagus dotcom. Ada telpon, kencan ketemuan. Ternyata cuma mau ngeliat mobil dan bukan pembeli langsung.

Tapi secara pengalaman pertama. Ini ada efek samping kalau pasang iklan online. Hehe… banyak sms iseng. Sehari bisa 9 sms masuk. Itu Suzuki Baleno yang diiklanin. Coba kalau mobil sejuta umat…

Besok kalau mau pasang iklan mesti ditulis: via phone only, not sms! Continue Reading Baleno Pun Kutinggal Pergi…

BBM Naik Lalu Apa?

18 Juni 2013 pukul 11:23 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan, romantika | Tinggalkan komentar

Kang, piye terawangan sampeyan? Temanku buka obrolan ketika kami wedangan di gubuk habis matun. (Matun adalah istilah kami untuk membersihkan rumput di sela-sela tanaman padi)

Soal apa Mas?

BBM jadi naik pa gak?

Lah, kok nanya ke saya to Mas. Saya bukan presiden bukan pula DPR, juga bukan bakul bengsin (lidah ndeso kadang nyebutnya begitu) atau siapa sajalah yang bisa nentukan harga BBM. Continue Reading BBM Naik Lalu Apa?…

Ngeblog Lagi

6 Juni 2013 pukul 09:05 | Ditulis dalam curhat, hikmah, kehidupan, keluarga, renungan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum….

Alhamdulillah…… Subhanallah…….. Allahuakbar….. Laa haula wa laa quwwata illaa billaahi….

Bertahun-tahun aku ilang dari dunia blog….

Maaf untuk saudara-saudaraku yang sudah banyak mendukungku. Teman-teman dan semuanya juga.

Terus terang, sekian lama ngilang tentu ada alasan dan latar belakangnya. Dari sekian banyak alasan dan latar belakang itu, maaf lagi…. tidak bisa semua aku tuliskan di sini. Continue Reading Ngeblog Lagi…

Berhemat ala Presiden

6 Juni 2012 pukul 07:58 | Ditulis dalam aku gak tanggung, curhat | 3 Komentar

Kisanak….
Banyak berita dan cerita tentang pidato presiden beberapa waktu lalu, dimana si dia melahirkan lima buah program berhemat. Mereka adalah:
1.    Kendaraan Dinas Pemerintah dilarang menggunakan BBM bersubsidi yang diatur dalam sebuah Permen yang menjadi dasar penggunaan BBM bersubsidi secara ketat.
2.    Kendaraan untuk dipertambangan dan perkebunan, dilarang menggunakan BBM bersubsidi.
3.    Konversi diversifikasi dari BBM ke BBG akan dijalankan.
4.    Perusahaan Listrik Negara (PLN) dilarang untuk membangun pembangkit-pembangkit Listrik baru yang berbasisikan BBM dan pindah ke batubara,gas,geothermal, atau PLTA.
5.    Penghematan listrik di gedung-gedung pemerintah pusat, gedung pemerintah daerah, rumah menteri, rumah dinas pejabat daerah.

Continue Reading Berhemat ala Presiden…

Wedangan

23 Januari 2011 pukul 06:48 | Ditulis dalam curhat, kehidupan, renungan | 3 Komentar

Kemarin ini ada tamu barengan dan yang silih berganti yang datang ke rumah.

Mulai tokoh partai, pegawai pemerintah, guru sekolahan, pengurus pesantren dan ustadznya sampai relawan merapi. Komplit deh..

Sambil wedangan, obrolan ngalor ngidul pun makin lama makin mengasyikan. Tapi ya gitu, obrolan-obrolan apa pun kalau tidak dimulai dengan niat baik dan diselipi nasihat dan peringatan, maka obrolan itu akan mendatangkan keburukan bagi orang-orangnya.

Alhamdulillah, wedangan kami pun cukup bermakna.

Continue Reading Wedangan…

Sepenggal Cerita

1 Juli 2010 pukul 12:04 | Ditulis dalam curhat, hikmah, keluarga | 2 Komentar

Sudah hari ketiga ini anak perempuanku, si Nadia tidak berada di rumah. Tidak terdengar lagi tawa candanya dengan adik-adiknya. Kamarnya pun sudah rapi pertanda tak ada yang menempati, meskipun oleh adik perempuannya, Hasna.

Continue Reading Sepenggal Cerita…

Cermin

1 Juli 2010 pukul 12:02 | Ditulis dalam curhat, renungan | 1 Komentar

Mungkin karena kebodohanku, karena dangkalnya ilmuku sehingga aku tidak mampu melakukan perjalanan virtual melintas waktu untuk berjumpa dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ngangsu kawruh ngelmu dan kehidupan dari beliau. Paling tidak dari para orang-orang dekat beliau, para sahabat radliyallahu ‘anhum yang mereka memiliki kesempatan merekam segenap keseharian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan mimpi bertemu Nabi pun hanya akan mengundang perselisihan dikalangan ahli ilmu. Memang mimpi pun kadang mengundang masalah.

Continue Reading Cermin…

Pengalaman buruk beli HP Mini 210 1014 di EL’S Computer Solo

31 Maret 2010 pukul 10:39 | Ditulis dalam curhat, komputer-hp-gadget | 90 Komentar

Aku ini punya banyak teman. Dan banyak dari mereka suka pasrah bongkokan sama aku kalau urusan sama komputer atau home appliance lainnya, entah nyari (beli maksudnya), servis atau sekedar nanya thok.

Nah, suatu kali ada temen yang minta dibelikan netbook ke aku. Trus aku beliin HP Mini 210 1014 di EL’S Computer Solo. Dan ini sudah netbook yang kelima yang aku beli. Merk sama tipe juga sama. Aku pun gak ngambil keuntungan dari selisih harga beli dan jual, toh aku juga cuma mau nolong buat beliin barang. Harga aku kasih seperti net dari toko. Aku lagi gak bakulan kok.

Eh dasar lagi apes, pas yang kelima ini kok ya dapet barang bermasalah. Dan juga sialnya lagi, ini barang buat teman yang istimewa bagiku. Dia sudah sebegitu percaya dirinya minta tolong, eh jadi begini.

Continue Reading Pengalaman buruk beli HP Mini 210 1014 di EL’S Computer Solo…

Agama Itu Mudah

25 Februari 2010 pukul 16:11 | Ditulis dalam curhat, hikmah, irodatul khoir lil ghoir | 6 Komentar

Sebenarnyalah syaithon senantiasa berusaha menggelincirkan manusia dan menyesatkan mereka dari jalan kebenaran dengan berbagai cara dan wasilah-wasilah yang tiada habisnya sampai hari kiamat. Sebagian pintu ketergelinciran telah dibukanya untuk manusia adalah mencari-cari rukhsoh-rukhsoh, pendapat yang paling ringan dari para fuqoha dan mencari-cari celah untuk berheilah dan menghindar dari ketentuan syari’at. Mereka merasa tidak melanggar syari’at meskipun mereka tidak berani mengatakan bahwa mereka telah berbuat jujur.

Continue Reading Agama Itu Mudah…

Kala Bermain Pedang Bermata Dua

23 Januari 2010 pukul 06:57 | Ditulis dalam curhat | 15 Komentar

Judulnya memang rada dramatis, atau sengaja didramatisir.

Awalnya sing cuman iseng. Gara-gara ada duit nganggur, sisa. Lantas jadi mikir dan mikir lagi. Karena ketertarikanku adalah main-main dengan komputer, lalu ada promo dari kantor telkom yang pas waktu itu mbenahin sambungan telepon rumah, lalu aku jadi kepingin bikin warnet.

Continue Reading Kala Bermain Pedang Bermata Dua…

Hidup Tanpa Ijazah

7 Januari 2009 pukul 12:51 | Ditulis dalam curhat | 13 Komentar


Sudah agak lama memang. Beberapa waktu lalu entah atas dasar dan tujuan apa, aku ikut ‘terundang’ di forum diskusi ‘hidup tanpa ijazah’ yang bertempat di sebuah perpustakaan sebuah lembaga pendidikan.

Yah, sekedar jadi pendengar yang baik sekalian menyedot-dot pengalaman atau pengamatan para ahli pendidikan, oke juga kan…

Continue Reading Hidup Tanpa Ijazah…

Laman Berikutnya »


Entries dan komentar feeds.