Kala Bermain Pedang Bermata Dua

23 Januari 2010 pukul 06:57 | Ditulis dalam curhat | 15 Komentar

Judulnya memang rada dramatis, atau sengaja didramatisir.

Awalnya sing cuman iseng. Gara-gara ada duit nganggur, sisa. Lantas jadi mikir dan mikir lagi. Karena ketertarikanku adalah main-main dengan komputer, lalu ada promo dari kantor telkom yang pas waktu itu mbenahin sambungan telepon rumah, lalu aku jadi kepingin bikin warnet.

Jadilah aku punya warnet. Dengan modal awal sembilan unit komputer dual core-an aku mulai buka pintu rumah depan sebagai jaring penjala rejeki. Berharap rejeki yang halal dan thoyib dengan dibantu dua orang pegawaiku. Seiring dengan waktu semakin ramai pula warnetku.

Begitulah. Semakin ramai dan semakin mendatangkan uang, alhamdulillah. Sampai suatu saat ada masukan-masukan yang datang dari para pelangganku lewat pegawaiku. Mas, ada yang mau saya sampaikan, kata pegawaiku. Beberapa pelanggan dengan setengah heran menyampaikan kenapa warnet kita kok tidak ada penyekat antara satu komputer dengan komputer lain di sebelahnya? Begitu salah satu masukannya.

Kenapa? Aku balik nanya. Dan siapa yang bertanya, maksudnya model orangnya macem bagaimana? Pikirku, pertanyaan itu pastinya mewakili jenis kebutuhan si penanya. Dan kebutuhan seseorang itu bisa berbeda berdasar dari tipe manusianya sendiri. Sama seperti pakaian, ada yang butuh memakai pakaian model tertentu karena ingin menutup aurat, dan ada lagi yang butuh model tertentu karena ingin tampil seksi memancing birahi. Kalau dibilang menurut agama, yang satunya pengin dapat pahala, maka yang lainnya pengin dapat marabahaya.

Memang warnetku kubuat tanpa sekat, tanpa ruang pribadi, with no private number eh salah….ingat nama parfum malah. Blak-blakan begitu saja. Memang tampil beda. Dan aku rasakan pada mulanya sebagian para pelanggan agak canggung. Tapi setelah aku dekati mereka, ternyata kecanggungan itu muncul karena mereka masih pemula di dunia maya. Jadinya ketika aku tawarkan bantuan, mereka malah ketagihan datang. Begitu sampai akhirnya aku lepaskan pekerjaan itu murni kepada mereka para pegawai. Situasinya tetap normal, berjalan begitu saja. Mengalir.

Ya itu tadi, semakin ramai, maka semakin beragam jenis manusia yang datang. Ada tipikal orang baik-baik, ada pula tipikal manusia yang suka bermain api. Ada orang make jasa internet buat memenuhin kebutuhan sekolah atau kuliah atau nyari lowongan cpns, eh ada juga yang maunya hal-hal nggak beres.

Bukannya aku su’udhon pada mereka. Bukannya aku mau curiga sama mereka. Tapi bener, gara-gara pertanyaan setengah permintaan dari sebagian pelanggan itu, juga setelah aku tahu model orang si penanya, aku langsung terjun ke lapangan. Aku buka komputer yang pernah dia pakai. Aku buka windows explorer, cari sana nyari sini. Juga buka history di firefoxnya. Ketemu deh….

Astaghfirullaah wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahi….

Dari nama filenya saja, sudah ketahuan kira-kira macem apa isinya. Coba kalau nama filenya ada frase begini kira-kira apa isinya….

Ozawa, russian rape, teensex, xxx, miyabi,

Hwadhuh….. masya Allah…. astaghfirullaah…. wa ra`sah….(aduh kepalaku…)

Kalau memang begini jadinya, bagaimana pula rejeki yang halal dan thoyyib itu….???

Bagaimana aku bisa mendapatkan rejeki yang halal dan thoyyib kalau ternyata orang membayarku karena mereka mendapat hal-hal mesum macem begitu….???

Bagaimana nanti kalau Allah bertanya darimana aku dapet uang itu dan bagaimana caranya? Padahal Allah Maha Tahu dan tidak bisa ditipu…!!!

Memang sih, aku cuman menyewakan alat, tapi ternyata dia bisa jadi pedang bermata dua. Maunya buat nyabet pohon tapi kena juga jidat sendiri. Cilaka nih…

Akhirnya dengan semangat menyala, aku panggil para pegawai. Kami buat aturan main lagi. Setelah rembug sana rembug sini, kami buat tulisan lalu kami tempel di dinding ruangan, salah satu kalimatnya berbunyi,

Sangat disarankan untuk tidak membuka situs yang tidak bermanfaat atau sia-sia bahkan mengarah ke dosa.

Sengaja tidak ditulis “mengarah ke zina” agar lebih halus dikit.

Lalu kami menunggu respon dari para pelanggan. Sehari dua hari. Seminggu dua minggu. Dan alhamdulillah pelan-pelan ada hasilnya.

Akhirnya warnetku jadi sepi….. bahkan sepi sekali kalau dibandingkan di awal-awal aku buka.

Ada rasa bersyukur kalau akhirnya Allah berkenan mengabulkan harapanku, begitu perasaanku. Ada juga rasa kesal dan penasaran kalau ingat betapa ternyata pengguna internet di tempatku sebagian besar adalah penyuka situs porno, penikmat video cabul. Aku gak tahu dan gak kepingin tahu dengan warnet lain.

Lalu aku kumpul-kumpul lagi sama pegawaiku. Ingin tahu juga respon mereka. Dan alhamdulillah, mereka juga sependapat denganku. Agak kecut juga senyumnya karena imbasnya bagi mereka adalah pada tingkat pendapatan, meski gak beda juga dengan diriku. Alhamdulillah, aku dikirimi oleh Allah pegawai yang masih memiliki kebaikan dalam hati mereka. Selebihnya aku serahkan kepada Allah bagaimanapun nanti skenarioNya.

Tapi Allah sudah “terlanjur” menetapkan, fa inna ma’al ‘usyri yusron……… inna ma’al ‘usyri yusron……… sesudah kesulitan itu akan ada kelonggaran, kelonggaran itu datangnya mengiringi kesulitan.

Dan ternyata masa sepi itu pun berlalu. Hanya hitungan bulan masa sepi. Sesudah itu datang juga para kurir pembawa rejeki kami. Dan alhamdulillah, Allah sudah mulai memilihkan dan memilahkan buat kami manusia-manusia yang mau mengerti kami. Orang-orang yang memiliki keperluan dan kepentingan yang sebenarnya saja yang mau datang. Dan mereka enjoy dengan layout gaya blak-blakan kami. Dan bahkan mereka memberi support dengan apa yang kami usahakan. Kalau toh ada orang yang masih nekat nyuri kesempatan buat yang mesum, biar resiko ditanggung sendiri dan kami akan menyapu bersih data mesum yang mereka simpan di hardisk kami.

Akhirnya…..

Kami memang para manusia yang butuh uang untuk menopang hidup kami. Tapi kami lebih cinta Allah dan Rasulnya dan jihad fii sabillah dengan kekuatan yang ada pada kami. Apa yang kami mampu akan kami penuhi, yang kami belum mampu akan kami usahakan dengan kerja keras dan berdoa.

15 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. alhamdulillah mas, anda sudah punya keberanian untuk jadi enterpreneur, sedang saya sampai saat ini masih berkutat di kantor saja, walaupun kadangkala ide usaha ini sudah menumpuk di kepala, tapi ada saja sesuatu yang membuat langkah saya jadi berhenti, sukses buat anda, dan semoga anda berkenan berbagi dengan saya


    terima kasih Mas…alhamdulillah. kepepet bisa berarti kreatip

  2. segala sesuatu yang dimulai dari kebaikan akan menghasilkan kebaikan pula. dan sebaliknya. semua hasil pasti tergantung ama niatnya. salam hangat persahabatan.


    salam hangat juga. niat dan cara yang benar deh

  3. subhanallah…alhamdulillah…
    kenapa baru sekarang ENGKAU tampar aku ya ALLAH…
    selamat tinggal bayo”XXXXXXXX”, akan kucari jalan yang lain….


    gak ada kata telat sih. cuman musti segera ajah

  4. mas, ada info sedikit ni. mudah2an bermanfaat. jika mo blokir situs porno atau situs negatif lainnya coba gunakan DNS ini di komputer2 dan router yg mas gunakan.

    Primary DNS : 180.131.144.144
    Secondary DNS: 180.131.145.145

    Teknik ini dikenal juga dengan DNS filtering.
    untuk info lebih lanjut silakan cek di http://www.nawala.org
    atau bisa juga cek di http://www.opendns.com

    Semoga bermanfaat. Wallaahu’l musta’aan….

  5. gw setuju sama pemilik blog ini. warnet gw sdh blokir xxx sites pake opendns dan masih tetap ada yg lolos kayak blog po*no yg pake domain blogspot.com. sbg solusinya gw tambahin blokir berdasarkan keyword. cuma ati2 aja masukin keywordnya, masukin aja kaya b*kep, p*nis, m*mek, dll. klo ente masukin kata s*x tar user warnet ente malah ga bisa daftar bikin imel, kecuali klo ente sudah bikin whitelist di router ato proxy.
    berat sekali perjuangan memblokir situs xxx ini, salah satu harga yg gw bayar adalah merosotnya pendapatan warnet gw. sedih sih. utang2 modal bikin warnet gw ni masih banyak. tapi mo gimana lagi. nunggu pemerintah yg blokir tah kapan. berdalih HAK asasi user warnet, lha wong gw mergokin sendiri ponakan gw yg kelas 5 SD buka situs xxx. sedih, bingung, kesal. mudah2an Sang Pemberi Rezeki berkenan mendengarkan dan memberikan solusi atas kesedihan gw ini.
    skrg gw cuma pasrah abis. g tau mo omong apa. pemblokiran situs xxx tetap berlangsung sementara itu income warnet terus merosot. Ya Tuhan…. bantulah hamba-Mu. Hamba mohon ampun jika ternyata selama ini usaha hamba sudah memudahkan org lain mengakses situs xxx. Tuhan, Engkau pasti mengerti…. gimana Hamba mo bayar utang? huhuhuhuhuhu……….


    sabar ya…. sabar itu ada tindakan… sabar itu tetap blokir yang porno….sabar itu larang orang yang mau buka situs porno…sabar itu tidak gratis, sabar itu ada ujian, sabar itu income bisa berkurang (salah siapa?)…..ini nasihat buwat diriku ndiri…. sabar yo Bib…sabar ya kawan semua

  6. mode kepala manggut-manggut : on


    aku malah gedhek-gedhek Kang….

  7. bib, skdr curhat ni. income warnet kini turun drastis 50% dari sblm blokir situs xxx. sedih aku bib, jadi selama ini tukang pokep yg banyak “nyumbang” ke aku, trus aku kasih sbg nafkah ke anak biniku.
    sampe skrg aku masih bertahan blokir bib. meski aku benar2 ga tau mau gimana bayar sewa kontrakan warnet ini. meski aku ga tau gimana bayar utang2 yg jatuh tempo sbtr lagi. aku pasrah bib. saat ini aku benar2 lagi “nguji” keyakinanku sendiri dg bantuan DIA. karyawanku sdh ngundurkan diri 2 orang. alasannya macam2. padahal aku ga pernah telat bayar gaji mereka. doakan aku mampu bertahan bib. godaan selalu datang, aku masih coba bertahan. kepalang mati. siapa suruh cari rezeki gini?


    bahkan sudah kututup itu warnetku…
    gak kuat hatiku tiap kali cek hardisk klien… padahal sudah blak-blakan gitu…
    akhirnya kembali ke default, jadi pengetikan dan semacamnya saja…
    insya Allah masih ada peluang rejeki dari situ
    kalau nantinya pun masih nyungsep juga, ya…banting setir lah
    pintu rejeki mah luwash…

  8. Kalau mau halal, jangan pake software bajakan🙂


    bajakan yang halal ada nggak ya…

  9. @hajime: saya pake zencafe 2.0

  10. weh, dah gim over warnetmu? klo aku ga mikir sewa sama utang2 pc itu aku pasti tutup juga. dah kesal, mending bisnis lain saja. lebih tentram kayaknya.


    besok lagi kalo mau bisnis jangan pake ngutang…mulai dari kecil napa…
    alhamdulillah aku gak pake ngutang jadi ya enak ajah…
    warnet doang yang kloset…
    selain warnet masih tetep napas kok

  11. akhirnja…
    dengan penoeh semangat dan dengan mengharap rejekiNJA jang halal lagi thoyyib, warnetkoe ditoetoep. penoetoepan diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnya.

    tinimbang kepedhang aluwung mangan gedhang

  12. subhanallah walhamdulillah allahuakbar!!! yang sabar ya pak… ingat ayat “wamanyattaqillaha yaj’al lahu makhroja”.


    alhamdulillah…..dapet perkeling…support…penghibur…
    kabar baek Neng?
    alhamdulillah…sejak saya tutup, malah dada lapang dan semakin terang jalan di depan…
    kalau liburan sempatin maen ya…
    sekarang buka warung di rumah, tapi sering tutup soale jarang ada yang nunggu…hihi

  13. saya bingung sama pemerintah Republik Indonesia, katanya situs2 porno telah berhsil diblokir hampir 90% lebih tapi kenapa komputer saya masih bisa membuka 100 persen situs-situs porno hanya dengan mengganti Freferred DNS Server dengan 8 8 8 8 dan Alternate DNS Server 8 8 4 4 yang merupakan DNS milik Google. saran saya seharusnya pemerintah memblokir Google aja sekalian dan menggantinya dengan search engine buatan indonesia (kalau ada sih) seperti yang telah dilakukan oleh negara komunis (china) indonesia kan bukan negara komunis malah para pejabatnya kebanyakan sudah punya gelar tambahan dari Makkah. ALLAHU AKBAR….

  14. Hi, I ԁo thiոk this is аn excelleոt website.
    I stumbleduρon it😉 Ӏ will revisit once again since I book-marked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, mɑy
    you be rich and continue to help others.

  15. Wondserful article! This is the type oof info that are supposed to be shared around the web.

    Shame on Google for not positiooning this submit upper! Come on over and seek advice from mmy site
    . Thank you =)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: