Mewah Apanya

6 September 2014 pukul 22:14 | Ditulis dalam budaya, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, renungan, romantika | Tinggalkan komentar

Beberapa hari lalu aku ziarah ke seorang teman yang jadi ustadz di sebuah pesantren di kota Solo. Kebetulan pas dia lagi bersih-bersih kompor minyak.

Mau dipakai lagi, Kang…

Lha minyak tanahnya gimana? Aku mengerenyitkan dahi.

Beli entar di warung dekat sini.

Ya sudah aku temani dia.

Sekedar info, tuh kompor adalah sodaqoh dari seseorang di beberapa tahun yang lalu. Masa di mana minyak tanah masih jadi barang biasa, dan LPG masih jadi barang mewah.

Selesai, terus nyari minyak tanah di warung. Continue Reading Mewah Apanya…

Imsak Tanda Stop Sahur?

10 Juli 2014 pukul 08:45 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, kehidupan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum.

Cerita seputar sahur di perjalanan.

Suatu malam, aku dan teman sahur di warung hik di Jawa Timur.

Lagi asyik nggigit tempe eh…. imsyaaak………..imsyaaaaaaaaaaaak……….. panjang banget ya

Pak, mpun imsak loh…. seru si penjual nasi hik.

Nggih, Pak.

Aku pun lanjutkan makan sahur bersama teman.

Loh, kok taksih dhahar, Pak… Continue Reading Imsak Tanda Stop Sahur?…

Baleno Pun Kutinggal Pergi

15 Maret 2014 pukul 07:43 | Ditulis dalam curhat, kehidupan | Tinggalkan komentar

Kisah pun berlanjut

Minggu pertama Maret, banyak sms masuk. Nawar Baleno. Tahunya dari iklan online. Emang si Baleno aku iklanin di berniaga dotcom dan tokobagus dotcom. Ada telpon, kencan ketemuan. Ternyata cuma mau ngeliat mobil dan bukan pembeli langsung.

Tapi secara pengalaman pertama. Ini ada efek samping kalau pasang iklan online. Hehe… banyak sms iseng. Sehari bisa 9 sms masuk. Itu Suzuki Baleno yang diiklanin. Coba kalau mobil sejuta umat…

Besok kalau mau pasang iklan mesti ditulis: via phone only, not sms! Continue Reading Baleno Pun Kutinggal Pergi…

Inikah (salah satu) Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan di Indonesia?

20 Desember 2013 pukul 05:00 | Ditulis dalam hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, keluarga, renungan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum…

Mmm, mau ganti gaya ngomong boleh ya…

Agan sekalian… Ane punya tetangga. Ibu guru sebuah TK dari organisasi Islam besar di Indonesia. Kemarin siang ini dia nyapu halaman, Gan. Ada daun jatuh, bungkus makanan kecil, buah rambutan busuk yang jatuh dari pohon di halaman rumahnya. Nah, kotoran itu dia giring ke arah selokan. Parahnya, bukan selokan di halaman rumahnya, tapi…

Teruuuuus nyeberang jalan terus dibuangnya sampah itu di selokan samping rumah ane….!!! Continue Reading Inikah (salah satu) Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan di Indonesia?…

BBM Naik Lalu Apa?

18 Juni 2013 pukul 11:23 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan, romantika | Tinggalkan komentar

Kang, piye terawangan sampeyan? Temanku buka obrolan ketika kami wedangan di gubuk habis matun. (Matun adalah istilah kami untuk membersihkan rumput di sela-sela tanaman padi)

Soal apa Mas?

BBM jadi naik pa gak?

Lah, kok nanya ke saya to Mas. Saya bukan presiden bukan pula DPR, juga bukan bakul bengsin (lidah ndeso kadang nyebutnya begitu) atau siapa sajalah yang bisa nentukan harga BBM. Continue Reading BBM Naik Lalu Apa?…

Ngeblog Lagi

6 Juni 2013 pukul 09:05 | Ditulis dalam curhat, hikmah, kehidupan, keluarga, renungan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum….

Alhamdulillah…… Subhanallah…….. Allahuakbar….. Laa haula wa laa quwwata illaa billaahi….

Bertahun-tahun aku ilang dari dunia blog….

Maaf untuk saudara-saudaraku yang sudah banyak mendukungku. Teman-teman dan semuanya juga.

Terus terang, sekian lama ngilang tentu ada alasan dan latar belakangnya. Dari sekian banyak alasan dan latar belakang itu, maaf lagi…. tidak bisa semua aku tuliskan di sini. Continue Reading Ngeblog Lagi…

Program KB Penyebab Punahnya Nilai Budaya?

2 Juli 2011 pukul 10:37 | Ditulis dalam boso jowo, iseng, jalan-jalan, kehidupan, keluarga | 5 Komentar

Wayahe isih esuk jane. Nanging wis kroso anget nyang awak. Goro-gorone poro konco lan tonggo podho kumpul nyang pojok deso. Ngresiki kalen cilik sih dijenengne selokan.

Karo nyambut gawe dho ngobrol ngalor ngidul ning ora ngapusi. Sing dirembug yo perkoro opo wae. Nganti ngrembug bab program KB. Lha iyo, jaman wis merdhiko ngene kok isih ono wong sing nyambut gawe dadi tukang ngoyak-oyak uwong kon melu KB. Ning malah dadi guyonan dhing….

Ngene iki:

Continue Reading Program KB Penyebab Punahnya Nilai Budaya?…

Lagu Setan

27 April 2011 pukul 11:49 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, renungan | 6 Komentar

Sore-sore kumpul dengan beberapa tetangga. Ngobrol ngalor ngidul seperti biasa.

Yang jadi inspirasi penghangat suasana adalah tokoh-tokoh dari dunia hitam, macem aliansi koruptor Indonesia, atau lembaga mafia pajak, atau majelis anti kemakmuran rakyat….sampai black female agent macem Malinda Dee dst sampe obrolan musik.

Gara-garanya adalah dari dalem rumah sang bapak ini sayup-sayup kedengaran lagu the beatles ini.

Anaknya suka lagu ini ya, Kang? Kutanya si bapak yang empunya rumah.

Continue Reading Lagu Setan…

Wedangan

23 Januari 2011 pukul 06:48 | Ditulis dalam curhat, kehidupan, renungan | 3 Komentar

Kemarin ini ada tamu barengan dan yang silih berganti yang datang ke rumah.

Mulai tokoh partai, pegawai pemerintah, guru sekolahan, pengurus pesantren dan ustadznya sampai relawan merapi. Komplit deh..

Sambil wedangan, obrolan ngalor ngidul pun makin lama makin mengasyikan. Tapi ya gitu, obrolan-obrolan apa pun kalau tidak dimulai dengan niat baik dan diselipi nasihat dan peringatan, maka obrolan itu akan mendatangkan keburukan bagi orang-orangnya.

Alhamdulillah, wedangan kami pun cukup bermakna.

Continue Reading Wedangan…

Cuma Bisikan

23 November 2010 pukul 09:34 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, keluarga, renungan | 1 Komentar

Suatu kali aku bertemu seseorang di masjid habis subuhan. Trus ngobrol, bla…bla….bla…. sampai pada suatu pembicaraan, orang itu menyampaikan keinginan untuk menghadirkan seorang ustadzah di lingkungan kerjanya yang kebetulan memiliki beberapa orang karyawati. Dia minta agar diadakan kajian khusus akhwat di sana. Waktunya pagi hari menjemput jam buka toko. Kira-kira jam 08.30 pagi kajian mesti sudah selesai dan karyawati bisa tetap bekerja sebagaimana biasa.

Continue Reading Cuma Bisikan…

Alkisah

9 September 2010 pukul 16:42 | Ditulis dalam hikmah, irodatul khoir lil ghoir, iseng, jalan-jalan, kehidupan, renungan | 3 Komentar

Alkisah…

Kenthongan di Jonggring Saloka bertalu-talu. Seketika itu juga terjadi kegemparan dan kesibukan luar biasa.

Rupanya Sang Bethoro Guru mengadakan rapat mendadak. Dia mengumpulkan seluruh jajaran dewa dari kalangan pejabat aktif maupun nonaktif, pengamat politik kedewataan, kalangan akademisi kedewataan, dan undangan terbuka bagi masyarakat Jonggring Saloka untuk membicarakan fenomena kerajaan bumi yang ngedap-edapi.

Continue Reading Alkisah…

Matematika Uang

22 Juli 2010 pukul 09:42 | Ditulis dalam kehidupan, keluarga, romantika | 3 Komentar

Ini rekaman empat hari lalu.

Ba’da maghrib aku dan istri pulang dari rutinitas kami, eh ada aura kegembiraan yang lain dari biasa yang terpancar dari wajah anak-anak.

Yah, aku punya uang banyak…..seru si Ovan. Aku juga, sahut Ahmad. Yang lebih kecil udah asyik sendiri menimang bagian masing-masing. Nadya senyum-senyum dipojok ruangan. Di tembok depan matanya tergambar sikat gigi baru, odol baru, buku baru, serba baru. Dia pulang sebentar untuk persiapannya mondok di pesantren mulai Sya’ban ini.

Continue Reading Matematika Uang…

Dari Gubukku

6 Mei 2009 pukul 17:02 | Ditulis dalam kehidupan, renungan | 7 Komentar

Panen memang sudah agak lama lewat. Itu pun sekedar cukup untuk musim tanam berikut dan makan keluarga sampai panen berikutnya. Dan itu sudah cukup melegakan. Dan aku layak bersyukur, bahwa memanen padi di sawah sendiri menjadikan aku tak memikirkan budget layaknya orang yang mesti mengeluarkan dompetnya. Sebuah keni’matan tersendiri.

Sore ini aku duduk di gubug di areal persawahan. Kupandangi hamparan padi yang ada dihadapanku. Kuteruskan pandangan mataku lebih jauh lagi. Sawah-sawah milik tetanggaku menambah luas wilayah pandangku. Ijo….

Continue Reading Dari Gubukku…

Cita-cita: Menuju Sukses

20 Maret 2009 pukul 07:36 | Ditulis dalam aku gak tanggung, ekonomi, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan | 5 Komentar

Halo sahabat…

Saya ingin tau apa TARGET dan Cita-Cita kamu Tahun ini ?

· Apakah ingin memiliki Mobil Mewah ?

· Ingin memiliki Rumah Mewah ?

· Ingin memiliki Bisnis Besar ?

· Bebas Finansial ?

· Hidup Mapan dan Sejahtera ?

Continue Reading Cita-cita: Menuju Sukses…

Sudah Hujan Batu Kesamber Petir Lagi…

21 Februari 2009 pukul 09:18 | Ditulis dalam budaya, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, serba serbi | 7 Komentar

Gedebug…gedebug…gedebug…. keclap…keclap…. huwaaaaaaaa……….

Begitulah bunyinya.

Akhir-akhir ini Indonesia jadi sering hujan batu. Hujan batu di mana-mana. Di jombang malah menimpa bocah Ponari dan Dwi Sulistyowati. Benjol gak ya…. Sebagian batu mencelat sampe ke tetangga menimpa seorang Siti Nur Rohmah, sebagian malah jauh meluncur dan terdampar sampe Bangkalan dan menimpa seorang Irfan.

Benjol gak benjol, si Ponari udah layaknya pejabat atau artis gitu. Hari ini kan susah mbedain pejabat, calon pejabat atau artis kan…?

Continue Reading Sudah Hujan Batu Kesamber Petir Lagi……

Laman Berikutnya »


Entries dan komentar feeds.