(bukan) Kotak Surat

Maju mundur aku mau nulis ini.

Bagaimana tidak, ini sudah masuk ke ranah serius. Nggak main-main. Soal agama man…. Soal prinsip dan nilai-nilai. Soal ibadah dan muammalah. Perkara begini musti hati-hati kan, nggak boleh gegabah. Harus pake ilmu, nggak boleh ngawur.

الْعِلْمُ قَبْلَ الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ

Begitu kata Bukhori dalam kitab shohihnya.

Tapi gimana ya, temen-temen sama mendorong, memberi support, meskilewat darat, offline aja karena rata-rata mereka belum internet ready. Biasa lah orang kampung aku ini. My daily activity is just gembala kambing (milik orang). Ya… mereka mendorongku untuk tetep membuka ruang ini. Ruang keramat ini….brrr, dingin rasanya.

Bingung pula aku ini, mau dikasih nama apa halaman ini. Pikir-pikir, biar agak enteng bebannya, aku kasih judul “kotak surat” aja ya.

Jadi maunya begini.

Kali aja ada temen-temen di net yang pengin tahu sesuatu hal berkaitan dengan perkara-perkara agama, baik fiqh atau akhlaq, aqidah, nahwu atau apa saja gitu, cieeee….. silakan tulis di halaman ini. Hi…hi…hi… Waktu nulis kalimat barusan, malu juga ni….. Nah, kali aja ada orang ‘alim, ustadz, mubaligh, atau santri yang mampir, trus ngeliat daftar pertanyaan kita-kita terus mereka berkenan kasih petuah dan nasihat kepada kita. OK kan?

Ya emang sih perkara mace gitu udah banyak di net, banyak situs-situs penyedia ilmu yang bisa kita akses dengan mudah. Tapi namanya hidayah kan terserah Allah mau kasih lewat cara yang bagaimana gitu…

Kan ‘ulama membagi hidayah menjadi dua kan… hidayah irsyad dan hidayah taufiq.

Setahuku, hidayah irsyad itu petunjuk yang berupa pengajaran, pendidikan, ya…..ngaji gitu lah gampangnya. Lha, ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang mengerti ilmunya.

Terus hidayah taufiq itu petunjuk yang berupa kecocokan hati seseorang untuk menerima pengajaran, ilmu, kefahaman, sehingga orang memahami perkara dien ini, terus sampai kepada fase amalan. Lha, yang ini hanya Allah yang mampu melakukannya.

Nah, meski udah banyak situs macem begini, nggak ada salahnya kan aku juga ikut meramaikannya juga. Ya…meski masih begitu caranya, cuma nampung pertanyaan aja. He…he….he….

Jadi, bagi yang mau nulis pertanyaan, juga bagi yang berkenan memberikan jawaban, monggo, silakan, welcome to my page……

Tapi omong-omong, sekedar salam dan tegur sapa pun tak apa….sambung rasa nambah saudara. Kirimkan surat tak berperangko, tinggalkan jejak kebaikan di sini.

43 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Assalamu’alaikum
    alhamdulillah, akhirnya rubrik “kotak surat” hadir juga. meskipun belum sempat untuk menuliskan pertanyaan, namun selamat ya atas wajah barunya yang makin sip aja,so comfort, so soft, so elegan.
    Wassalamu’alaikum

  2. wa’alaikumsalam

    wajah baru..???
    nggak operasi plastik lho mbak…suer..

  3. Assalamua’alaikum.
    mau menyampaikan pertanyaan ni, sebenarnya apa sih fadhilah ato pahala ato kebaikan ato semacamnya kalau kita menghafal ayat2 dalam Al Qur’an?
    jazakumullah khoiron, maturnuwun.
    wassalamu’alaikum

    ## wa’alaikumsalaam. harap klik disini.

  4. waaliukumussalam.
    fadlilah atau keutamaan yang akan ia dapat adl
    1.akan dibangkitkan bersama para malaikat yang mulia (HR.bukhari muslim)
    2.akan diangkat derajatnya di dunia atau akhirat (HR.muslim)
    3.al-quran akan mejadi syafaat di hari kiamat baginya.(HR.muslim)
    4.kedua orang tuanya akan mendapatkan mahkota sedang ia sendiri mendapat kedudukan yang tinggi.
    mudah-mudahan Allah memudahkan kita dalam segala urusan, terutama dalam menghafal ayat-ayat Allah. AAMIIN.

  5. assalamu’alaikum
    mau tanya,kalo sholat jamaah dan kita mendapati imam sudah ruku’ sempurna,kita sebagai makmum apa sudah mendapatkan 1 rekaat atau harus menambah 1rekaat lagi?
    wassalamu’alaikum
    syukron


    ## wa’alaikumsalam.
    harap klik di sini

  6. assalamu’alaikum
    melanjutkan pertanyaan di atas, ada sebagian pendapat ustadz (yg mengacu pada ulama) bahwa bacaan iman adalah bacaan makmum, sehingga alfatihah yg dibaca imam secara otomatis sbg bacaan makmum, sehingga makmum tidak usah membaca alfatihah (lagi).
    Yang mau saya tanya, kadang2 sekarang ini kita sering menjumpai imam yg bacaannya sangat cepat (dzuhur/ashar) sehingga kita tidak tuntas membaca alfatihah. Apa kita juga harus menambah rekaat yg tertinggal alfatihah tsb? mengingat tidak ada contoh sahabat yg pada solat dzuhur/ashar yg bila ia tidak selesai membaca alfatihah, sahabat terus menambah rekaat lagi (sehingga rekaat menjadi 5 atau 6)

    terimakasih
    assalamu’alaikum


    ## wa’alaikumsalaam. Untuk Mas Farhan, silakan klik di sini

  7. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Wah saya kaget lihat blog ini. Ada kotak suratnya. Islami tapi gaul juga. Sekalian mau numpang tanya ya.
    Kemarin saya kan ulang tahun yang ke-19. Kebetulan ada teman lama mampir. Kata teman saya itu, ulang tahun itu bid’ah. Tidak boleh dilakukan oleh muslimin. Bagaimana sih? Kan di kalangan muslimin ada juga acara Maulid Nabi? Padahal kalau kata teman saya juga, maulid itu artinya hari lahir. Jadi kan perayaan Maulid Nabi kan sama saja dengan ulang tahun. Nah, saya bingung nih. Please….


    ##wa’alaikumsalaam. Untuk Mbak Shania nggak usah bingung ya, klik saja di sini

  8. assalamu’alaikum
    mau tanya yg mungkin ada hubungnnya dg kejadian skrg, nmn pd masa pr sahabat saw. Yaitu terjadinya perang jamal& perang shiffin. Apa sebenarnya yg memiju terjdiny perang tsb? apa benar mereka murni u/ menuntut blz terbunuhnya ustman, /hany utk alasan merebut kekuasaan?

    Ini sbg cerminan bhw sefaham2ny umat islam ttg ilmu dien, pasti ada gesekan2 kepentingan /pun perbedaan penafsiran hingga menghalalkn darah sesama muslim.
    kita peta-kan:
    – ahmadiyah adl sesat = true;
    – penentang ahmadiyah adl benar = true;
    – Ulama pendukung ahmadiyah adl sesat = true;
    – umat islam pendukung ahmadiyah adl sesat = belum tentu; (krn mungkin mrk tdk tau/dimanfaatkan oleh kelmpok tertentu)
    – Zionis musuh Allah = true;
    – Penganut Yahudi stlh turun Qur’an akan masuk neraka = true;
    – Semua perbuatan yahudi adl salah = belum tentu;

    Kita harus berfikir obyektif, semua kita kembalikan pd Quran&hadist…
    Utk ulama pendukung ahmadiyah segeralah bertobat, karena sebenarnya mereka paham akan sesatnya ahmadiyah. (jgn berlagak sudah buta, tuli akan peringatan Allah, masih tersumbat pula hidungnya pilek, juga bisu akan kalimat haq). ingat ayat “mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (kejalan yg benar)”albaqarah:19

    Untuk umat islam yg mendukung ahmadiyah, mohon para da’i/ustadz/umat yg paham utk memahamkan mereka, karena mereka sebenarnya hnya belum paham.

    Kembali ke pertanyaan yg diatas,ttg perang jamal&shiffin, mohon dijelaskan..

    assalamu’alaikum


    Wa’alaikumsalaam
    Untuk Mas Farhan, silakan klik di sini
    Perhatikan paragraf berikut:
    Pernyatan tersebut menunjukkan bahwa pecahnya pertempuran antara kedua pasukan bukan atas keinginan masing-masing, namun merupakan hasil provokasi dan konspirasi pengikut Saba’iyah dan orang-orang sesat. Sejumlah ulama telah menegaskan hal tersebut, di antaranya; AI-Baqilani dalam at-Tamhid, halaman 233, al-Qadhi Abdul Jabar dalam Tatsbit Dala’il an-Nubuwwah, 1/299, Imamul Haramain dalam al-Ghiyatsi, halaman 114, al-Qadhl Abu Bakarlbnul Arabi dalam al-Awashim minal Qawashim halaman 156, Ibnu Hazm dalam al-Flshalwal Milal, 4/157, pensyarah al-Aqidah ath-Thahawiyah, halaman 546, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata dalam kitab Minhajus Sunnah, 4/460, “Kemudian para pembunuh Utsman mencium kesepakatan para pembesar sahabat maka merekapun menyalakan api fitnah. Mereka menyerang pasukan Thalhah dan az-Zubair lalu mereka berkata kepada Ali, “Sesungguhnya merekalah (pasukan Thalhah dan az-Zubair) yang lebih dulu menyerang.” Maka kedua belah pihak terlibat dalam pertempuran untuk mempertahankan diri. Balk Ali maupun Thalhah dan az-Zubair sama sekali tidak punya niat untuk bertempur. Sesungguhnya keburukan Itu berasal dari para pembunuh Utsman
    Soal ummat dan tokoh, di Al Qur’an ada disebutkan bahwa kesesatan mereka menjadikan mereka berdebat di neraka. Dan ummat meminta kepada Allah untuk melipatgandakan adzab kepada para tokoh.
    Perhatikan ayat berikut:
    رَبَّنَا إِنَّا أَطَعْنَا سَادَتَنَا وَكُبَرَاءَنَا فَأَضَلُّونَا السَّبِيلَ رَبَّنَا آتِهِمْ ضِعْفَيْنِ مِنَ الْعَذَابِ وَالْعَنْهُمْ لَعْنًا كَبِيرًا [الأحزاب: 67، 68]

  9. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    pertanyaan saya, bagaimana hukumnya berimam saat sholat kepada seseorang yang dipandang masyarakat awam sebagai ustadz bahkan mungkin kyai tapi justru sering menjadi pemimpin amalan bid’ah seperti tahlilan yang pake “deret tahlil” 3,7,40,100,1000 dst atau bid’ah2 yang lain yang saat ini sering bermunculan di masyarakat?
    syukron. jazakumullah.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  10. wa’alaikumussalam, akhi. ada diriwayatkan oleh Imam Bukhori:
    …وَيُصَلِّي لَنَا إِمَامُ فِتْنَةٍ وَنَتَحَرَّجُ فَقَالَ الصَّلَاةُ أَحْسَنُ مَا يَعْمَلُ النَّاسُ فَإِذَا أَحْسَنَ النَّاسُ فَأَحْسِنْ مَعَهُمْ وَإِذَا أَسَاءُوا …فَاجْتَنِبْ إِسَاءَتَهُمْ
    berdasarkan apa yang dikatakan khalifah Utsman ra. ketika beliau ditanya oleh Ubaidillah bin Khiyar; tentang bermakmum di belakang IMAM FITNAH (karena mereka merasa berdosa).Kemudian Utsman berkata: shoalt merupakan sebaik2 perbuatan yang dilakukan oleh manusia, maka pabila orang banyak itu brbuat baik (membaikkan amalannya) maka dukunglah kebaikannya (itu) dan jauhilah (tinggalkanlah) keburukan mereka. Antum bisa lihat di Kitab Shahih Bukhori II kitab Sholat bab Imamatul Maftun wal Mubtadi'(berimam kepada Imam Fitnah dan Ahli Bid’ah)
    Ato secara ringkas: SHOLATNYA SAH
    Wallahu A’lam bish Shawwab

  11. yup. Alhamdulillah wa syukron jazilan for your help mas uvi07. jazakumullahu khaira…
    Untuk Mbak Setia. Kiranya cukup jawaban dari sedulur kita ini. Catatan, amalan bid’ah mereka jangan diikuti lho ya. Cuma makmum sholatnya doang. Gak usah makmum tahlilan. Tahu deh, hari-hari ini aku sering dapet nomer-nomer. Ada email teman yang nanyain numerologi dalam al Qur’an, ada deret tahlil, ada postinganku sendiri tentang angka 40 dalam Al Qur’an. Dan juga umurku dihitung dengan angka… Oh iya, komentarku ini terdiri dari berapa karakter ya… (inget tukang terjemah buku deh)

  12. o….af1 bang habib ma mbak setia, kirain “setia” tu nama lk2 e…ternyata mbak to…, tiwas dipanggil akhi…he..he..he…
    wassalamu’alaikum

    yup. laa ba-saa bihi ya akhi. lnnama li kulli imri-in ma nawaa (hi…hi…hi…, ga nyambung)

  13. assalamualaikum.ini santy saya mau kenalan dengan mas habib bisa ngga???

  14. assalamu’alaikum mas habib tolong di balas yah di e_main santy saya tunggu.saya hanya tau dari cerita aja tentang mas.saya kerja di pt kds indonesia bekasi bagian lapping temennya uni anita sama mas yugo .wassalamu’alaikum wr.wb

    monggo silakan mbak Santy. Saya senang-senang saja mendapat teman baru. berteman dalam rangka tawashou bil haq dan tawashou bi shobr kan verry-verry nice, isn’t it?

  15. kalo ini nggak salah ya mas?😀

    http://hmcahyo.wordpress.com


    namanya tamu kadang nyasar ke dapur kok, Mas. ma’fu, dima’afkan….
    monggo silakan masuk ke ruang manapun, tumpahkan tinta seperti apapun warnanya. selama membangun dan bermanfaat bagi semua. wellcome saja ya….
    omong-omong kepalanya masih kuat tuh digaruk terusss… (pengalihan perhatian)

  16. itu bukan nggaruk tapi bawa bunga… lain hari posting tentang foto itu tak buat.. insya Allah😀


    nah, kalo yang di kanan ini?

  17. Salam lagi😀

    mampir lagi kesini untuk promo yang satu ini

    http://cantigi.wordpress.com/2008/08/19/ibsn-ibsn/

  18. Assalamualaikum,
    makasih dukungannya buat IBSN. mudah2an kita tetap jadi manusia sederhana yg terus berbagi hal kebaikan yg bermanfaat bagi sesama. semoga selalu sehat, selalu diberikan kemudahan, agar ibadah makin lancar dan nikmat. amin.. ^_^


    selama saling memberi manfaat , kenapa nggak?
    selamat beribadah juga….

  19. Assalamu’alaikum pak
    makasih pak komentarnya di Sejarah singkat Institut Pemerintahan Dalam Negeri
    kampus kita sudah dan akan terus berbenah sesuai dengan cita-cita pendirinya Raison d’etre seperti yang bapak bilang
    tapi saya belum paham betul analogi bapak tentang artis dan sutradara, mungkin bapak bisa menjelaskan lebih jauh
    Terima kasih pak
    Salam kenal
    Wassalammua’alaikum


    wa’alaikumsalaam
    waduh, artis dan sutradara….
    semua hanya akting dan skenario…

  20. assalamu ‘alaikum
    wah, tak pikir ngomongin tentang kotak suratnya kantor pos, ternyata kotak surat yang sungguh bermanfaat.
    sementara belum ada pertanyaan, masih pernyataan n mbaca-mbaca dulu.
    wassalamu ‘alaikum

    M Arief B, yg lagi benci politik


    wa’alaikumsalam
    mas ariefmas, saling sapa kan juga baik tuh…
    saling memberi manfa’at itu maksudnya. ya kan?
    benci (politik) tapi ngerti juga kan (makanya benci)

  21. assalaamu’alaikum
    salam kenal mas habib, terimakasih telah ninggalin komentar di blog ica yang sangat sederhana, dan ica langsung ke sini nih, untuk sekarang ica baca2 dulu yaah..


    wa’alaikumsalam
    salam kenal kembali mbak icha.
    silakan baca-baca lalu komentarnya ya…

  22. assalamu’alaikum mas habib…
    salam kenal


    wa’alaikumsalaam.
    seingatku, mas amaduq01 ini tamu lamaku..
    lam kenal kembali

  23. Asslamkm,
    kayaknya blog ini ada acara tanya jmb jg nich..
    sy mo nany mslh dikit:
    1. definisi muntah yg membatalkan sholat dan puasa apakah sama?
    2. Klo kdng kita sendawa dlm keadaan kenyang, kadang2 ada rasa makanan dlm mulut kita. apkh itu tergolong muntah?
    3. klo kumur waktu puasa batalkah?

    gitu tnya saya, mohon dijwb..
    wslamualaikum.


    wa’alaikum salaam mas budi.
    sekedar saling memberi kan ga pernah rugi (pinjem IBSN). coba klik disini

  24. asslmkm wr.wb.
    mau nanya nih pak.
    Waktu puasa romadhon,maklum penganten baru, klo siang ‘bercanda’ dg istri, tdk melakukn senggama,namun tau2 mani memancar. ini hukumnya apa sama dg hubungn suami istri waktu puasa/beda? mengingat klo hukum zina jg berlaku bila memang terbukti klo ‘timba sudah masuk kedlm sumur’.
    trimakasih, asslmkm

  25. ih….mas farhan ini gak nahaaaaaannnn….

  26. Asslmkm wr wb
    pak habieb, saya mo nany ttg mandi wajib, soalnya dirmh sy bak mandinya ga ada 2kolah (1 hasta pangkat 3). apakah sah bila saya mandi disitu. apakah airnya menjadi musta’mal bila saya mandi terus cipratan air yg saya pake masuk lagi ke bak mandi?
    trimaksh bnyak, wslmkm wr wb


    wa’alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh
    mas. sorri gak buka halaman ini lamaaaaa banget. kalau gak ada tamu mampir gak kebuka deh….
    o iya, soal air 2 kullah itu…..njenengan ingat gak kalau ada hadits yang menceritakan bahwa Nabi sas pernah berwudlu dengan air sebanyak 1 mud saja dan mandi (besar) dengan air 1 sho’. mud adalah takaran yang terukur dengan telapak tangan orang dewasa dengan membuka kedua telapak tangan terus digabungkan tanpa menggenggam dan tidak membuka lebar-lebar. jadi mirip kalau kita ambil air wudlu dari keran itu tapi agak longgar dikit jari-jarinya. lha 1 sho’ itu kan setara dengan 4 mud.
    nah, kira-kira nyampe 2 kullah pa gak hayo….

  27. assalamu’alaikum
    kunjungan balik atas visitnya mas habib.
    blog yang lengkap dengan informasi.
    great!!
    wassalam


    wa’alaikumsalam
    sekedar berbagi mas…
    makasih sudah mampir

  28. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Salam kenal. Saya sebenarnya sudah cukup lama mengikuti perkembangan blog ini dan cukup setia menjadi pembaca. Namun kadang muncul keinginan untuk sekedar sharing pendapat dengan semuanya.
    Ma’af bila kadang terlalu banyak bicara.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb


    wa’alaikumsalam wa rahmatullahi wa baraktuh
    terima kasih atas perhatiannya selam ini. saya tunggu komentar-komentarnya yang padat berisi ya Mbak.
    ramaikan dunia (blogging) dengan syi’ar Islam.

  29. Assalamu’alaikum wr.wb

    Salam dan Salim dulu ah,,,,
    Semoga berkenan…..

    Wassalamu’alaikum wr.wb

  30. ass wr wb ..
    gmn boz dah dcoba script scrolling nya ??
    smoga bermanfaat ..

  31. sekedar cerita saran:
    Kepada Sobat se-WP.
    aku dikit punya pandapat yang ada kemiripan denga MITOS yang namanya MItos tuu. Bisa nyata bisa juga tidak nyata.
    Nah.. Kalo Mitos gue nii, Q mohon jangan dilakukan untuk nyari buktix sebab orang engga pernah tinggalin Dunia Dua kali.
    Jadi Gini Gue punya Mitos: Bila anda udah barusan Minum Madu, tolong Jangan makan Smangka. akibatnya anda bisa mati di tempat.
    Sample :gini Bapak GUe Berkebun dan tanaman slalu di lahap oleh Babi Hutan.Lalu suatu hari Bapak Gue pernah jengkel dan mengusir babi-babi itu dengan memberix seiris buah semangka yang udah di tetesi Dua tetesan Madu di tempat jalan masuk si Babi tsbt menjelang malam. Dan sampai menjelang pagi, dan Babi-babi tadi tersebut yang di usir dengan buah campur madu itu, bukan mereka menjauh justru malah mendekat pada tempat benda tersebut kenapa alasannya adalah Babi-babi tersebut semuanya terkapar ditempat itu dengan kaku. jadi kalau ada yang mau buktiin. jangan !!!!…
    (Atempted by: Muhammad Kasim,Lokae,SEG-MAND)

  32. Assalamualaikum,
    Salam kenal dari Kasim alias Nury, gue pingin kenalin dong, aku ngeliatin tuu artikel luu di net gue jadi tertarik sharing ide. bolehkan !! tapi nanti belakangin sebab gue pingin Tahu kalo boleeee..h yaa.. bolelahyaaaa.. masa iyooo. ayoo dong dimana sih luu station dimanasih , status apa udah punyaa banyak temen blog yaa. kita gabung aja yaan . trus trang gue lihatin photo luu cukup tampan berwibawa kayanya orang educated elite.
    OK gue nunggu komentar sembil namba friend. Asss. WW.
    dariku Kasim From LOKAE, SEG-MAND


    ehm….
    wa’alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh…
    sharing ide? kenapa gak…? semua bakalan approved deh…. (bila terlalu sangat gak layak banget bakal dihapus kemudian….)

  33. sekarangf masih ga mas..???
    kalau masih bermaslaah dg adminnya
    di banned…
    dikirimi aja admin wp nya

  34. wis ben sik Mas….
    aku ngomong dari luar dulu saja…
    thanks sarannya….

  35. Assalamualaikum,

    Benar-benar blog edukatif nih. Sukses yach


    wa’alaikumsalam…
    makasih ya Mas Fauzan. Bantuin dong…..

  36. الْعِلْمُ قَبْلَ الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ

    salam kenal dan silturahmi saya mas


    salam kenal balik Mas….
    jazakumullahu khaira atas kunjungannya

  37. Assalamu’alaykum.,
    salam kenal🙂

    -
    wa'alaikumsalam....
    kenal kembali, jangan lupa juga....

  38. assalamu’alaikum…
    sya mu tanya” pak,bleh ya,,,
    gini pak,kan di blog ini banyak bgt tuh perselisihan pendapat mengenai pt rifan atw perusahaan” futures atw berjangka atw semacam itulah sya kurang ngerti..
    nah kan katanya jual beli saham atw indeks kya gitu y??
    sebenernya saham atw indeks itu kaya gimana sih pa??tolong jelasin y pak..
    trus kenapa disebut judi??berarti semua perusahaan dunia yg bermain indeks judi semua ath y??
    terus satu lagi pak,,ap bunga bank itu memang ga di halalkan??
    trs klo g halal berati kita g boleh donk minjem uang/kredit/nabung di bank??
    tolong penjelasannya y pak..
    syukron


    wah…wah…
    banyak banget nanyanya. beruntun
    soal saham atau indeks kan udah banyak tuh situs yang ngasih tahu apa gerangan si dia.
    kalau soal judi sih…bakalan panjang nih, insya Allah kalau sempat ya. tapi ringkasnya saja, disebut judi karena unsur spekulasinya gede banget. sebenarnya jual beli “biasa” juga ada unsur spekulasinya, tapi sudah bisa ditakar dan dijamin (ada garansi dari produsen atau penjual). trus gimana liat bedanya? memang batas antara riba (ex: bisnis berbasis judi) dengan jual beli (yang biasa) adalah TUIPISSS banget. itu ada dalam Al-Qur’an. mesti baca hadits bab perdagangan nih….kitabul buyu’ biar bisa tahu mana yang boleh dan terlarang.
    bunga bank emang belum dihalalkan….dan sepertinya akan tetap haram ampe kiamat. hehehe….
    soal minjem duit atau kredit atau apa pun selama tidak ada unsur riba ya boleh saja to…..
    asalnya asas kredit itu kan meringankan pembeli agar bisa longgar dalam pembayaran. nah yang sekarang terjadi kan biar yang jual makin besar untungnya…. ini kapitalisme. orang susah malah diinjakkkk.
    udah dulu ya….kalau kurang disambung lagi

  39. Assalamu’alaikum,

    boleh minta emailnya, saya ingin share. tolong kirim email ke saya. maturnuwun.

  40. Assalamu’alaikum,

    Salam kenal mas habib, saya berterima kasih karena blog anda ini menambah ilmu pengetahuan agama saya. Mas habib saya mau minta tolong untuk menghapus comment saya karena ada pihak yang merasa terganggu dengan komen tersebut. Mohon alamat emailnya ya mas.. sekali lagi saya mohon dibantu. Semoga sukses selalu.

  41. Assalamu’alaikum, Salam Kenal Pak Habib dari blog Newbe.

  42. Assalammualakum Wr. WB

    Mohon bantuan untuk isi dan promosikan kuesioner penelitian saya

    http://defrimardinsyah.wordpress.com/2010/01/07/survey-online-dapat-hadiah-usb/

    http://www.ebankingsurvey.com/limesurvey/index.php?sid=35685&lang=id

    terima kasih
    Defri

  43. LOWONGAN KERJA
    MEMBUTUHKAN SEGERA
    TELEMARKETING
    Syarat :
    Pria / Wanita Usia Max. 40 Tahun
    SMA / K, D1 , D3 , S1
    Mau Bekerja Keras, Jujur, dan Bertanggung Jawab
    Mampu Berkomunikasi Secara Baik
    Langsung Kerja ( Penempatan di kantor Telkom Gladak)
    Lamaran Dikirim Ke :
    Gedung Telkom Solo, Jl. Mayor Kusmanto No.1
    Up. PT. ZUNGAI KERITZ TELEMEDIA
    BP. HERU KUSTANTO 083866751348/0271-7023089
    Atau Via Email : rio_monitor@yahoo.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: