Penipuan di ATM MANDIRI

7 Mei 2009 pukul 07:54 | Ditulis dalam lubang keledai | 9 Komentar

Dari seseorang yg care  . . . .
Berhati-hati !! Penipuan di ATM MANDIRI
or ATM lainnya

Wassalaam

Abu Ayat

—–Berikut adalah Pesan dalam Pesan—–

Ini kejadian yang saya alami sendiri. Dengan ini bermaksud supaya tidak ada yang terkena tipuan sama seperti yang saya alami.
Pada hari Minggu tanggal 3 Mei 2009, saya berencana pergi naik taksi dari UKI ke Plaza Semanggi. Saat itu uang yang saya pegang tidaklah cukup untuk membayar ongkos taksi. Jadi saya niat mengambil uang dari ATM MANDIRI terdekat. yaitu di Rumah Sakit Fakultas Kedokteran UKI.

Kebetulan hari itu tidak ada orang alias tidak antri. Saya memasukkan kartu ATM Mandiri ke slot mesin, yang awalnya mesin tidak ada masalah. Setelah saya memasukkan kartu, tiba-tiba dilayar muncul tulisan bahwa ATM sedang rusak dan tidak dapat dipergunakan.

Kaget dan bingung karena kartu saya macet didalam slot mesin, walaupun saya sudah tekan tombol CANCEL berulang-ulang tetap saja kartu saya tertahan di dalam mesin.

Tiba-tiba ada orang dibelakang saya. Seorang laki-laki dengan perawakan sedang, kira2 berumur 40-an (menurut saya sih.. komplotan nya) memberikan saran supaya saya menghubungi Customer Service Mandiri. Tentu saja itu sudah niat saya, tapi orang itu menyarankan nomor khusus SCORICOR MANDIRI yang nomor tersebut di tempel di ATM (stiker berwarna lengkap dengan logo MANDIRI). Katanya itu nomor khusus untuk melayani ATM yangg bermasalah.

Saya perhatikan di stiker memang ada nomor telepon 021-33681777 (mirip dengan CS Mandiri karena ada 777 nya), dan dijelaskan di stiker bahwa nomor tersebut khusus melayani ATM yang bermasalah.

Saya dalam kondisi panik (butuh uang tunai yang mendesak) langsung menghubungi tanpa pikir-pikir lagi. Diangkat oleh suara laki-laki yang kemudian menanyakan nomor PIN untuk membuka lock magnet di ATM. juga menyuruh menekan tobol nomor PIN saya di ATM.
tentu saja kartu saya tetap macet dimesin.

Akhirnya mereka menyarankan supaya kartu saya diblokir dan saya akan mendapatkan kartu ATM yang baru. Saya disuruh ke Bank Mandiri tempat saya buka rekening pertama kali untuk mengambil kartu ATM Mandiri yang baru, karena kartu saya telah mereka blokir supaya aman (katanya).

Besoknya saya cek MUTASI rekening saya melalui SMS Banking (entah kenapa perasaan saya tidak enak), ternyata pada tanggal 3 mei 2009 ada transaksi penarikan tunai melalui ATM  (harusnya tidak mungkin karena kartu saya di blokir). Saya langsung menghubungi nomor telepon 021-33681777 untuk menanyakan masalah kartu ATM saya. Ternyata nomor tersebut tidak dapat dihubungi. Akhirnya saya menghubungi CS Mandiri 14000 menceritakan kejadian yang saya alami. Menurut CS Mandiri, hal ini sering terjadi.

Pelaku menempelkan sesuatu dalam mesin sehingga kartu yang masuk akan macet dan tidak bisa masuk ataupun keluar. Di ATM, mereka tempelkan stiker yang mirip dengan stiker MANDIRI. sehingga orang menghubungi nomor yang tertera di stiker. Dari pihak Mandiri hanya bisa “turut menyesal”. Kenapa bisa ada stiker yang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB di ATM tanpa ada yang mengawasi. Seharusnya ada keamanan seperti SATPAM dan KAMERA PENGAWAS. Tapi dari pihak tidak bisa BERBUAT APA-APA.

Saya sangat kecewa dengan keamanan di ATM Mandiri.

Menurut saya ini bisa terjadi dengan siapa saja, dengan kartu ATM bank apa saja. Sebaiknya kita berhati-hati. Saran saya jika ini terjadi pada kalian semua, tolong dingat:

  1. JANGAN PERNAH MEMBERITAHUKAN PIN KEPADA SIAPA SAJA KARENA PIHAK BANK YANG BENAR TIDAK AKAN MENANYAKAN PIN.
  2. LANGSUNG HUBUNGI CUSTOMER SERVICE BANK. HATI-HATI DENGAN NOMOR YANG DITEMPEL DI ATM

Semoga pengalaman saya dapat menjadi pelajaran berharga buat teman-teman semua tanpa harus mengalami hal yang saya alami.

Terima Kasih.

9 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ini ATM mandiri
    ada lagi ATM (Angkatan Tentara Malaysia)😀
    he he he


    ATM….Aku Tahu Mas…..hehehe

  2. ATM..??? Ah Tidak Mungkin..heuheu…:mrgreen:
    Memang kadang² kondisi yg sedang panik membuat kita tidak bisa berfikir secara logika..
    makanya pihak BANK ato pihak yg terkait seharusnya lebih memikirkan tingkat keamanan pada mesin² ATM. krn penjahatnya sekarang lebih jago dari pada petugasnya..hehehe…

    assalamu’alaikum, ^_^


    wa’alaikumsalam
    ATM…Ah Tiwas Mas….pake ngandelin petugas..ternyata kalo lari kalah cepet sama copetnya….

  3. Sloww saja mas . . .

    memang sering kaya gitu . . . . . .

    tenagkan pirkiran ben lego ( alon-alon )


    meski alon-alon, mesinnya kalo nyedhot kartu mak srup….cepet ya Mas… hehe…

  4. wah..bahaya nih
    kita perlu berhati-hati
    makasih infonya

  5. waduh..
    harus hati-hati nih..

  6. aku juga pernah kena tipu dengan modus ATM..
    sampe2 uang saya di kuras habis..
    tapi saya iklas lah mungkin itu bukan rezeki saya..
    2 minggu kemudian saya dapat rezeki lagi..
    aku cuma bisa bersyukur..
    itu mas kuncinya..

  7. wah..wah..wah.. yang salah itu satpamnya..

  8. wah berbagi pengalama yg tidak mengenakkan
    semoga tidak terjadi lagi pada orang lain

  9. begh, kasus yang bisa di bilang basi…. kalo kartu tertelan itu satu hal aja yang perlu di perhatikan. yaitu “JANGAN PANIK SUPAYA BISA AMBIL AKAL SEHAT”, kan udah di kasih tau berkali kali, no telp tiap tiap bank itu selalu no khusus. 14000 buat bankmandiri 69888 buat bankbca dan lain sebagainnya, so tetep JANGAN PANIK !!!


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

