Sejarah Adalah Sesuatu Yang Dituliskan

30 Mei 2009 pukul 08:36 | Ditulis dalam irodatul khoir lil ghoir, politik, renungan | 5 Komentar

Suatu saat aku melayat seseorang. Seorang teman. Aku saksikan sampai penguburan. Mudah-mudahan dia dikuatkan ketika ditanya di sana. Mudah-mudahan husnul khotimah.

Ketika aku melangkahkan kaki untuk pulang. Aku melewati sebuah kuburan. Aku kenal siapa yang dikubur di situ. Dia kakak laki-laki isteri kakak laki-laki bapakku. Aku sempat bertemu dan omong-omong panjang lebar dengannya yang sayang sekali aku tidak begitu perhatian bak jurnalis kala itu selain sebagai bagian dari keluarga jauh. Dia adalah anggota pasukan Hizbullah yang ikut berperan dalam mempertahankan kemerdekaan negeri ini dari cengkeraman penjajahan. Dia banyak bercerita tentang bagaimana sepak terjang satuannya ini dan bagaimana secara pribadi dia merasakan kebanggaan atas apa yang mereka lakukan bagi negeri ini. Dia adalah salah satu saksi hidup perjalanan negeri ini. Dia adalah salah satu guru sejarah yang menyampaikan fakta berdasarkan apa yang dia alami dan dia rasakan sebagai pelaku. Dia mengalami dan merasakan.

Continue Reading Sejarah Adalah Sesuatu Yang Dituliskan…

Iklan

Obrolan Gubuk

27 Mei 2009 pukul 16:09 | Ditulis dalam ibadah gaul, irodatul khoir lil ghoir | 1 Komentar

Suatu kali aku duduk-duduk di gubuk bersama teman-teman petani. Kami ngobrol ngalor ngidul soal sawah dan seputar kehidupan kami. Gak sampe ngrembug istri-istri kami. Hehe… itu mah urusan orang per orang….

Sedang asyik-asyik ngobrol, datang anakku bawa makan siang. Rolasan, begitu kata orang-orang.

Assalamu’alaikum…..seru anakku.

Continue Reading Obrolan Gubuk…

Semut S3

26 Mei 2009 pukul 09:08 | Ditulis dalam hikmah, irodatul khoir lil ghoir, renungan | 4 Komentar

Mereka berarak menyusuri sisi sisi dinding rumahku. Kompak. Bahu membahu dalam diam. Tidak. Mereka selalu berkomunikasi dengan sesamanya. Hanya aku tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Mungkin aku. Mungkin bukan aku.

Aku sendiri diam. Tapi menyimpan rasa kesal sekaligus penasaran. Tapi juga takjub dan lebih dari itu, malu.

Semut hitam itu. Dan juga saudaranya yang lain. Hari-hari ini banyak berkeliaran. Rumahku banyak semut. Rumah adik-adikku banyak semut. Rumah tetanggaku yang baru selesai dibangun ulang itu sudah banyak semut juga.

Continue Reading Semut S3…

Penipuan di ATM MANDIRI

7 Mei 2009 pukul 07:54 | Ditulis dalam jalan-jalan | 9 Komentar

Dari seseorang yg care  . . . .
Berhati-hati !! Penipuan di ATM MANDIRI
or ATM lainnya

Wassalaam

Abu Ayat

—–Berikut adalah Pesan dalam Pesan—–

Continue Reading Penipuan di ATM MANDIRI…

Dari Gubukku

6 Mei 2009 pukul 17:02 | Ditulis dalam kehidupan, renungan | 7 Komentar

Panen memang sudah agak lama lewat. Itu pun sekedar cukup untuk musim tanam berikut dan makan keluarga sampai panen berikutnya. Dan itu sudah cukup melegakan. Dan aku layak bersyukur, bahwa memanen padi di sawah sendiri menjadikan aku tak memikirkan budget layaknya orang yang mesti mengeluarkan dompetnya. Sebuah keni’matan tersendiri.

Sore ini aku duduk di gubug di areal persawahan. Kupandangi hamparan padi yang ada dihadapanku. Kuteruskan pandangan mataku lebih jauh lagi. Sawah-sawah milik tetanggaku menambah luas wilayah pandangku. Ijo….

Continue Reading Dari Gubukku…

Flu Babi

5 Mei 2009 pukul 10:16 | Ditulis dalam boso jowo | 5 Komentar

Kocap kacarito….

Ing wayah esuk, ing dino Ahad nalikane aku nembe njagong manten. Nalikane aku nembe nyruput wedangku sing sajak ngobong ilat, ing palenggahan sak mburiku ana tamu kang ngobrol sajak gayeng ngono kae.

Aku dadi kepingin ngumbar pangrungu…angon kuping marang rembugane tamu-tamu kuwi mau. Ana rembugan kaya mangkene,

Mas, aku bingung rodo sujono lho….

Ono opo Mas?

Iki lak nembe ana pawarta babagan flu babi…

Continue Reading Flu Babi…

Duduk Di Atas Kubur

4 Mei 2009 pukul 23:13 | Ditulis dalam irodatul khoir lil ghoir | 3 Komentar

Hari Ahad. Jam 9 pagi. Layar hape nunjukin kalo aku musti ndatangin undangan walimahan salah seorang temanku. Udah mau brangkat, eh…… ada SMS masuk. Ada berita kematian. Ibu salah seorang temanku meninggal dunia.

Ya sudah, pengantin biar nunggu kalau mereka anggap perlu kehadiranku. Kalo nggak pun biarlah mereka lanjutin acara walimah. Aku telat ajah.

Aku belok kanan gak jadi “njagong manten”, pilih takziyah dulu.

Bukannya aku mau cerita soal pengantin dan kematian,  tapi pas di pekuburan, ketika lubang kubur sudah siap dan jenazah pun dikubur. Beberapa langkah dari kuburan baru itu, duduk-duduk beberapa orang pelayat. Mungkin mereka capek atau apa. Padahal doa bagi mayit yang baru dikubur pun belum dibacakan.

Bukan apa-apa sih, tapi mereka duduk-duduk di atas…………kuburan!!!

Continue Reading Duduk Di Atas Kubur…

Layar Miring

2 Mei 2009 pukul 09:55 | Ditulis dalam komputer-hp-gadget | 1 Komentar

Berawal dari coba-coba ngeliat monitor gaya miring, jadi ketagihan. Aku jadi lebih sering pake monitorku dengan nyandar vertikal. Gara-gara gaya itu, kaki monitor jadi nganggur. Dijual terpisah ada yang mau beli gak ya….??? hehe….dijuwaallll….kaki monitor Philips 19 inch widescreen 190SW….!!! eh, plus kabel analog, ori loh….. (soale aku milih pake DVI). Masa gitu sih….dasar bakul.

Continue Reading Layar Miring…

Berita Kematian

2 Mei 2009 pukul 09:05 | Ditulis dalam irodatul khoir lil ghoir | 4 Komentar

Berawal dari obrolanku sama seorang teman dekat yang lama-lama serasa jadi sodara, aku jadi nulis ini. Langsung ke pokok pembicaraan tanpa basa basi….

Ini tentang berita kematian. Horor… gak juga. Ini bicara soal kedudukan hukumnya.

Continue Reading Berita Kematian…


Entries dan komentar feeds.