Susahnya Mencari Sekolah Inklusi

30 Juni 2008 pukul 21:11 | Ditulis dalam jalan-jalan | 169 Komentar

Hak pendidikan anak berkebutuhan khusus belum terpenuhi. Resistensi orang tua anak reguler perlu dibuang.

Tahun ajaran baru, saatnya kepala orang tua nyut-nyutan. Pokok soalnya, tentu saja, mencari sekolah bagi anak-anak mereka. Beban itu makin terasa menyesakkan bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Setidaknya itulah yang sempat dialami Sonny Dirgantara, orang tua Kiflan, 7 tahun, dan Nyonya Soviany, orang tua Radit, 7 tahun.

“Susah sekali mencari sekolah dasar reguler yang mau menerima Kiflan,” kata Sonny kepada Tempo, Sabtu lalu. Kiflan, anak tunggal Sonny, didiagnosis mengalami ADD alias attention deficit disorder. Gangguan yang ditandai dengan gejala daya konsentrasi dan kontrol diri yang rendah ini diketahui Sonny sejak Kiflan berusia 3 tahun. Sebagai warga negara Indonesia, kata warga Bondongan, Kota Bogor, ini, “Anak saya kan juga punya hak untuk mendapat pendidikan yang layak sejak usia dini.”

Keluhan serupa disampaikan Soviany. Radit, anak sulungnya yang didiagnosis mengalami ADHD (attention deficit hyperactive disorder), jenis gangguan perilaku yang ditandai dengan gejala daya konsentrasi dan kontrol diri rendah, plus memiliki aktivitas tinggi tapi tidak terarah (hiperaktif), juga mengalami sejumlah penolakan. “Alasannya, sumber daya yang menangani di sekolah tersebut tidak ada,” kata Soviany, yang tinggal di kawasan Kebon Pedes, Bogor, ini.

Beruntung, setelah kepentok sana-sini, akhirnya dua anak berkebutuhan khusus lulusan sekolah reguler Antz School Playgroup and Kindergarten, Bogor, itu, mendapat sekolah juga. Kiflan diterima di SD Negeri Batu Tulis 2, Bogor, sementara Radit menclok di Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, Sentul City, Bogor. “Dari segi kemampuan, keduanya memiliki kemampuan akademik yang memadai,” kata Retno Lelyani Dewi, psikolog dari Multipro, Bogor, yang menangani Kiflan dan Radit. “Mereka siap untuk meneruskan ke jenjang sekolah dasar.”

Sonny dan Sofiany memilih menyekolahkan buah hatinya ke sekolah reguler dengan orientasi inklusi, bukan ke sekolah luar bisa (special school) yang secara eksklusif diperuntukkan bagi anak “berkelainan” atau “luar biasa”. Sebab, keduanya percaya pergaulan dan interaksi dengan teman-teman sebaya yang dikategorikan normal akan membuat potensi anak mereka lebih berkembang.

“Setelah diterima, orang tua juga nggak mungkin melepas begitu saja,” kata Soviany. Di Fajar Hidayah, misalnya, ibu muda itu harus menyediakan shadow teacher alias guru bantu untuk mendampingi Radit. Dengan cara seperti itu, kata dia, “Mestinya pengelola sekolah reguler itu tak perlu khawatir menerima anak berkebutuhan khusus.”

Kisah Kiflan dan Radit hanyalah sedikit contoh dari berlikunya perjuangan orang tua dengan anak berkebutuhan khusus dalam mencari sekolah. Selain ADD/ADHD, mereka yang masuk kategori ini, antara lain, anak-anak yang kesulitan belajar, gangguan Rett, sindrom Down, dan anak yang hidup dalam dunianya sendiri (autisme).

“Di Indonesia, meski angka prevalensinya secara pasti susah didapat, jumlah anak-anak berkebutuhan khusus itu terus meningkat,” kata Retno. Dalam buku Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme, sekadar contoh, Yosfan Azwandi menyodorkan data peningkatan penderita autisme. Pada 1998, hanya tercatat satu kasus baru pasien dengan gangguan autisme di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Lonjakan terjadi dua tahun kemudian. Pada 2000, tercatat jumlah pasien baru autisme mencapai 103 kasus.

Dengan prevalensi yang terus meningkat itu, menurut Lara Fridani, psikolog dan dosen pendidikan anak usia dini di Universitas Negeri Jakarta, kesiapan sekolah reguler dengan orientasi inklusi mesti digenjot. “Memang tak gampang karena banyak yang harus disiapkan,” kata alumnus Universitas Monash, Australia, yang menekuni bidang anak-anak berkebutuhan khusus ini. Selain sarana dan prasarana, sumber daya manusia, Lara melanjutkan, dan sosialisasi A-Z ihwal anak berkebutuhan khusus menjadi kunci penting.

Sekadar gambaran, ia pernah menemui kasus orang tua anak-anak reguler mengancam akan menarik keluar anaknya jika sampai sekolah itu menerima anak berkebutuhan khusus. Alasannya, mereka khawatir anak-anaknya, misalnya, nanti terpengaruh dan takut kena pukul. “Tak terlihat ada empati di sana,” kata Lara, tak habis mengerti. “Apa yang terjadi dengan orang-orang tua itu?”

Kepada Tempo, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Profesor Suyanto mengakui adanya sejumlah kendala bagi sekolah reguler untuk menerima anak berkebutuhan khusus. Kenyataannya, sarana, prasarana, dan sumber daya manusia yang ada memang sangat terbatas. Untuk hal ini, departemen akan berupaya melengkapi secara bertahap. Di samping itu, seperti temuan Lara, secara kultural, kata Suyanto, “Terkadang ada kendala berupa resistensi dari orang tua siswa reguler.”

Menurut Lara, resistensi semacam itu sudah saatnya dibuang. Sebab, anak-anak berkebutuhan khusus juga punya hak untuk mendapat pendidikan laiknya anak-anak normal di sekolah reguler. Hal itu sejalan dengan Pernyataan Salamanca tentang Pendidikan Inklusif (The Salamanca Statement of Inclusive), yang diteken para delegasi Konferensi Dunia tentang Pendidikan Kebutuhan Khusus dari 92 pemerintah dan 25 organisasi internasional di Salamanca, Spanyol, 7-10 Juni 1994.

“Cuma, anak berkebutuhan khusus yang hendak masuk sekolah reguler mesti sudah mendapat intervensi dan terapi untuk meningkatkan kemampuannya,” Lara mengingatkan. Bisa diterimanya Kiflan dan Radit ke jenjang sekolah dasar, menurut dia, tak lepas dari terapi berkelanjutan yang disediakan orang tua mereka, seperti terapi okupasi, wicara, dan sensori integrasi. Tanpa intervensi dan terapi yang memadai, kemampuan anak itu sulit berkembang. “Kasihan anak tersebut bila sampai terjadi seperti itu,” kata Lara, “Gurunya repot dan orang tuanya pun rugi.”

169 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mohon informasi sekolah2 utk anak autis, terutama di Jakarta. terima kasih.

  2. Mohon informasi sekolah2 untuk anak autis di Jogyakarta


    yang di Yogya…..infonya dong…. (ingat pernah ada yang mampir dari Yogya nih)

  3. mohon sekli mengenai informasi sekolah inklusi di surabaya dan malang.terimakasih.

  4. Mohon informasi alamat sekolah inklusi di Bekasi dan jakarta bisa dikirim ke email saya. Terima kasih

  5. salam,
    mohon sekali informasi mengenai sekolah2 inklusi di jawa timur.terimakasih atas bantuan informasinya.

  6. MOHON INFO SEKOLAH INKLUSI DI BEKASI SELATAN BAIK YANG NEGERI MAUPUN YANG SWASTA

  7. mohon info sekolah tk inklusi yang ada dijakarta. terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya


    mohon bagi yang punya info, silakan berbagi….

  8. Sekolah inklusi tingkat smp dan sma,serta khusus autis ada, kebetulan saya ikut mengelola di kebayoran baru, Jakarta selatan bisa hub saya di yunnie_ssbali@yahoo.com

  9. Dear Friends, Saya baru membuka situs ini tepat 3 hari setelah hari pendidikan nasional. Saya sedang mencari sekolah inklusi untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ataupun Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP) untuk kelanjutan pendidikan putra saya yang tahun depan akan lulus SMP. Saat ini Alhamdulillah putra saya sekolah di Sekolah Menengah Islam Plus Darul Jannah Cibinong, dimana sekolah tersebut akhirnya mendapat izin untuk menjadi sekolah inklusi dimana anak saya yang masuk kategori Slow-learner dapat mengembangkan segenap potensi dirinya diluar kewajiban nilai2 akademis yang menjadi tuntutan utama pada sekolah2 umum. Semoga informasi mengenai sekolah inklusi dapat lebih disebarluaskan, sehingga kami orang tua yang memiliki anak Special Needs/Special Education dapat informasi yang jelas dalam hal menentukan pendidikan terbaik anak-anak kami.

  10. Informasi Sekolah Inclusive Surabaya
    Sekolah Galuh Handayani (www.galuhhandayani.com)
    Jl. Manyar Sambongan 87-89
    email : ningruam_galuh@yahoo.com
    Untuk informasi lebih lanjut hub aja:
    031-5018129
    031-5054040

  11. Ada yang tau infrmasi sekolah SMA buat nak brkebutuhan khusus ga?tp yg di daerah bandung?pliz ksh tw y!

  12. dimana sekolah inklusi yang ada di bkasi utara or selatan…
    minta informnya dund…
    lz..
    thanx.

  13. salam
    mohon info sekolah sd inklusi yang ada disekitar pondok gede. terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya

  14. Mohon informasi untuk sekolah ADHD tingkat SMP yang ada di kota Malang.

  15. Untuk informasi sekolah inklusi Negeri di Jakarta bisa menghubungi Drs. Bunawan di 021-71088465. Beliau salah satu pengurus di PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia)

  16. mohon tanya, di mana smp inklusi swasta yg ada di jakarta? ksh taw ya…

  17. mohon informasi smp inklusi di Bandung

  18. mohon infonya sekolah smp berkebutuhan khusus yg ada di sekitar tambun bekasi. anak kami slowleaner. trimakasih.

  19. mohon infonya smpn dan smp swasta kebutuhan khusus (ADHD) yang ada disekitar depok- cimanggis bogor

  20. dear all….mohon info sekolah umum yang menyediakan guru pendamping ato tk inklusi didaerah sekitar bekasi dan jakarta timur ya…tx bgt

  21. alamat smp islam plus darul jannah yang ada di cibinong dunkks

  22. Mohon info sd di Yogya , kami berencana pindah ke jogja
    tx

  23. klo anak special needs karena keadaan ekonomi shadownya ibunya sendiri bagaimana??? apa dampaknya???

  24. saya kebetulan praktisi home schooling and home care bagi anak berkebutuhan khusus… bagi yang ingin info lebih detail sekolah2 khusus atau sekolah inklusi wilayah jogja bisa menghubungi saya di 0274 8267882

  25. mohon informasi sekolah dasar inklusi didaerah pamulang ciputat dan sekitarnya…terimakasih banyak rekan2

  26. Tolong infonya untuk sd inklusi di bekasi dan jakarta. TX

  27. Mohon Informasinya SD Kristen / Negeri Inklusi di wilayah Jakarta Timur Tks Salam untuk semua

  28. mohon informasinya sekolah SD swasta inklusi di wilayah jakarta utara

  29. Ass,Wr,Wb

    Untuk yg tinggal didaerah Jakarta Selatan / Depok bisa mencoba visit ke Sekolah TK/SD Lentera Insan ( TK di Kelapa Dua, SD-nya di Cimanggis ),Bisa juga visit ke SD/SMP Al Fikri di Depok ( Dekat RS. HGA/ Perumahan Grand Depok City ),..

    Wass, Wr,Wb,..
    Heru

  30. Kepada yang memiliki info SMP inklusi di Bandung, tolong beri tahu saya.

  31. mohon informasinya sekolah SD inklusif baik negeri/swasta di wilayah jakarta barat untuk anak berkebutuhan khusus ADHD, saya perlu sekali trims

  32. Mohon informasi sekolah umum yang mau menerima anak berkebutuhan khusus untuk jenjang pendidikan TK dan SD, baik negeri atau swasta. Terima kasih.

  33. Di bandung sekolah Mutiara Bunda mungkin cukup baik, namun agak mahal..

  34. Untuk sekolah Tk. inklusi di jakarta selatan daerah fatmawati, lebak bulus flying star preschool 021-98585856. Shadow teachers mereka mendampingi anak Autis, ADHD.

  35. adakah yg bisa memberi alamat sekolah inklusi di bintaro tp tidak mahal?tx

  36. Mohon bantuannya memberikan nama sekolah-sekolah insklusi di daerah jak timur, bekasi sekitar mabes. trims

  37. saya berdomisili di kebumen jateng,kebetulan br 5 bln ini sy bermukim di sini mohon infonya sekolah inklusi di daerah kebumen utk anak kls 4 SD.trims

  38. Saat ini saya sedang mencari sekolah inklusi tingkat SMP bagi anak saya, untuk Wilayah Jakarta, Khususnya Jak-tim Tk

  39. SD Inklusi di Cibinong adanya dimana yah? please kabari donk yg tahu ke email saya : jun323hb@yahoo.com.sg

    Makasih

  40. tolong dong … dimana yah adanya SD Inklusi di CibinongBogor? please email saya : jun323hb@yahoo.com.sg

    Wassalam,
    Jun

  41. salam ….
    Unit Pelayanan Inklusi LENTERA INSAN CDEC mengadakan pelatihan untuk menjadi guru pendamping ABK…Pada Tanggal 8-9 Mei 2010

    MAteri yang akan dibahas
    * Deteksi Dini dan penanganan Anak berkebutuhan Khusus
    * Peranan dan fungsi guru pendamping
    * Membuat perangkat pembelajaran untuk Anak berkebutuhan khusus
    * Mengenal apa itu Kurikulum Adaptasi untuk ABK
    HTM Rp 350.000,- (Discount khusus bagi 20 pendaftar pertama)

    Pembicara: Bpk Tri Gunadi, OT S.Psi, S. Ked

    DI AULA LENTERA INSAN CDEC Jl, Akses UI No. 101 Kelapa Dua Depok

    Contact Person
    Lentera Insan Tlp/ fax (021)87712727
    Dina (085881398546)
    Indra (021) 98066133

    Peserta mendapatkan Goody bag, snack lunch, sertifikat

    Pembayaran melalui transfer Bank Syariah Mandiri Cab Depok
    A/n Tri Dina Rorodiarti
    No: 0617105839

    Wassalam….

  42. saya berkecimpung di sekolah inklusif dr tk-sd-smp di wilayah cirebon, barangkali ada yang membutuhkan terapi untuk ABK, kami juga memberikan pelayanan terapi. untuk yang membutuhkan bisa hubungi saya di 0231-202512/khamim/bag konseling

  43. mohon informasi sekolah inklusi di semarang dan sekitarnya

  44. adik saya divonis autis dari umur 1,5 tahum. sejak saat itu ia mulai terapi di berbagai tempat. namun sampai umur 7 tahun, belum menunjukkan peningkatan. akhirnya saya sebagai walinya menunjuk tempat klinik autis di daerah BEKASI. alhamdulilah, sekarang banyak terlihat kemajuan dan kontak mata yang dulu sama sekali tidak ada,sekarang bisa dan mampu menulis. walau belum terlalu lancar berkomunikasi, tapi ia bisa berinteraksi dengan anak seusianya.
    adik saya terapi ditempat :”TAMARA CENTER”
    alamatnya di : perumahan kemang pratama jln citra niaga 1
    blok AM no 11.
    bekasi selatan.
    telp. 021-8219649
    ayo, kita bersama-sama ajak anak\adik\saudara untuk terapi di tamara center.
    NANTI KITA AKAN LIHAT KEMAJUAN ANAK\ADIK\SAUDARA KITA BERSAMA-SAMA.

  45. tlg info sekolah inklusi yg ada di solo.tks

  46. Mohon info sekolah inklusi yang bisa menampung anak Down Syndrome di sekitar pamulang. Dari info resmi Diknas, saya pernah liat ada beberapa sekolah seperti SD Bina Putra, SD Batan.. tapi setelah saya cek ke lokasi, mereka tidak bisa menerima anak saya bersekolah disitu dengan alasan tidak ada sumber dayanya.

    Please saya tunggu infonya

  47. Wah…. ini sangat menarik sekali, saya juga sangat kesusahan mencari sekolah inklusi yang untuk anak saya yang menderita ADHD apalagi di solo 2 tahun lalu anak saya ditolak 5 sekolah Tk karena sekolah tersebut kesulitan untuk menerima akah saya, sedih banget. Sampai akhirnya saya mendapatkan sekolah TK yang bagus di Solo yang mau menerima anak saya. Saat ini saya masih hunting sekolah SD yang mau menerima anak say . Dimana ya SD di Solo yang mau menerima anak berkebutuhan khusus ?

  48. anak saya usia 7 tahun menderita hiperaktif , sudah sekolah TK selama 1 tahun , tapi tidak ada perubahan dalam masalah akademik … saat ini sudah harus masuk sekolah formal(SD) tpi saya bingung untuk memasukan ke SD mana .., karena SDN inklusi yg di tunjuk pun masih belum menjamin bisa atau tdk di terimanya , sebab sarana kurang di fasilitas dan untuk anak ABK di batasi jumlahnya sementara untuk sekolah yg swasta untuk anak ABK sangat mahal ,,, solusi apa yg harus di tempuh ,,

  49. saat ini saya sedang kesulitan mencari sekolah untuk anak ABK di bogor … dan klinik khusus anak ABK di mana yah ?
    saat ini saya berada di bogor ….

  50. saat ini saya sedang kesulitan mencari sekolah untuk anak ABK di bogor … dan klinik khusus anak ABK di mana yah ?
    tempat tinggal saya kini berada di bogor ….

  51. mohon informasi sekolah swasta yang menerima anak berkebutuhan khusus dan shadow teacher.

  52. putra saya tdk diterima di sdn mungkin ada yg tau sekolah swasta inklusi daerah jak tim mohon infonya.

  53. Ada nih sekolah inklusi tapi di Jakarta Pusat, salah satunya SDN 8 Serdang dekat jemabtan Bendungan dempet / jalan Sumur Batu dekat SMA 5.
    Kepala Sekolahnya pa Wawan.

    Nah sekarang saya justru lagi cari yg di Cibinong niiih….

  54. Mohon info sekolah inklusi ( untuk anak ADHD ) tingkat SMP di daerah Purwokerto/Purbalingga Jawatengah

  55. LENTERA INSAN membuka kelas khusus WORKSHOP PELAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI bagi ibu-ibu atau bapak-bapak yang inginmembuka atau meyelenggarakan pendidikan inklusi disekolahnya.. kita akan belajar bagaimana sistem dan management dari sekolah inklusi itu seperti apa…
    Selain itu juga ada kursus untuk menjadi guru pendamping bagi anak special need
    Informasi lebih lanjut Hubungi RENDY (085647077316)

  56. Saya ingin mencari sekolah inklusi yang masih mau menerima anak saya autis yg usianya 16 th

  57. Waktu saya sedang mencari SD inklusif di jakarta pusat, seseorang menyarankan saya ke SDN Cempaka Putih Barat 16 pagi. Menurut seseorang disana yang menjawab telpon saya, saat ini, setiap kecamatan di jakarta pusat harus mempunyai minimal 2 buah SD Negeri inklusif. Apa iya? Berita bagus nih…

  58. Rumah Sahabat Therapy & Child Development Berlokasi di Jogja memberikan layanan therapy terpadu bagi anak-anak berkebutuhan khusus; autism, ADHD, DS, dll dengan sistem one on one dan therapy di sesuaikan kebutuhan anak yang meliputi behaviour therapy, Sensory integrasi, Okupasi therapy, Play therapy, aquatic serta layanan fisiotherapy, dll. juga layanan pendukung lainnya yang sangat membantu proses perkembangan anak. info lebih lanjut please hubungi Rumah Sahabat 0274 8267882

  59. mohon dunk informasi mengenai sekolah inklusi di kota jogja..
    terimakasih sebelumnya

  60. mohon informasinya mengenai sekolah dasar/ SD inklusif baik negeri/swasta di wilayah jakarta timur untuk anak berkebutuhan khusus. Saya sangat membutuhkannya. anak angkat saya berusia 10 tahun dan mengalami keterlambatan dalam perkembangannya,baik untuk berbicara dan mengikuti pelajaran. tksh untuk informasinya.

  61. Info paling hangat, pada tanggal 23 Juli 2010 ini disaat anak-anak lain sedang merayakan hari jadinya. Pengalaman yg paling menyesakkan aku dan anakku yang menyandang Autis Ringan (berkebutuhan khusus) harus keluar dari sekolah yang baru 2 minggu diikuti (SMP)…sangat ironis memang?? hanya karena anakku disaat pembelajaran berlangsung tidak bisa konsentrasi (sering cepat bosan) dan itu dianggap oleh pihak sekolah mengganggu teman2 yang lain.

    Untuk teman2 millis mohon infonya Sekolah inklusi di wilayah Bandung yang bisa menerima anaku agar bisa menempuh sekolah sesuai layaknya..thks.

  62. Kesempatan bagi anak ABK untuk dapat bersekolah di sekolah umum menurut saya sangat bagus, terutama bila mereka sudah pada tahap imitasi. Dengan bergaul dengan anak yang normal, meraka akan belajar menjadi normal pula. Bagi sekolah penerima diperlukan kesediaannya untuk memperlakukan anak-anak tersebut secara fair terutama untuk masalah administrasinya ( pembayaran uang sekolahnya). Karena seperti telah kita ketahui bersama orang tua dari anak ABK pada umumnya banyak menanggung biaya baik untuk obat2 an, terapi, maupun shadow bagi anaknya. Jadi kasihan khan kalau masih dibebani biaya yang lebih besar dari teman-temannya di sekolah yang sama.

  63. mohon informasi tentang jumlah dan alamat-alamat sekolah dasar inklusi yang ada di jawa timur. terimakasih

  64. Mau tanya SDN Inklusi di Jakarta Timur untuk anak saya yang Slow Learner (IQ 85) atau tempat terapi pedagog di Jakarta Timur untuk anak SL.

  65. mohon bantuan bpk/ibu.., alamat sekolah inklusif tingkat SD & SMP didaerah/lokasi ; cibubur, cilengsi ato bogor(asrama) untuk putera saya slow learner. tlg alamatnya dikirim ke email saya. trm ksh

  66. dear bapak dan ibu sekalian..
    mohon bantuan infonya mengenai sekolah anak berkebutuhan khusus untuk daerah surabaya yg memakai sistem pendidikan ABA.
    thx..

  67. dear bapak dan ibu sekalian..
    mohon bantuan infonya mengenai sekolah anak berkebutuhan khusus untuk daerah surabaya yg memakai sistem pendidikan ABA.
    thx…

  68. Di Jakarta Selatan ada yayasan Budi Waluyo yg khusus mengelola anak-anak slow leaners dan kesulitan belajar untuk tingkat sd,smp dan sma.
    Lihat website kami : http://www.smpbudiwaluyo.com.

  69. mohon bantuan bapak/ibu..alamat sekolah inklusi di medan khusus untuk SD

  70. mo naya sekoalah inklusi untuk di surabaya diman ya…thx…

  71. Assalamu’alaikum,mohon bantuan infonya anak sy 7,5 thn Insya Allah thn dpn masuk SD,info sekolah inklusi negeri di daerah depok,atau jak-sel,diluar Lentera insan,dan Al-fikri,wassalam…terima kasih

  72. HADIRI FREE WORKSHOP KIAT MELEJITKAN KREATIVITAS ANAK DI SEKOLAHNYA MANUSIA bersama Bapak Munif Chatib Penulis Buku Best Seller SEKOLAHNYA MANUSIA pada hari Sabtu 18 Desember 2010 Di SD LENTERA INSAN CDEC (Sekolah Dasar Islam Inklusif)
    Cukup membawa 2 buku cerita untuk anak korban bencana alam ditukar sebagai tiket masuknya…
    CP (RENDY 085647077316)

  73. saya saya umur 14 tahun saya mau masuk ksn ada asrama nya ga di daerah bogor

  74. saya umur 14 tahun saya igin masuk ke sklh yg ada asrama nya yah

  75. untuk yang membutuhkan sekolah yang bersedia menerima ABK di jojga untuk usia 2-7 th, bisa ke labschool Rumah Citta, ECCD-RC. Jl.DI Panjaitan 70 yk. telp.0274 373709. email ke eccd_rc@yahoo.co.id

  76. Saya punya anak DS 5 tahun mohon bantuannya untuk informasi sekolahan yang bisa menerima anak saya di sekitar jati makmur pondok gede smoga Allah membalas kebaikannya

  77. Mohon info sekolah /pesantren inklusi di Medan sekitarnya.
    Terima kasih.

  78. Assalamualaikum war wab.

    Anak saya tahun ini akan masuk SD. Namun anak saya itu termasuk yang BERKEBUTUHAN KHUSUS karena termasuk tuna rungu dengan db nya 90. Sekarang ini memasuki tahun ke 3 di salah satu PAUD di Jakarta. Maunya meneruskan sekolah ke SD di Kawasan Jakarta. Tetapi terlalu banyak beban ekoonomis maupun fsikologis karena sy tinggal di Bekasi.

    Bagi bapak/ibu yang tau informasi SD inklusi dan menerima siswa yang berkebutuhan khusus (TUNA RUNGU) di kawasan BEKASI tolong… please. informasinya

    Semoga dengan memberikan informasi tsb menjadi amal sholeh

    Wassalam,
    Ade Masyhudi

  79. Untuk yang tinggal di daerah SAWANGAN DEPOK >>>>
    SEKOLAH INKLUSI JARI KECIL menerima pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2011-2012. USIA CALON PESERTA DIDIK MULAI 3 – 12 TAHUN.
    ALAMAT SEKOLAH JARI KECIL RUKO PERUM. SAWANGAN PERMAI BLOK A 4/ 10
    JL. MOCHTAR RAYA SAWANGAN DEPOK TELPON 0251-8612421.

  80. Untuk pak Ade Masyhudi>>> Apakah sudah dpt sekolahnya?

    Anak saya juga berkebutuhan khusus, tuna rungu 90 – 100 dB. Saya juga sedang cari2 sekolah inklusi utk anak saya di cikarang – bekasi. Tapi anak saya utk TK.
    Ada beberapa sekolah islam yg terima, diantaranya SDIT al luthfah cikarang dan fajar hidayah bekasi. Sekolah ini menerima dan akan melakukan observasi utk menentukan apa perlu pendamping atau tidak.
    Mudah2an membantu ya pak.. krn sy jg merasakan mencari sekolah inklusi di bekasi agak sulit. sudah bbrp sekolah yg sy telp tp menyatakan tdk menerima krn tdk punya ahlinya disekolah. Skrg sy sedang cari info terapis wicara nih di cikarang.. mungkin ada yg bsa bantu..? 🙂

  81. Ini ada sekolah islam terpadu untuk inklusi di daerah jakarta timur namanya SDIT Segar Amanah, anak saya juga bersekolah disini, biayanya tidak terlalu mahal kok, alhamdulilah banyak kemajuannya sekarang..alamatnya Jl.Naga Raya Duren Sawit

  82. mohon informasinya dari teman2 sekaliyan ttg sekolah inklusi/ SMP di kota Yogyakarta. terimakasih.

  83. SMART CENTRE dengan Sistem Home Visit Service (Terapis Atau Guru Datang Ke Rumah) Untuk Menangani Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (AUSTISME, TUNA RUNGU, ADD, ADHD, ASPERGER, LEARNING DISABILITY, DOWN SYNDROME, dll UNTUK WILAYAH JABODETABEK (JAKARTA, BOGOR, DEPOK,BEKASI DAN TANGERANG). SMART CENTRE juga menyediakan SHADOW TEACHER/GURU PENDAMPING Untuk Membimbing Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Untuk Kawasan JABODETABEK (JAKARTA, BOGOR, DEPOK,TANGERANG DAN BEKASI). Alhamdulillah Sudah Banyak Klein Yang Kami Tangani Progress Perkembangannya. Keunggulan SMART CENTRE:
    1. Kami Mendatangi Rumah Anda
    2. Laporan Kegiatan Terapi Perhari Dan Perbulan
    3. Jadwal Terapi Disesuaikan
    4. Tenaga-Tenaga yang Profesional Dan Berpengalaman dari UI, UNJ dan kampus swasta terkenal
    5. Memaksimalkan Potensi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus
    Untuk Informasi Terapis Datang Ke Rumah Atau Shadow Teacher/Guru Pendamping Dapat Menghubungi Ibu Erni Tlp (021) 99936433 atau 081385171840. email : smart.centre@hotmail.com
    Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih

  84. Mohon bantuan untuk sekolah Dasar Negri inklusi di wilayah jakarta selatan

  85. mohon infonya untuk sekolah negri atau swasta untuk SD inklusi didaerah pondok cabe

  86. mohon infonya mengenai sekolah inklusif di sekitar dkh zamrud kota bekasi

  87. sulinya menyekolahan anak ADHD disekolah umum SD dimana slain bermasalah dg anak yg lain krn selain sulit menerima pelajaran jg hiperaktifnya dan yg sangat membuat geram ternyata guru pengajarnya pun tidak antusias tuk membantu lebih bahkan seolah menjadi beban mereka……setelah 2 sekolah (swasta n negeri) kami baru merima sekolah yg tidak jauh dari tempat tinggal yaitu SDN 016 cempaka putih barat mmg sekolah inklusi dimana disana ada guru pendamping serta nilai tuk anak kami msh ada batas toleransinya sehingga anak kami sekarang telah kelas V <<<<<<<sekarang kami sdg mencari informasi mengenai SMK khusus tata boga atau cooking yang jika memungkan tidak jauh dari klender atau Rawamangun kalaupun tidak SMP……

  88. info untuk Bpk ibu di Daerah Bekasi,

    Sekolah Melati Indonesia di Perumahan Taman Narogong Indah, kec Rawalumbu, kota Bekasi menerima pesarta didik ABK, saat ini sudah tersedia jejang TK, SD dan SMP mudah-mudahan terus berkembang s.d. SMA.
    Anak saya yang Autis saat ini sudah belajar di sana

    salam,
    widodo

  89. Bagi yang mencari sekolah berkebutuhan khusus (KB , TK , SD , SMP, SMK) di Jakarta Barat bisa mendatangi Sekolah Patmos, alamatnya : Perumahan Taman Meruya Ilir Blok E-7 Samping Polsek Kembangan, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, 11620 Telp. / Fax : (021) 5867643 / (021) 70809403 atau bisa kunjungi website sekolah patmos http://www.patmosschool.sch.id .
    Kurang jelas bisa kirim email saja ke saputraloupatty@yahoo.com
    mudah2an informasinya dapat berguna untuk semua. terima kasih, Godbless

  90. Kafin School Bandung(managed by Amarvi School Jakarta) adalah SEKOLAH PENDIDIKAN KESETARAAN Untuk Umum Dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) telah berizin NO. 272/PLSM/VIII/JS/2010 dan BERIJAZAH, yang berlaku untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Kafin School Bandung menyelenggarakan Pendidikan pada tingkat :

    Kelas Persiapan (PG & TK)
    Paket A setara dengan SD
    Paket B setara dengan SLTP

    Kafin School Bandung juga MENERIMA PINDAHAN DARI SLB UNTUK ANAK ABK, untuk Promo selama Bulan September hingga Oktober 2011 GRATIS IURAN BULANAN, Kafin School Bandung Beralamat di Jalan Terusan Bukit Dago Selatan
    No. 04 Kec. Coblong, Kel.Dago Bandung.

    Untuk informasi Lebih Lanjut dapat menghubungi nomor Telp. 081315778741, 081280666683

    atau :

    mengirim e-mail : kafinschool@yahoo.co.id
    Kunjungi juga website kami : kafinschool.multiply.com

    Follow Facebook :

    KafinSchool Home Schooling
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100002647081791

  91. sekolah yg menangani ABK di Solo, kalau tidak salah di SD Alfirdaus..

  92. Sya sangat ingin informasi mengenai sekolah SMA, SMK, SMIP utk anak sya.. khusus nya wilayah Jakarta barat n Jakarta Utara. t.ksih

  93. Sy jg py anak ADHD skrg kls 2 SMP, mencari sekolah reguler yg mau menerima anak saya (jeanica) susah.. Setiap th pindah skolah.. Spintas anak sy tdk kelihatan secara phisik.. Bhkan byk yg bilang anak sy mirip bintang sinetron . Tp justru makin pedih hati saya kl org tau kl anak sy py kekurangan spt itu.. Sy selalu berdoa agar anak sy bs dberikan mukjizat.. N kelak ada yg mau mencintainya dg tulus.. Sgl yg aq lakukan demi utk anakku.. Hy dia.. Anakku.. Yg mau berbagi bs ke no sy 081338931167 atau FB Papaejeanica, atau BB 27B7AE30

  94. Saya juga mohon info sekolah inklusi tk SMP di MAKASSAR. Terima kasih.

  95. mohon informasi untuk alamat sekolah autis daerah bandung barat dan kuningan cirebon

  96. Ibu dan bapak ada yang tahu yayasan atau Lembaga Pendidikan yang menyediakan pseudo teacher/guru pendaping untuk anak saya umur 6.5th, sekolah di bogor. terima kasih

  97. saya guru di sekolah inklusi daerah bekasi sekolah kami bernama sdit nurul falah atau dikenal dengan sdit nufa beralamat di perumahan bumi anggrek blok F 176 – 177 bekasi telp 021. 88350636

  98. saya juga memerlukan info smp inlklusi di bekasi untuk siswa – siswi saya, jika ada yang memiliki mohon untuk memberitahu trimaksh.

  99. saya memerlukan info smp inklusi wilayah duren sawit, bekasi selatan . mohon bantuannya trmks

  100. Sy punya anak ADHD umur 8,5thn yg sekolah di sekolah reguler kelas 3 yg baru sy ketahui dia ADHD saat kelas 2…:( Skrg ini Dito ikut terapi 1x seminggu di sebuah klinik di Bekasi.
    Menurut wali kelas Dito bisa mengikuti pelajaran dg baik sth terapi, emosinya lebih stabil tp utk urusan kerjakan PR sy sering putus asa ajak dia belajar….:(
    Mgkn ada rekan2 yg bisa kasih saran. ​​​​̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸τћαηƘ Ɣσυ•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ Ɣª

  101. Adakah sekolah inklusi di daerah Cikarang Pusat.

  102. GOLDEN KIDS FKIP – UKI

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia atau yang dikenal FKIP – UKI Jakarta telah membuka laboratorium yang berfungsi sebagai sekolah Anak Berkebutuhan Khusus dengan kurikulum Home schooling dan Sekolah Alam. Dengan Visi Menjadikan anak ABK hidup mandiri dan memiliki keterampilanh dan menggali kemampuan anak untuk dikembangkan sebagai modal kemandiriannya dimasa yang akan datang. Golden Kids hadir melayani dengan KASIH yang tulus dan biaya yang sangat terjangkau.

    Kurikulum :
    1. Program Kesiapan
    2. Keterampilan Meniru
    3. Ket. Bahasa Reseptif
    4. Ket. Bahasa Ekspresif
    5. Ket. Pra Akademis
    6. Ket. Bina diri
    7. Ket. sosialisasi
    8. Kesiapan Bersekolah

    Golden Kids diperlengkapi dengan pelayanan antaralain:
    Dir. Pelaksana : Melda Simorangkir
    Konsultan : Dr. Dharmawan, Sp.Kj
    Psikolog dan Konselor : Ronny Gunawan dan Roline S. Darmo
    Programer : Ririn Febryanti

    Berlokasi di Universitas Kristen Indonesia – Gedung Ekonomi lt. 2
    telp. 021-8092425 / 8009190 ext. 314
    atau
    Ms Melda 081317188336
    Ms Ririn 085216888066

  103. SMART CENTRE MENYEDIAKAN SHADOW TEACHER/GURU PENDAMPING UNTUK MEMBIMBING ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH UMUM (INKLUSI) di seluruh kawasan JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang dan Bekasi). Keunggulan SMART CENTRE:
    1. Shadow Teacher memiliki pemahaman mengenai psikologi Anak
    2. Laporan Kegiatan Terapi Perhari Dan Perbulan
    3. Tenaga-Tenaga yang Profesional Dan Berpengalaman dari UI, UNJ dan kampus swasta terkenal
    4. Memaksimalkan Potensi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus
    Untuk Informasi Dapat Menghubungi Ibu Erni Tlp (021) 99936433 atau 081385171840. email : smart.centre@hotmail.com. Terima Kasih

  104. List Sekolah Khusus

    JABOTABEK

    Nirmala Nugraha (Bpk. Saragih) Jl. Bintaro Permai no. 1, Bintaro – Tlp. 7388 2443

    Mandiga (Adriana Ginanjar dan Dyah Puspita) Jl. Mulawarman no. 3 –Kebayoran Baru Tlp 722 0153, Fax 727 91 606 — Imel: mandiga@centrin.net.id

    Sekolah Cita Buana (bg. Special Needs) Jl. Paso no. 84, Jakarta Selatan 12640. Tlp. 782 0088, Fax. 782 0077

    Sekolah Permata Hati (Ibu Fitriani Kartawan) PG – TK – SD Khusus Terpadu Jl. Gatot Subroto no. 72, Komp. MBAU Pancoran Jakarta Selatan. Tlp. 799 5121.

    SLB Kyriakon Jl. Kampung Baru VI no. 8, Ulujami, Jakarta Selatan Tlp. 920 9066

    International Centre for Special Care in Education (ICSCE) Jl. Jati Padang Utara no. 8B – Pejaten, Jakarta 12540 Tlp. 780 7313, Fax 788 44313

    Yayasan Pantara Jl. Senopati no. 72, Kebayoran Baru Jakarta 12130 Tlp. 724 7517

    Sekolah Mentari Kita Jl. Janaka III No.25, Perumahan Bumi Indraprasta II – Bogor HP. 08128245626

    SLB-C Budi Waluyo II Jl. Bangka Raya Gg. H. Nawar no. 5 – Kebayoran Baru Tlp. 717 90839

    SDLBN 01- Lenteng Agung Jl. Medis RT 07 / 05 no. 49, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta 12640 Tlp. 788 91466

    Sekolah Purba Adika Jl. Karang Tengah I (H. Ipin) no. 31, Lebak Bulus, Jakarta Selatan Tlp. 7590 5850 Fax 7590 6037

    Sarana – Sekolah Terpadu Graha Simatupang – Jl. TB Simatupang kav. 38 Tower II blok A & D Lt 2-3 Jakarta 12450 Tlp. 782 7980. www. saranaku.com

    Klub Rumah Anak – PG/TK (Bpk. Andy Lunarjanto). Jl. Bangka Raya no. 46, Jakarta Selatan Tlp. 719 2725, Fax. 7196 465

    JAKARTA BARAT

    TK Kid-Gro (Dr. Dwijo Saputro, SpKJ) Perumahan Taman Meruya ilir Jl. Permata Meruya blok E / 7 Jakarta 11620 — Tlp. 586 7643

    Sekolah Cahya Anakku (Ibu Qery Wulansari) Jl. Mandala Utara VI no. 2 – Tomang, Jakarta Barat Tlp. 560 6834, Fax. 5606 704. http://www.cahyaanakku.org imel cahya_anakku@yahoo.com

    SD/SMP Dian Kusuma (Ibu Giyatmi) Green Garden blok A3 no. 14 Tlp 5830 2037

    JAKARTA TIMUR

    TLPA Pelita Hati (Ibu Utami Djamaluddin) Komp. BHP, Jl. Bumi Pratama Blok C no. 16, Kp. Duku Kramat Jati – Jakarta Timur Tlp. 841 0081 Fax 8411 264

    Sekolah Alam dan Sains Al-Jannah (Ibu Hj. Nurjannah) Jl. Jambore no. 4 – Pondok Rangon, Jakarta Timur. Tlp/Fax 8459 8795. imel http://www.sekolah-aljannah.com

    Sekolah Autis Cipta Anugrah (Ibu Etty Ajri) Komplek Bina Marga no. 78, Jl. Binamarga, Cipayung. Tlp / Fax 844 4808

    BEKASI Asrama dan Sekolah Kejuruan Imaculata Taman Harapan Baru Blok VS no. 7-8 Bekasi Barat Tlp. 88877198, HP 0818 490 902

    Sekolah Purba Adika Jl. Karang Tengah I (H. Ipin) no. 31, Lebak Bulus, Jakarta Selatan Tlp. 7590 5850 Fax 7590 6037

    Sarana – Sekolah Terpadu Graha Simatupang – Jl. TB Simatupang kav. 38 Tower II blok A & D Lt 2-3 Jakarta 12450 Tlp. 782 7980. www. saranaku.com

    Klub Rumah Anak – PG/TK (Bpk. Andy Lunarjanto). Jl. Bangka Raya no. 46, Jakarta Selatan Tlp. 719 2725, Fax. 7196 465

    JAKARTA BARAT

    TK Kid-Gro (Dr. Dwijo Saputro, SpKJ) Perumahan Taman Meruya ilir Jl. Permata Meruya blok E / 7 Jakarta 11620 — Tlp. 586 7643

    Sekolah Cahya Anakku (Ibu Qery Wulansari) Jl. Mandala Utara VI no. 2 – Tomang, Jakarta Barat Tlp. 560 6834, Fax. 5606 704. http://www.cahyaanakku.org imel cahya_anakku@yahoo.com

    SD/SMP Dian Kusuma (Ibu Giyatmi) Green Garden blok A3 no. 14 Tlp 5830 2037

    JAKARTA TIMUR

    TLPA Pelita Hati (Ibu Utami Djamaluddin) Komp. BHP, Jl. Bumi Pratama Blok C no. 16, Kp. Duku Kramat Jati – Jakarta Timur Tlp. 841 0081 Fax 8411 264

    Sekolah Alam dan Sains Al-Jannah (Ibu Hj. Nurjannah) Jl. Jambore no. 4 – Pondok Rangon, Jakarta Timur. Tlp/Fax 8459 8795. imel http://www.sekolah-aljannah.com

    Sekolah Autis Cipta Anugrah (Ibu Etty Ajri) Komplek Bina Marga no. 78, Jl. Binamarga, Cipayung. Tlp / Fax 844 4808

    BEKASI

    Sekolah Citra Anindya (Ibu Rumondang) Jl. Taman Makam Bahagia ABRI no. 38B, Parigi Lama, Bintaro Jaya. Tlp. 7486 7774. Fax. 7486 7775

    Sekolah Perantara Terpadu BABITA Ibu Dra. B. Ari Setianingsih) – Jl. Jawa Blok I 4 no. 20, Nusa Loka BSD Sektor XIV, Tangerang Tlp. 5375 484. Fax 538 3162

    SD-SLTP Khusus Autis Al-Ihsan Ruko Villa Melati Mas Blok B10 no. 40 – Serpong. Tlp. 985 29591

    Sekolah Tunas Indonesia (Ibu Winita E. Kusnandar). Jl. Jombang Raya no. 18, Bintaro Jaya sekt.9 Tlp. 7486 4616, Fax 7486 0350 – imel. tunasindonesia@paragon.co.id

    PG-TK Bougenville (Ibu Fanny Eria Zuhana) Bougenville Loka Blok M I / 19-21 Graha Raya, Bintaro Jaya Tlp. 5312 8220. Fax. 5312 5997. imel ryan_anthony_s@yahoo.com

    JAWA BARAT

    DAFTAR TK DAN SD INKLUSI DI KOTA BANDUNG

    PG-TK ISLAM IBNU SINA Jl. Lembah Asri N0. 2 Kmp. Bumi Asri IV Kel. Padasuka Kec. Cimenyan 40192

    SD ISLAM IBNU SINA Jl. Lembah Asri No. 2 Komp. Bumi Asri RT.05/05 022-7205127

    SDN Putraco Indah Jl. Rajamantri Kaler

    SDN Gegerkalong Girang 2 Jl. Geger Arum

    SDN Rancaloa I Jl. Cipamokolan

    SD Mutiara Bunda Jl. Arcamanik Endah No.3PG TK SD Gagas Ceria Jl. Malabar 80-82 Bandung

    SDN Tunas Harapan Jl. Cijerah No.119

    SDN Sarijadi 3 Jl. Sarimanis Sarijadi Blok 17

    SD Bintang Harapan Kopo Permai Komp. Kopo Permai Blok 52 A

    SD Muhammadiyah 7 Bandung Jl. Kadipaten Raya no 4-6 Antapani Bandung

    SD Gempolsari Jl. Komp. Bumi Asri Blok E No. 40 Desa Gempol Sari 022-6043392

    TK-SD 9 Mutiara Perumahan Taman Hijau no 43 Jl. Situ Aksan Permai Bandung

    JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR
    Yayasan Pelita Persada Mandiri, Sekolah Putra Mandiri (Dra. Naili Farida, MSi) Jl. Potrosari I no. 6, Semarang. HP 0815 6572 963.
    Semarang Autism School (Bpk. Sigit) Jl. Afa Raya no. 3, Tembalang, Semarang 50275. HP 0815 650 7905
    SD Suryo Bimo Kresno Jl. Borobudur Barat 12, RT 12 / RW 13, Purwoyoso, Semarang. Tlp. 024-760 4874
    SLB Autistik Fajar Nugraha (Bp. Agus Hanafi) Seturan II / 59, Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta. Tlp. 0274-485 582.
    TK Khusus Autis – Bina Anggita, Yogyakart Jl. Gedongkuning Gg. Bima / Irawan No. 42 JG III, Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198. Tlp. 0274-419 786, 0812 272 8856
    SLB Suharjo Putra Jl. Mgr. Sugiyopranoto Wonosari, Gn. Kidul, Yogyakarta. Tlp. 0274-391 677
    Sekolah Harapan Bunda ( Ibu Sri Lestari ) Pucang Jajar Tengah no. 81, Surabaya. Tlp. 031-5024 220.
    Sekolah Harapan Aisyiyah Jl. Bayangkara no. 65, Mojokerto, Jawa Timur. Tlp. 0321-391 236
    Sekolah Autisme Laboratorium Univ. Negeri Malang (Ibu Hj. Imam Safi’i) Univ. Negeri Malang Gd. CI – Jl. Surabaya no. 6, Malang – Jawa Timur. Tlp. 0341-566523. HP 0888 3369 366
    Boarding School Wisma Dhanie (Ibu Mafruzah, SPd). Perum Puncak Buring Indah Blok P1/1 – Malang. Tlp/Fax 0341 – 754 024. HP. 0813 344 24132. Imel izawd85@yahoo.com

    LUAR JAWA
    Sekolah Khusus Autisma LPK Melati Ceria (Ibu lilis Lismaya, SPd) Jl. Rangas I no. 5, Pilau, Panarung, Palangkaraya 73111. Tlp. 0536-3235 266
    Special Needs School – Pelita Hati (Bpk. B. Rachmat) Jl. A. Yani KM 32 RT 12 no. 35A Loktabat, Banjarbaru 707712. Tlp. 0511 – 7349 795. HP 0819 545 7633
    Sekolah Pelita Hati – SD khusus autis (Dr. Lisa Cahyapratiwi). Komp. Ruko no. 6, Jl. Ahmad Yani, Plaju, Palembang. Tlp. 0711-511 292. HP 0815 355 2351 Jl. HM Nurdin Panji km. 7, Palembang. Tlp. 0711-708 1122
    Yayasan Bina Mandiri Anak, Sekolah Khusus Autis Kompl. Pondok Karya II Blok A Kec. Koto Tangah Padang. Tlp. 0751-7874578
    Sekolah autis MITRA ANANDA ( Bpk. Nadiyanto Helmi, SPd) Jl. Jhoni Anwar no. 27C, Lapai, Padang. Tlp. 0751-41620.
    Lembaga Pendampingan Perkembangan Anak (LPPA) SD Autis Pelangi (Bp. Santoso) Jl. Duyung no. A4 Pekanbaru. HP 0813 7171 8286. Imel: pedulianak_lppa@yahoo.co.id
    Sekolah Autis Unggul Sakti (Ibu Yuli Maryati) Jl. Jaya Wijaya no. 18, Talang Banjar, Jambi. Tlp. 0741-7554113 – Imel saus_jambi@yahoo.com
    Hizkia Special School Jl. Lumimulut VIII no. 12A, Menado. Tlp. 0431-3638470. Imel d381e@yahoo.com

  105. mohon alamat pesantren inklusi di daerah surabaya dong, adik saya ini menderita adhd an tidak dapat berbicara hingga saat ini umurnya uda 17 th.. mohon bantuannya untuk bapak/ibu yg mempunyai info. terimakasih atas kebaikan bapak/ibu smoga mendapatkan balasan yang kebaikan berlimpah dari Allah Swt.

  106. tolong info sekolah inklusi dcibinong dan bogor yaah. makasi..

  107. Anakku thn ini umurnya 6,5thn,hrsnya sdh msk sd,mnt tlng info nya ya sd inklusi negeri ataupun swasta di wilayah duren sawit jakarta timur,info nya ke fb sy aja Dina oktavioni pasande,thanks alot…

  108. SILAHKAN KLIK http://WWW.YAYASANBUDIWALUYO.JAKARTABISNIS.COM
    mENGELOLA ANAK ABK DARI SD S/D SMA

  109. tolong informasinya sekolahan untuk anak berkebutuhan khusus di jakarta utara. anak saya kelas satu tahu huruf dan angka tapi belum bisa membaca juga. gurunya di kelas tidak perduli anak saya bisa atau tidak. kepala sekolah bilang harus pindah sekolah .bingung banget tolong segera informasinya.thanks

  110. mohon infokan smp inklusif baik swasta maupun negeri di kota bandung, siapapun anda trimksh bantuannya.

  111. Mhn informasi sekolah inklusi di Tambun Bekasi Selatan, untuk setingkat SD.
    Mhn bisa di email ke : imamhs@yahoo.com, trimaksih atas infonya.
    Slm dari Kel Imam.

  112. Mohon info sekolah SD, SMP inklusi yang ada di semarang dan kabupaten blora, terima kasih.

  113. mohon informasi bila ada TK/sd untuk special needs kids di daerah bekasi bila ada yg di kecamatan Medan satria..terima kasih. dan bila ada pula group2 untuk share bagi orang tua anak special needs atau semacam group home schooling

  114. Anak sy usia 11 th masuk kategori Low leaner ,sdh sekolah di SD yg mau menerima untuk ABK skrg klas IV Inklusi,tapi sdh 4 th sklh disitu blm maksimal krn smpe skrg blm bisa membaca jg blm berhitung, gurunya jg blm bisa mengetahui kelebihan anak sy, apa ada sekolah yg Khusus ABK yg lebih bagus lagi di wilayah tempat tinggal saya ? mohon petunjuk/informasi kepada teman-teman pemerhati untuk anak ABK . sy tinggal di kota Purwokerto,Kab.BAnyumas,Jateng. Ibu Susi

  115. saya informasikan untuk sekolah inklusi di daerah surabaya yaitu di SD. BHAKTI WIYATA Jl. Bratang Binangun 3/21 (031-5014717) koordinator : ibu Rina. kebetulan anak saya yg pertama juga sekolah di sana. saya lihat perkembangannya bisa di bilang signifikan. karena tenaga terapisnya yg perhatian & care terhadap anak didiknya. informasi yg sy terima, di tahun ajaran baru ini akan berencana membangun inklusi untuk tingkat SMP. semoga informasi ini sgt berguna bagi para orang tua yg mengalami hal yg sama dgn saya. GBU

  116. mohon informasi sekolah inklusi (SD) yang kristen // katolik di surabaya dimana

  117. med….sore …..!! mohon info X… sekolah inklusi or ABK untuk tingkat smp dmalang lw ada sekolah yg menerapkan basic agama islam …
    thanks banget…. :))
    D tunggu info X……

  118. Mohon infonya sekolah dasar inklusi negeri atau swasta di Karawang.
    Terimakasih

  119. Bagi yang anaknya berkebutuhan khusus tetapi ingin mendapatkan pendidikan tidak kalah dengan anak2 normal lain bahkan lebih … silakan ke PG/TK/SD Putik. Guru yang hebat adalah guru yang bisa mengubah seorang anak “zero” menjadi “hero”. Pendidikan di SD biasa saat ini cenderung seperti pabrik, hanya mau menerima anak-anak yang telah diseleksi (material yang baik2 saja). Sementara anak2 yang punya kemampuan lebih tetapi punya kendala di dalam dirinya cenderung disingkirkan (discrap).

  120. Mohon info sekolah PG/TK untuk anak berkebutuhan Khusus, terutama anak gangguan fungsi pendengaran dan lambat bicara di daerah Bekasi timur atau yg dekat dengan jalan Agus Salim Kota Bekasi,Kami sangat memerlukan…terima kasih….

  121. klu dikarawang dmn ya.e-mail ;heri_ega@yahoo.com

  122. apakah ada SMU kejuruan atau kursus-kursus di Surabaya bagi anak autis yang tidak mampu melanjutkan sekolah. anak saya laki2 usia 15 th saat ini klas 9.

  123. mohon bantuannya para pembaca anak saya ABK menderita ADHD berumur 14 tahun sekarang di sekolah SD negeri kelas 6 tahun depan masuk sekolah SMP, saya ingin anak masuk sekolah SMP pesantren yang ada asramanya di sekitar jabodetabek dengan biaya tidak mahal.
    Bia pembaca mengetahuinya tolong SMS ke saya dengan no. HP. 0817199409 biar saya yang menghubunginya.

  124. Di surabaya ada kok, coba cari di google dengan kata kunci sekolah inklusi, saya pernah dapat cuma lupa alamat dan namanya, salam untuk semuanya semoga anak2 ABK juga mendapatkan haknya.

  125. susahnya cari smp islam inklusi di depok, sekolahnya banyak tapi setiap didatangi ceritanya sama semua ” sudah terisi dari sd yg seatap” kalau begini semua, bagaimana dengan sd islam yg tdk ada smpnya. apakah ada masukan smp islam yg msh mo trima

  126. klo sekolah berkebutuhan khusus dicikarang yg agak murah biayanya dmn ya?

  127. sekolah inklusi dengan kualitas sangat baik di Yogyakarta di SD Tumbuh : http://www.sekolahtumbuh.org
    Email: sd_tumbuh@yahoo.co.id
    SD Tumbuh 1: Jl. A. M Sangaji 48 Yogyakarta . Phone 0274 – 557970 (+ fax)
    SD Tumbuh 2 : Jl. Amri Yahya No.1 Wirobrajan Yogyakarta
    Phone 0274 – 589680
    ada SMPnya juga. SD tumbuh mendidik bukan hanya akademik melainkan kerekter anak seperti menghargai perbedaan, menghargai budaya lokal, pendidikan lingkungan, pendidikan wirausaha dan sebagainya.

  128. ADULAM. Layanan Terapi dan Pendidikan Terpadu bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan penyandang Autisme. Kami ada di Karawang, Ruko Resinda F-29, Karawang Barat. Layanan kami: terapi individu, kelas inklusi, homeschooling abk, menyediakan shadow teacher/terapis rumah. Info selengkapnya: 081310095123 dan 081617662777. Layanan kami: Jabodetabek.

  129. utk bapak widodo, mohon informasi ttg sekolah melati indonesia alamat & no tlp sekolah tsb yg bisa sy hubungi. krn anak kami saat ini b’skolah di sdn kelas 6 & sekarang kami mau anak kami melanjutkan sekolah di smp inklusi dmn dia bisa diterima oleh teman2 & guru2nya. krn selama ini dia sll menerima perlakuan yg tdk menyenangkan dr tmn2nya.

  130. TKIT/ SDIT AINUL YAKIN YOGYAKARTA
    Jln Ringroad Selatan UH VII/472, Malanga, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta 55163. Telp : 0274 – 6515980 / 081328754180

    Alhamdulillah, kini di Kota Yogyakarta telah hadir sekolah inklusif dengan fasilitas yang sangat baik, (area terapi, outbound, kolam renang, gazebo, aula, dan terapi ikan, dan refleksi kaki) ditangani oleh tenaga – tenaga muda profesional di Asuh langsung oleh Ustadz Muhidin Isma Almatin Ps. Ps. Beliau merupakah seorang ahli hypnosis learning dan terapis bagi anak berkebutuhan khusus.
    Biaya sekolah sangat murah, full terapi, dan siswa – siswi beraneka ragam.
    Bila tertarik silahkan hubungi : 0274 – 6515980 / 081328754180

  131. saya minta tlon sekolah mana saja di makssar yg anak inclisive studenya?.thakns

  132. Pak hariss bsa tlp di 081310095123.

    Date: Thu, 30 May 2013 07:02:40 +0000 To: ad.ulam@hotmail.com

  133. kalo di bgr lokasinya di mana ya kasih tahu doung inceranya aku ada tugas orsevasi ke sd

  134. dbogor banyak sekolah alam bogor, sd citaringgul, dll

  135. terima kasih sharing nya temen temen di sini, bermanfaat banget, dengan membaca sharing semuanya sudah bisa membuat hati lebih adem….

  136. Salam Luar Biasa. dari mhs PLB UNS

  137. Mohon info sekolah playgroup inklusi disemarang.trims

  138. KLINIK TAMARA, merupakan Pusat Layanan Terpadu Pendidikan, Psikologi dan Terapi bagi Anak-Anak dengan Kebutuhan Khusus juga penyandang Autisme.
    Layanan kami adalah:

    A. Program Terapi Individu
    B. Program Kelas Inklusi fullday.
    C. Program Homeschooling.
    D. Program Asrama.
    E. Program Terapi Individu dalam Bahasa Inggris
    F. Program Terapi Pendampingan/Shadow Teacher.

    MENYEDIAKAN SHADOW TEACHER dengan biaya terjangkau

    Info detail bisa hubungi:

    KLINIK TAMARA
    Jl. Raya Pekayon 18, Bekasi
    Tlp. 021-82436497, 021-36416848, 081-310095123
    Web: www,kliniktamara.org
    email: info@kliniktamara.org

  139. Kalau di karawang ada di sekolah abk AMANDA perum karaba indah blok R karawang jabar

  140. Smp Bina Greha kota Bogor salah satu sekolah swasta yg sudah menjalankan program sekolah inklusi slama 6 th k blakang…di sekolah kami alhamdulilah siswa regular nya sdh paham betul dngn keberadaan siswa inklusi di tengah2 mereka..tdk ad kesenjangan atau ketakutan dalam bersosialisasi antar mereka.Kami menciptakan suasana belajar yg Rohamahu Bainahum..kasih sayang dalam sebuah keluarga.karna keterbatasan dari satu kelas dengan jumlah max 25 siswa regular kami hanya menerima 3 orang siswa inklusif.utk info slanjutnya hub pin 763F21FC.

  141. Mohon informasinya untuk yang tinggal di daerah Cikarang selatan – cikarang baru – lippo cikarang daftar sekolah SD yng menerima ABK , mohon kalau ada hubungi kami an. Rudiyanto di 0812-88250788 atau ke e-mail rudi.7089@gmail.com

    Terima kasih atas supportnya

  142. Mohon informasinya terkait Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu) setingkat TK dan SD di daerah Bekasi Jaya Kota Bekasi..kalo ada info mohon hubungi kami Supardi Tahir 081346276304
    Terima kasih

  143. Sekarang banyak ko sekolah buat abk, gabung aja di Rumah autis, dbwh yayasan cahaya fitrah pondok gede bekasi pusatnya

  144. mhn info smp swasta umum yg menerima abk penyandang autisme di daerah sidoarjo atau surabaya jawa timur tks.

  145. sedih dech mohon dong infox skolah buat abk di denpasar … makasih

  146. Hello, i think that i noticed you visited my site so i got here to go back the prefer?.I’m attempting to in finding issues to improve my web site!I
    suppose its adequate to make use of a few of your concepts!!

  147. Hallo,,, gimana ada sekolah SMA/SMK di Bekasi? susah cari ! -_-” klo saya masih sekolah SLB santi rama tapi jauh banget,sekolahnya di Jakarta …. rumah saya tinggal di bekasi

  148. info: alamat: SDLB AUTISMA YOGASMARA SEMARANG JL. Mahesa Barat no. 1b Semarang, Telp. 024-6721340 / HP: 0813-2537-3696 (Bpk. Endro)

  149. ada yg sekolah inklusi di bekasi, klo ad ! bilng sy aja lwt email : fatimahrahmah93@yahoo.com

  150. mhn info sek smp umum ato kristen untuk ABK di daerah sekitar cianjur ada g yaa? kontak via: aquarie.girl@gmail.com.. tks

  151. Anak saya umur 5 tahun saat ini sudah mengikuti terapi wicara di bekasi timur (kategori dislogia) dan bersekolah di TK (A) umum. pihak sekolah menyarankan untuk disediakan guru pendamping. Bisa di share kah untuk :
    1. yayasan atau perorangan yang menyediakan guru pendamping
    2. lokasi terapi (area kecamatan kramat jati)
    3. lokasi TK inklusi

    Sedih juga rasanya liat anak yang belum bisa mengikuti metode belajar di TK umum.

    Mohon dibantu ya via email meyta.irmiaty@yahoo.co.id…….. hatur tenkyu 🙂

  152. mohon berikan informasi sekolah inklusi sd, didaerah cikarang bekasi, terimakasih

  153. […] Susahnya mencari sekolah inklusi | yakinku […]

  154. info untuk smp negri atau swasta untuk anak yg slow learner di jakarta timur atau selatan
    untuk info kirim ke farahdina36@yahoo.com

  155. http://kprihatmono.blogspot.com/2014/05/kami-mendapat-kabar-gembira-tentang.html?m=1 Tidak Ada Yang Tidak Mungkin Bagi Allah Terhadap Bayi Kelainan DS
    Belum lama ini kami menerima berita gembira dari seorang ibu yang anaknya sekitar 6 tahun lalu memiliki kelainan Down Syndrome (DS) dan mempercayakan kepada istri penulis untuk terapi DS dengan cara zikir dan terapi cloning (terapi Kloning) yaitu dengan berzikir agar Allah mengkloning DNA dari orang tua sang bayi. Beliau mengabarkan bahwa kini anaknya telah bersekolah di sekolah umum. Alhamdulillah kami turut bahagia menerima berita ini, sehingga di semester 2 ini, anaknya telah akan naik ke kelas 2 SD. Mengapa sangat senang, karena tidak saja sang buah hati sudah tidak terlihat DS juga sang buah hati tidak bersekolah di sekolah berkebutuhan khusus, yang biasanya uang pangkal dan uang bulanannya sangat tinggi (sangat mahal).

    Cara Dilakukannya Terapi
    Terapi yang kami lalukan, dilakukan dengan niat dan cara-cara terapi yang baik dan benar menurut ajaran Islam, dan dilakukan dilihat oleh mahrom (ayah/ibunya) atau suaminya atau istrinya sehingga tidak ada fitnah, seperti terapi DS dan terapi buka aura (terapi buka aura dilakukan istri terutama hanya untuk wanita). Atau bila tidak ada keluarganya, jika terapi tersebut adalah terapi seperti kerezekian berlimpah yang beberapa orang, dilakukan secara beberapa orang sekaligus dan ada orang yang melihat dengan mata terbuka (tidak tertutup). Demikianlah cara terapi yang kami lakukan. Alhamdulillah istri sudah melakukan terapi penyakit medis dan non medis sekitar 10 tahun lamanya dan sudah 6 atau jalan 7 tahun khusus terapi cloning bagi anak DS (mulai sekitar 2006/2007). Tidak Ada Yang Tidak Mungkin Bagi Allah. Terapi saat usia 1 bulan maksimal 3 thn. Yang Kami Tangani
    -Terapi dan terapi down syndrome (DS) dan lain-lain bisa menghubungi nomor di bawah ini utk lebih detail.
    Semoga tulisan di atas bermanfaat. Drs.R. Kurniawan Prihatmono hp 081386837511 harap sms lebih dulu.

  156. http://kprihatmono.blogspot.com/2014/09/karunia-allah-pada-anak-perempuanku-1.html?m=1 Suatu siang di minggu ke -4 Mei 2014 ini handphone penulis berdering dengan nomor yang belum dikenal dan seorang wanita bicara setelah mengucapkan salam dan perkenalkan nama, wanita ini bertanya tentang tulisan penulis di internet *) tentang terapi zikir dan cloning untuk anak DS.

    Penulis: ”Insya Allah, bisa saya minta nomor HP dari anak Ibu yang DS disms saja ya Bu?”
    Lalu setelah sms penulis terima, penulis hubungi ibu itu secara langsung dan berceritalah sang ibu. Ibu ini bercerita dengan suara agak bergetar dan kawatir dan seperti ibu-ibu pada umumnya (kebanyakan) para ibu ini memang stres setelah dinyatakan DS oleh pihak rumah sakit (setelah melihat hasil tes 23 kromosom dan terlihat kromosom ke 21 bercabang 3 disebut juga trisomi 21). Dan juga anak bayi perempuan ini juga jantung bocor sekitar 0,6 mm. “Bagaimana Pak ?” tanyanya. Bahkan setelah kami datang ke rumahnya 2 hari kemudian, bercerita bahwa suaminyapun sampai 7 hari tidak bisa masuk kerja. MEI 2014 LAHIR BAYI DS

    Bila di sebuah keluarga setelah bayi yang dilahirkan dinyatakan oleh dokter /pihak rumah sakit bahwa bayi yang dilahirkannya menunjukkan gejala-gejala DS akan stress dan syok. Demikian pula dengan keluarga yang tinggal di daerah Cengkareng ini seorang ibu (27 tahun) telah melahirkan bayi dengan gejala DS.

    Jangan sampai ada keraguan walaupun Anda (ibu dan suami) bekerja dengan mengandalkan LOGIKA, maksud saya yang berpikiran logika lebih tinggi, seperti seorang yang bekerja di bidang teknik ataupun science. Jangan lupa Allah SWT Maha Kuasa, tidak adaapapun yang mustahil bagi-Nya untuk melakukan perubahan dengan kekuasaanNya dalam bentuk karunia “KEAJAIBAN” kepada anak Anda. Berikhtiar, do’a dan yakin sekuat-kuatnya kepada Allah SWT bahwa kelainanpun bisa diperbaiki. Aamiin. ….
    Silakan dibaca utk lebih detail. Drs.R.Kurniawan Prihatmono. 081386837511 harap sms lebih dahulu.

  157. http://kprihatmono.blogspot.com/2014/10/seorang-ibu-jakarta-barat-mukzizat-nya.html?m=1 Jika kita browsing di google.com hingga saat ini dengan mengetik “Adakah obat untuk kelainan down syndrome trisomi 21”, Maka mucul situs-situs yang menjelaskan tentang penelitian yang menjelaskan bahwa usia sang ibu makin tua makin banyak (makin tinggi persentase) melahirkan anak gejala ds (trisomi 21), dan situs tentang pencegahan agar tidak lahir anak ds, hingga segala macam yang harus diperiksakan bila anak sudah terlahir ds mulai dari pemeriksaan kromosom, hormon, jantung, mata, telinga dan lain-lain dan ternyata hingga saat ini yang ujung-ujungnya kebanyakan adalah terapi bagi anak.

    Hingga saat ini di luaran sana masih dilakukan penelitian (riset) mengenai kromosom manusia yang 23 pasang ciptaan Allah SWT yang berkaitan dengan ds ini. Artinya obat untuk mengobati kelainan kromosom 21 ini hingga saat ini masih masih tahap dalam penelitian. (Wallahu a’lam). Tetapi kita sebagai orang tua tentu tidak boleh berputus asa dengan kehadiran anak ds tersebut, pasti ada hkmah dibalik lahirnya anak ini dan masih banyak ikhtiar dengan cara terapi zikir dan cloning salah satunya. Silakan ketik di google.com: terapi ds zikir cloning. Suatu hari sekitar 10 Oktober 2014 yang baru lalu, ibu E yang berteman BB (blackberry) mengirim video berdurasi sekitar 1 menit kepada istri. Dan bertepatan dengan jadwal terapi ke pasien kami yang di Cengkareng http://kprihatmono.blogspot.com/2014/09/karunia-allah-pada-anak-perempuanku-1.html di Minggu 12 Oktober 2014 yang baru lalu, saat siang hari saat istri sedang menterapi anak bayi yang ditemani ibunya dan penulis di ruang tengah duduk sambil menunggu bersama ayahnya, penulis meminta (menginvite) agar ibu E menerima pertemanan BB dengan penulis. Alhamdulillah langsung diconfirm oleh ibu E. Lalu penulis teringat akan video anak ibu E yang ternyata sudah masuk playgrup Juli 2014. Alhamdulillah….silakan klik situs blogspot di atas utk lebih detail. Kami menerima terapi anak DS batita. Drs.R.Kurniawan Prihatmono. HP 081386837511. Harap sms lebih dulu.

  158. Butuh info universitas yang mau menerima tuna rungu, tp msh bisa berbicara
    Kalau ada yg tahu, mohon d informasikan k Nmr ini (085718393993)

  159. kalo universitas khusus tunarungu daerah Semarang ada yg tau ndak, mohon informasiny bagi yg tau.. terimakasih sbelumnya..

  160. […] Susahnya mencari sekolah inklusi | yakinku […]

  161. mohon info sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di kota medan

  162. Tolong kasih alamat buat anak berkebutuhan khusus dlm hal pelajaran( lambat belajar )

  163. Mohon info alamat sekolah berkebutuhan khusus wilayah sidoarjo,gresik dan surabaya untuk anak smp

  164. Bp/ibu, mohon bantuannya. Apakah ada yg memiliki informasi sekolah inklusi utk anak SMP di kota Medan? Sy sangat membutuhkan nya informasi itu utk putra sy. Terimakasih…

  165. Bp/ibu, silakan simak rangkuman informasi sekolah-sekolah khusus dan inklusiv untuk anak berkebutuhuan khusus di daerah Jakarta, Jawa dan luar Jawa http://blog.sukawu.com/daftar-sekolah-khusus-untuk-anak-berkebutuhan-khusus/ serta artikel-artikel mengenai autis dan artis terkenal yang sukses dan mempunyai kebutuhan khusus untuk inspirasi nya 🙂 http://blog.sukawu.com/tokoh-dan-artis-berkebutuhan-khusus-yang-sukses/

  166. Assalamu’alaikum Wr Wb… Saya nama R Agung Yudhanegara mohon info alamat sekolah Dasar inklusi seputar jakarta pusat dan timur… domisili saya di komp kramat Jayabaru I No 8 Johar Baru Jakarta pusat, sebelumnya di ucapkan terimakasih.

  167. Mohon info sekolah dasar reguler yg bisa menerima siswa hyperaktif untuk daerah cibubur – cileungsi (diutamakan sekolah yg mau nerima agama katolik / budha) trims

  168. Rekan2 para orangtua ABK, putri kami mengalami speech delay dan sampai usia hmpr 5 thn blm bisa bicara dan perilaku pun tidak bisa diam. Setelah bbrp kali terapi dan browsing sana sini, ada seorang rekan mereferensikan CAHAYA HOMESCHOOLING di jalan Masjid Al Huda No. 60 Kemiri Muka Beji Depok. Dengan penanganan serta program sekolag secara individual bersama terapis2 dan guru2 yg sabar serta tekun disana, syukurlah kurang dari setahun putri kami sdh mulai berkata-kata dan perkembangan perilakunya juga membaik dlm arti bisa lebih konsentrasi. Biayanya pun terjangkau juga bisa dicicil. Kl gal salah ada konsultasi gratis dan jg kegiatan fieldtrip. Semoga info ini membantu orangtua yg mengalami masalah anak seperti saya

  169. Anak saya yang slow learning sekarang duduk di bangku kelas XII sebuah SMK swasta di Bekasi, Mhn bantuan rekan-rekan yang tahu perguruan tinggi yang bisa menerima anak2 berkebutuhan khusus seperti anak saya.

    Comment by Dian -8 Agustus 2018


Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.