Perlukan Ijazah dan Sanad Bersambung kepada Nabi Muhammad untuk Guru Ngaji Zaman Ini?

8 Juli 2015 pukul 08:04 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, kehidupan, renungan | 1 Komentar
Tag: , , , , , ,

Belajar dari kasus:

Pertama.

Aku punya kenalan orang Citeureup. Pak Kyai di sebuah masjid di sana. Waktu aku diajak mampir ke rumahnya, aku ngeliat koleksi kitabnya lumayan banyak. Dia juga lancar baca kitab. Pernah mondok.

Lah, waktu anak gadisnya keluar menyuguhkan minuman, aku terkejut. Pakaiannya itu loh…

Aku mbatin thok wis.

Saat aku menginap di sana, ba’da maghrib atau ba’da subuh aku tidak mendengar anggota keluarga yang baca Al-Qur’an sebagaimana biasa aku dengar di sebuah keluarga. Hanya bapak ini saja yang aku liat baca Al-Qur’an.

Yang ini aku berani tanya. Dan aku mendapat jawaban, bahwa dia merasa gak layak menyampaikan ilmu secara kitabi kepada orang lain termasuk anak, karena dia dulu murid yang lulusnya dengan catatan. Artinya tidak mendapat ijazah mengajar dari kyai di pesantren. Dia juga belum menghatamkan Al-Qur’an kepada kyainya.

Laa haula wa quwwata illaa billaahi… Continue Reading Perlukan Ijazah dan Sanad Bersambung kepada Nabi Muhammad untuk Guru Ngaji Zaman Ini?…

Penghina Jokowi Masuk Bui, Penghina Nabi…..???

30 Oktober 2014 pukul 12:23 | Ditulis dalam curhat, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan | Tinggalkan komentar

Melihat kasus buruh tukang sate yang masuk bui, jadi ingat kasus para pelaku penghinaan dan penodaan terhadap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepada istri dan sahabat beliau.

Ada hal yang jelas berbeda. Derajat kepresidenan jelas berbeda dari derajat kenabian. Secara aqidah lebih tinggi dan mulia derajat nabi ketimbang presiden. Gak level…

Derajat kenabian ini diturunkan dari Allah Pencipta semesta alam. Dan tindakan Nabi adalah: Continue Reading Penghina Jokowi Masuk Bui, Penghina Nabi…..???…

Pasar Jum’at Karanganyar Mandeg

24 Oktober 2014 pukul 21:09 | Ditulis dalam aku gak tanggung, iseng, jalan-jalan, kehidupan | Tinggalkan komentar

Tadi siang pas ada urusan di sebuah kantor di jalan Lawu seberang Masjid Raya Karanganyar, aku dengar beberapa orang ngobrol di barisan belakangku.

Itu sih, gara-gara setoran ke pemerintah kurang, terlalu kecil malah… buat biaya operasional minus. Jadi ditutup.

Bukan Bu… saya dengar sih, karena semakin sering dan banyaknya anak sekolah bolos cuman mau jalan ke sana.

Nggak ah… kan banyak pegawai yang habis senam bukannya balik kantor tapi malah asyik belanja.

Tapi yang saya dengar beda lagi, Ibu… kata tetangga saya, ditutup sama Bupati yang baru. Karena para pedagang dan juga para pembeli pada mengabaikan sholat Jum’at. Kan pasarnya di alun-alun masjid Raya Karanganyar. Aneh kan kalau yang sholat ya tetap sholat sedang yang jualan tetap aja jualan… Continue Reading Pasar Jum’at Karanganyar Mandeg…

Mewah Apanya

6 September 2014 pukul 22:14 | Ditulis dalam budaya, hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, renungan, romantika | Tinggalkan komentar

Beberapa hari lalu aku ziarah ke seorang teman yang jadi ustadz di sebuah pesantren di kota Solo. Kebetulan pas dia lagi bersih-bersih kompor minyak.

Mau dipakai lagi, Kang…

Lha minyak tanahnya gimana? Aku mengerenyitkan dahi.

Beli entar di warung dekat sini.

Ya sudah aku temani dia.

Sekedar info, tuh kompor adalah sodaqoh dari seseorang di beberapa tahun yang lalu. Masa di mana minyak tanah masih jadi barang biasa, dan LPG masih jadi barang mewah.

Selesai, terus nyari minyak tanah di warung. Continue Reading Mewah Apanya…

Sahur On The Road, Antara Ibadah dan Tindakan Jahiliyah

22 Juli 2014 pukul 09:18 | Ditulis dalam aku gak tanggung, budaya, jalan-jalan, kehidupan, renungan | Tinggalkan komentar

Ahad 20 Juli 2014.

Twitter TMC Polda Metro Jaya berkicau, sekitar pukul 03.20 WIB terjadi tawuran antar peserta SOTR di depan Monas. Keributan tetap terjadi meski Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Restu M Budyanto memantau kegiatan Sahur On The Road di Bundaran Hotel Indonesia.

Polda Metro Jaya berjanji akan menindak tegas aksi SOTR (Sahur on the road) yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Meskipun begitu, Polda tidak mengadakan patroli khusus pada waktu sahur.

“Kita lakukan patroli skala besar, siang dan malam, untuk ciptakan rasa aman di masyarakat. Sampai saat ini, belum ada keluhan atau laporan dari masyarakat terkait itu (sahur on the road yang mengganggu),” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto dalam pesan singkatnya. Continue Reading Sahur On The Road, Antara Ibadah dan Tindakan Jahiliyah…

Imsak Tanda Stop Sahur?

10 Juli 2014 pukul 08:45 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, jalan-jalan, kehidupan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum.

Cerita seputar sahur di perjalanan.

Suatu malam, aku dan teman sahur di warung hik di Jawa Timur.

Lagi asyik nggigit tempe eh…. imsyaaak………..imsyaaaaaaaaaaaak……….. panjang banget ya

Pak, mpun imsak loh…. seru si penjual nasi hik.

Nggih, Pak.

Aku pun lanjutkan makan sahur bersama teman.

Loh, kok taksih dhahar, Pak… Continue Reading Imsak Tanda Stop Sahur?…

Praktek Murabahah – Pembelian Kredit Melalui Bank Syariah

10 Juli 2014 pukul 07:00 | Ditulis dalam ekonomi, ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum.

Beberapa waktu lalu aku ditanya orang soal kredit motor. Walah-walah…. ringan ditanya berat dijawab nih…

Akhirnya muter-muter aja di internet, nabok nyilih tangan…

Nemu ini:

Praktek Murabahah – Pembelian Kredit Melalui Bank Syariah

Bermunculannya bank-bank yang berusaha menerapkan praktek syariah merupakan hal yang patut kita syukuri. Akan tetapi masih saja banyak praktek-praktek yang mereka lakukan ternyata tidak syar’i. Contohnya adalah Sistem Murabahah. Sistem transaksi ini sering dijumpai di bank-bank yang mengatasnamakan dirinya “Bank Islam.” Banyak kaum muslimin yang terlena dengan embel-embel Syariah atau nama-nama berbahasa Arab pada produk-roduknya, sehingga jarang di antara mereka yang memperhatikan atau mempertanyakan dengan seksama sistem transaksi yang terjadi.

Maka menerangkan masalah seperti ini dipandang lebih wajib daripada sistem-sistem riba yang berlaku di bank-bank konvensional, sebab amat sedikit kaum muslimin yang mengetahuinya. Semoga bermanfaat. Continue Reading Praktek Murabahah – Pembelian Kredit Melalui Bank Syariah…

Baleno Pun Kutinggal Pergi

15 Maret 2014 pukul 07:43 | Ditulis dalam curhat, kehidupan | Tinggalkan komentar

Kisah pun berlanjut

Minggu pertama Maret, banyak sms masuk. Nawar Baleno. Tahunya dari iklan online. Emang si Baleno aku iklanin di berniaga dotcom dan tokobagus dotcom. Ada telpon, kencan ketemuan. Ternyata cuma mau ngeliat mobil dan bukan pembeli langsung.

Tapi secara pengalaman pertama. Ini ada efek samping kalau pasang iklan online. Hehe… banyak sms iseng. Sehari bisa 9 sms masuk. Itu Suzuki Baleno yang diiklanin. Coba kalau mobil sejuta umat…

Besok kalau mau pasang iklan mesti ditulis: via phone only, not sms! Continue Reading Baleno Pun Kutinggal Pergi…

Inikah (salah satu) Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan di Indonesia?

20 Desember 2013 pukul 05:00 | Ditulis dalam hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, keluarga, renungan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum…

Mmm, mau ganti gaya ngomong boleh ya…

Agan sekalian… Ane punya tetangga. Ibu guru sebuah TK dari organisasi Islam besar di Indonesia. Kemarin siang ini dia nyapu halaman, Gan. Ada daun jatuh, bungkus makanan kecil, buah rambutan busuk yang jatuh dari pohon di halaman rumahnya. Nah, kotoran itu dia giring ke arah selokan. Parahnya, bukan selokan di halaman rumahnya, tapi…

Teruuuuus nyeberang jalan terus dibuangnya sampah itu di selokan samping rumah ane….!!! Continue Reading Inikah (salah satu) Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan di Indonesia?…

BBM Naik Lalu Apa?

18 Juni 2013 pukul 11:23 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, politik, renungan, romantika | Tinggalkan komentar

Kang, piye terawangan sampeyan? Temanku buka obrolan ketika kami wedangan di gubuk habis matun. (Matun adalah istilah kami untuk membersihkan rumput di sela-sela tanaman padi)

Soal apa Mas?

BBM jadi naik pa gak?

Lah, kok nanya ke saya to Mas. Saya bukan presiden bukan pula DPR, juga bukan bakul bengsin (lidah ndeso kadang nyebutnya begitu) atau siapa sajalah yang bisa nentukan harga BBM. Continue Reading BBM Naik Lalu Apa?…

Ngeblog Lagi

6 Juni 2013 pukul 09:05 | Ditulis dalam curhat, hikmah, kehidupan, keluarga, renungan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum….

Alhamdulillah…… Subhanallah…….. Allahuakbar….. Laa haula wa laa quwwata illaa billaahi….

Bertahun-tahun aku ilang dari dunia blog….

Maaf untuk saudara-saudaraku yang sudah banyak mendukungku. Teman-teman dan semuanya juga.

Terus terang, sekian lama ngilang tentu ada alasan dan latar belakangnya. Dari sekian banyak alasan dan latar belakang itu, maaf lagi…. tidak bisa semua aku tuliskan di sini. Continue Reading Ngeblog Lagi…

Karena Lady Gaga

1 Juni 2012 pukul 07:40 | Ditulis dalam irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, renungan | 1 Komentar

Well
Selama ini yakinku ngumpet ndhelik di gubug tengah sawah. Menyendiri menjauhi hiruk pikuk manusia. Uzlah… menyingkiri polah tingkah manusia yang semakin hari semakin nggegirisi… pecicilan dan pethakilan tidak peduli sopan santun, tidak berhati-hati menjalani hidup, suka nerjang larangan Allah. Tidak berhati-hati dalam hal makanan. Halal apa haram semua masuk perut. Otak jadi tumpul sulit mencerna ilmu kebaikan. Hati jadi ndablegh sulit menerima kebenaran dan petunjuk dari Allah. Nilai kemasyarakatan bubrah dan salah kaprah. Tidak lagi menjunjung tinggi kebenaran.

Continue Reading Karena Lady Gaga…

Program KB Penyebab Punahnya Nilai Budaya?

2 Juli 2011 pukul 10:37 | Ditulis dalam boso jowo, iseng, jalan-jalan, kehidupan, keluarga | 5 Komentar

Wayahe isih esuk jane. Nanging wis kroso anget nyang awak. Goro-gorone poro konco lan tonggo podho kumpul nyang pojok deso. Ngresiki kalen cilik sih dijenengne selokan.

Karo nyambut gawe dho ngobrol ngalor ngidul ning ora ngapusi. Sing dirembug yo perkoro opo wae. Nganti ngrembug bab program KB. Lha iyo, jaman wis merdhiko ngene kok isih ono wong sing nyambut gawe dadi tukang ngoyak-oyak uwong kon melu KB. Ning malah dadi guyonan dhing….

Ngene iki:

Continue Reading Program KB Penyebab Punahnya Nilai Budaya?…

Lagu Setan

27 April 2011 pukul 11:49 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, renungan | 6 Komentar

Sore-sore kumpul dengan beberapa tetangga. Ngobrol ngalor ngidul seperti biasa.

Yang jadi inspirasi penghangat suasana adalah tokoh-tokoh dari dunia hitam, macem aliansi koruptor Indonesia, atau lembaga mafia pajak, atau majelis anti kemakmuran rakyat….sampai black female agent macem Malinda Dee dst sampe obrolan musik.

Gara-garanya adalah dari dalem rumah sang bapak ini sayup-sayup kedengaran lagu the beatles ini.

Anaknya suka lagu ini ya, Kang? Kutanya si bapak yang empunya rumah.

Continue Reading Lagu Setan…

Wedangan

23 Januari 2011 pukul 06:48 | Ditulis dalam curhat, kehidupan, renungan | 3 Komentar

Kemarin ini ada tamu barengan dan yang silih berganti yang datang ke rumah.

Mulai tokoh partai, pegawai pemerintah, guru sekolahan, pengurus pesantren dan ustadznya sampai relawan merapi. Komplit deh..

Sambil wedangan, obrolan ngalor ngidul pun makin lama makin mengasyikan. Tapi ya gitu, obrolan-obrolan apa pun kalau tidak dimulai dengan niat baik dan diselipi nasihat dan peringatan, maka obrolan itu akan mendatangkan keburukan bagi orang-orangnya.

Alhamdulillah, wedangan kami pun cukup bermakna.

Continue Reading Wedangan…

Laman Berikutnya »


Entries dan komentar feeds.