Inikah (salah satu) Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan di Indonesia?

20 Desember 2013 pukul 05:00 | Ditulis dalam hikmah, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan, keluarga, renungan | Tinggalkan komentar

Assalamu’alaikum…

Mmm, mau ganti gaya ngomong boleh ya…

Agan sekalian… Ane punya tetangga. Ibu guru sebuah TK dari organisasi Islam besar di Indonesia. Kemarin siang ini dia nyapu halaman, Gan. Ada daun jatuh, bungkus makanan kecil, buah rambutan busuk yang jatuh dari pohon di halaman rumahnya. Nah, kotoran itu dia giring ke arah selokan. Parahnya, bukan selokan di halaman rumahnya, tapi…

Teruuuuus nyeberang jalan terus dibuangnya sampah itu di selokan samping rumah ane….!!!

bukan ane yang bikin

bukan ane yang bikin

Belum selesai aksinya sudah ketahuan sama ane. Salah tingkah dianya. Terus ane suruh anak gadis ane buat ngambil sapu. Ane suruh terusin aksinya tapi dikumpulin ke tempat sampah ane. Yang sudah terlanjur masuk got, ane suruh ambil pake pengki.

Pagi ini ane ketemu sama suaminya. Omong sana sini soal sepele tapi mendasar itu. Akhirnya sang suami menerima keadaan dan ngomongi sang istri.

Dari omongan kami, ane yakin ibu guru tidak ada maksud jahat sama ane sekeluarga. Memang antara keluarga ane dan dia gak pernah ada masalah. Rukun-rukun aja. Suka berbagi oleh-oleh, suka ngobrol sore-sore. Ya itu…. paling gara-gara kejahiliahannya doang. Kurang ilmu agama. Jadi berpikir pragmatis. Meremehkan persoalan. Padahal urusan menjaga perasaan orang bukan urusan remeh to, Gan…

Nah…

Kembali ke judul.

Nurut ane, ada kaitan erat antara keberhasilan pendidikan dengan kualitas guru, baik dari segi akademis maupun (ini lebih penting) mental spiritual. Orang Jawa bilang, guru iku digugu lan ditiru…

Bahkan secara pribadi, orang Islam itu suka menyingkirkan kotoran (gangguan) yang ada di jalan. Bukan sebaliknya…

Gimana nurut Agan semua…

Ngetik ya…

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.