Pengalaman buruk beli HP Mini 210 1014 di EL’S Computer Solo

31 Maret 2010 pukul 10:39 | Ditulis dalam curhat, komputer-hp-gadget | 90 Komentar

Aku ini punya banyak teman. Dan banyak dari mereka suka pasrah bongkokan sama aku kalau urusan sama komputer atau home appliance lainnya, entah nyari (beli maksudnya), servis atau sekedar nanya thok.

Nah, suatu kali ada temen yang minta dibelikan netbook ke aku. Trus aku beliin HP Mini 210 1014 di EL’S Computer Solo. Dan ini sudah netbook yang kelima yang aku beli. Merk sama tipe juga sama. Aku pun gak ngambil keuntungan dari selisih harga beli dan jual, toh aku juga cuma mau nolong buat beliin barang. Harga aku kasih seperti net dari toko. Aku lagi gak bakulan kok.

Eh dasar lagi apes, pas yang kelima ini kok ya dapet barang bermasalah. Dan juga sialnya lagi, ini barang buat teman yang istimewa bagiku. Dia sudah sebegitu percaya dirinya minta tolong, eh jadi begini.

Begini kronologisnya:

5 Maret 2010      : aku beli HP Mini 210 1014 di EL’S Computer Solo

6 Maret 2010      : aku install jendela tujuh, semua driver terinstall normal. Aku tidak sempat ngecek kinerja semua hardware.

7 Maret 2010      : aku serahin netbook ke temanku.

8 Maret 2010      : aku ditelpon temanku bahwa wifinya ngadat. Gakmau buat internetan. Barang aku ambil dari temanku dan langsung meluncur ke EL’S Computer Solo. Aku bilang wifinya macet. Trus sama teknisi EL’S (namanya tak perlu kusebut) dicoba install XP, gak yakin kalau instalanku OK kali. Dan ternyata pakai XP wifinya normal. Trus teknisinya bilang ke aku kalau netbook sudah OK, artinya wifi bisa jalan. Artinya lagi, instalanku yang gak OK. Aku terima barang dan aku pulang. Di rumah aku install lagi jendela tujuh. Wifi macet lagi. Aku telepon ke EL’S. Disarankan agar aku bawa lagi ke sana.

9 Maret 2010      : aku ke EL’S lagi. Netbook diterima teknisinya. Trus aku minta diinstalkan jendela tujuh. Trus diinstal jendela tujuh starter. Nah…wifi ngadat. Artinya bukan instalanku yang gak OK, tapi memang dasar wifinya gak normal. Trus sama teknisi dibrodol netbooknya, ditukar tuh perangkat wifinya. Tetep nihil. Gak ada hasil. Akhirnya aku dikasih surat tanda terima yang menandakan netbook mesti dirawat. Katanya mau dikirim ke service center HP ke Yogya. Aku minta replace tapi gak dikasih padahal aku beli tanggal 5 dan tanggal 8 sudah ada komplain. Baru 3 hari sodara….

Menunggu 3 hari tak ada berita.

12 Maret 2010   : aku telpon EL’S. Katanya menunggu seminggu sejak pengiriman ke service enter baru ada kabar. Artinya itu tanggal Selasa tanggal 16 Maret. Katanya mereka akan ngabari aku. Aku dimintai nomer telepon. Padahal di kartu garansi sudah ada nomerku. Ada lima malah kartu garansi atas namaku.

16 Maret 2010   : tak ada kabar dari EL’S. Sore aku telpon sendiri. Dijawab belum ada kabar dari service center HP. Aku minta di replace saja. EL’S bilang stok barang kosong jadi tak ada replace. Padahal siangnya di pameran komputer berjudul HIK di Diamond Solo, aku lihat di stan EL’S ada barang itu.

23 Maret 2010   : aku datang ke EL’S. Aku tanya lagi dan jawaban masih tetap sama. Belum ada kabar dari service center HP di Yogya. Aku sempat bilang, apa memang HP demikian miskinnya sehingga buat ganti sebiji netbook saja tidak mampu. Ataukah memang EL’S yang gak sanggup menggantinya? No respon…..!!!

24 Maret 2010   : aku ke EL’S lagi. Aku ambil Notebook ACER 4732Z dan upgrade memori jadi 2GB. Kurang apa coba. Sudah nanggung masalah masih juga aku belanja ke sana. Eh….tetap saja gak ada perhatian dengan kasus yang menimpa diriku.

29 Maret 2010   : aku SMS dua kali, jam 16.31 dan kemudian 16.33 ke nomer HP salah seorang pegawai EL’S (nama tak usah kusebut). No respon.

29 Maret 2010   : jam 16.51 aku dapet SMS promo dari EL’S. Aku balas sms dengan pertanyaan tentang netbook yang bermasalah itu. No respon…

29 Maret 2010   : jam 17.41 aku SMS ke pegawai EL’S. No respon…

30 Maret 2010   : jam 16.35 aku SMS lagi. Jam 16.39 datang jawaban bahwa HP sudah jadi, tapi masih berada di Yogya. Menunggu dikirim.

30 Maret 2010   : aku buka situs EL’S dan ngirim komplain.

31 Maret 2010   : jam 10.36 aku buka situs EL’S dan ngeliat komplainku. Malah tak dimuat. Di moderasi juga…!!! Makanya aku nulis di blog ini. Jangan-jangan yang dimuat cuma tulisan kepuasan para konsumen. Yang komplain mah…dihapus saja.

Bukan apa-apa, cuma ternyata hak konsumen belum dipenuhi sepenuhnya oleh para penjual. Dan ternyata itu juga sudah banyak terjadi di negeri kita ini. Apakah masih akan bertambah jumlahnya seiring dengan bertambahnya usia negeri kita ini?

Aku juga gak tahu pasti, masalah ini muncul karena ketidakberesan di managemen EL’S apa di pihak HP-nya. Kali aja ada penjelasan soal ini. Karena aku masih cukup sabar dan cuma berharap bahwa hakku sebagai konsumen segera dipenuhi (karena uang yang kuserahkan sebagai pembayaran juga tak dikembalikan padahal barang yang dibeli tak sesuai dengan kesepakatan jual beli) atau Allah akan menurunkan balasan yang setimpal atas orang-orang yang menyebabkan munculnya masalah ini. Toh, niatku cuma menolong teman.

90 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. coba mas kirim keluhannya langsung ke media massa besar seperti kompas, biasanya lansung di tanggepin..

  2. Wifi memang sering bermasalah. Toshiba saya juga ngadat waktu di kasih vista, maunya XP, saya belum coba yang tujuh………..

  3. aq tahu netbook sapa itu om…

  4. lha wong kamu anaknya kung…kung…. gimana rebutan laptopnya? menang capa?

  5. Langsung ja cek ke HP centernya mas, takutnya cuman permainan ELs doang…

  6. waduh, padahal aq pengen ngambil HP. jadi ragu nih

  7. pak…la niki mobo dfi dah berpulang tp sama ja sprti sdia kala =((


    ben ae Mas Putut…..saya kapok pake DFI, njeblug 5 kok barenngggg, gek garansi habis baru itungan hari. jan tenan yo….
    kabar baek kan? lama tak kliatan….

  8. wah, ternyata el’s yang sebesar itu belum mampu menangani konsumenpotensial yo. jadi ragu nih mo ke sana

  9. mungkin yang masalah wifi ngadat itu karena driver nya.

  10. Kasus mas persis denganku..waktu itu beli ELNOVO Y430 di ELS,,beberapa hari kemudian hardist rusak..dan nunggu sebulanan,,

    minta ganti??? boro2…pokoke kalo mau complian. dicuekin..kalo mau beli..ramah mode on!

    he3..dasar

  11. emang el’s susah ngasih replace,,,dulu aq jg prnah ngalami kyak gitu,,,
    compaq cq-40 blm ada 1 bln motherboard mati,tp jg cm msk service center,,, 1 bln br jadi

  12. els yang katanya bagus ternyata isapan jempol belaka…. aq ja kemarin Minggu mau servis ja, pegawainya ja jawabnya kayak jawab paan ja…. malah dicuekin kok… begitu da orang yg mau beli(padahal sekedar nanya aja) malah dijawab sopan…. di muka baik ternyata gak sampai selesai…

    els els… gak di Solo, di Jogja juga sama aja….

  13. Saudara – saudara …. yang namanya penjual itu ya harus ramah dong…. beda ama tukang service…
    kalo tukang service itu …. gimana ya…? enggak usah diomongin aja kali ya…. soalnya aku ini juga tukang serpis tingkat Junior….
    he…he…he


    liat tuh tukang servisnya mecucu

  14. iyah neh…..kl di els…susah banget komplinnya Gan…….lah gimana…padahal baru beli kemarin….ehhhhh…..rusak mau di minta replace…jebule kagak mau gan….minta replace….adanya..bakmi pepes…..eh eh eh eh eh….begitu buruknya…ELS..cuman mau jual..purna jual ga di layanin yg bagus…..

  15. HP Mini ‘pinjaman’ kantor ku belum ada 1 thn umurnya (msh beberapa bulan) sudah mengalamai hard disk rusak, padahal pengunaan wajar dan tidak pernah jatuh. Karena yang beli adalah kantor (di Computa, Jogja), kubawa deh langsung ke Computa. Oleh mereka diterima barangnya, dan berhubung saat itu adalah masa2 menjelang lebaran, mereka bilang akan agak lama ngganti hard disk dari service center HP nya. Ga masalah bagiku, asalkan saya jangan sampai harus bayar apa2. Akhirnya barang kembali dengan selamat dengan HD baru (tapi kosong tanpa instalasi Windows). Oya ttg wifi ngadat, Linux Ubuntu versi 9.04 yang netbook remix bermasalah ndetect wifi nya…. :((

  16. els cen …………. barange bosok … leptopku cuma selang seminggu dari masa garansi hardisknya rusak badsector ga bisa dibenerin….

  17. untung aku gag jadi beli di EL’s solo,, padahal dia tetanggaan ma aku,,,hehehehe ^,^

  18. yah… moga2 bisa jadi pembelajaran bwat el’s…. untuk menjaga kepercayaan konsumen pelayanan purna jual harus juga di perhatikan……


    ini yang masih jarang diperhatikan oleh bakul-bakul di indonesia

  19. Kok hampir sama keluhannya, saya beli 10 bulan yang lalu, wifi saya tidak bisa merespon hotspot frekuensi b sedangkan hardware nya terbaca b/g, saya cekkan ke EL’S , jawabnya tidak bisa coba karena di kantornya frekuensi b tidak ada, saya nunggu info, udah sampai sekarang tidak ada tanggapan, untung aja di kantor saya , hotspot yang type b, saya minta tolong untuk ganti type g mau. bagai mana kalo tidak? ya saya gigit jari tidak bisa menggunakan hotspot. Buat El’s., tolong update terus kemampuan untuk menaggapi keluhan pelanggan! bagi rekan2 yang punya solusi untuk keluhan saya bisa kirim balasan. laptop saya HP Compag 515, saya pake OS Windows Seven, Bagaimana biar bisa dikoneksikan di Wlan type B

  20. Wah baru sekarang aku menemukan teman sepengorbanan.aku beli mini HP dg seri yang sama 210-1014.sampai rumah ku instal window7,webcamenya jadi hitam putih,langsung ku bawa ke els minta replace nggak di ganti dan akhirnya masuk sbg garansi dan katanya dibawa ke jogya,yg katanya cuma seminggu akhirnya jadi sebulan.stlh dikasih tau barang jadi lgs aku ambil dan dicoba udah normal(nyoba dlm ruang servis)stl keluar dicoba lagi kok jadi hitam putih lagi,mau diminta servis garansi katanya cuma sehari akhirnya seminggu nggak jadi,dg sangat menyesal aku minta barang itu(takut kelamaan)aku kembali instal tapi W XP.masih juga hitamputih.akhirnya ku utakutik sendiri muncul deh tu warna……EL’s please dong justru yg penting tu purna jualmu,mana pegawenya sukanya kroyokan lagi kalo melayani komplain tidak semanis waktu mau beli…

  21. Sekedar sharing aja, saya jg punya 210-1014. Pertama beli ma toko udh diinstalin Windows XP (bajakan). Trs upgrade sendiri ke Win7 Ultimate (bajakan jg he he), dan udh 6 bln berlalu lancar2 aja. Mlh pake Win7, kuat nangkep sinyal wifi.

    Sebelm upgrade, saya donlot semua update driver 210-1014 di hp.com, trs bgt Win7 kepasang, instal semua driver (webcam, wifi, dll). Hasilnya maknyuss (capek jg sih donlot instal semua abis koneksi internet lemot he he)

    Untuk wifi, hp.com mlh nyediain kl gk salah (udh lupa) ampe 5 driver. Pertama pake driver Qualcom, ok jg. Trs pas cek hardware wifi, ternyata buatan Broadcom, instal driver Broadcom, ok jg. Gk ada masalh.

    Webcam jg gt, drivernya Arcsoft Web Companion 3. Mlh beberapa hr lalu ad update-an lg dr WebCom3, donlot, instal, maknyus.

    Trs ad temn saya jg beli 210 2014, udh diinstal Win7 dr toko, problemnya sama, wifinya ngadat. tombol wifi nyala tp warna merah (kl normal kan warna putih), saya saranin update driver, cm blm tau hslnya gimn.

    Mudh2an bs bermanfaat, trims

  22. Sabar mas,,,

  23. wah nklo ngeyel kandakke komnas ham saja mas ,kesuen macam beginian yg bikin indonesia mundur kagak maju-maju

  24. els solo,jogja,purwokerto…sama barangnya rongsok semua…nggak usah beli disitu lagi..mending nyari di tempat lain.

  25. aku juga punya pengalaman buruk ama el’s yogyakarta
    biasalah, semakin rame semakin seenaknya memperlakukan consumen
    aku sampe ribut langsung ama boss nya, setelah berhari2 baru deh uangku dikembalikan

  26. weleh…weleh, pdhal sesok aku arep rono nang el’s…jebule???!!!…

    paribasan tebu, lg mangan enak legi… banyune entek paittttt… mas.


    iki mung pengalamanku Mas Sam…ora ngerti tumrap liyane

  27. sekarang elektronik sdh luarbiasa berkembang pesat. baru saja minggu kemarin beli hp merek baru, saya jual harganya turun drastis

  28. salam damai…
    aq juga dh beli netbuk HP 210-1000 di el’s computer solo.
    harga 3.4jt gak dpt bonus apapun..
    aq bli januari 2010,,bawaan win XP,lalu aq hanti Win7 Ultimate..
    driver jalan semua,wifi lancar baterai 6cell bertahan smp 6jam bwt hospotan..
    windows tiap 3 hari sekali aq update trz,,
    smp sekarang 01 november 2010 alhamdulillah,blm ada troubel daya baterai menurun jd 5.30 jam bwt hotspotan..
    setauku Hp paling bagus gan,,dari pada Axio (selalu trobel sama baterai) dan Acer (keyboard/matot),,
    salam damai

  29. Mang tuh, dari dulu, dari jaman jebot waktu el’s jogja mulai di mayor suryotomo, pelayanan garansi nya PAYAH. MB baru seminggu , mati aja , ga mau diganti.
    memory visipro yang harusnya lifetime, ga mau ganti langsung, musti tunggu dari Terra
    PAYAH. Makane makin sugih pemiliknya. cuman bisa jualin barang , ga mau garansi.
    Rumah orang2 di belakang kantor pusat El’s yogya saat ini, pada di beli murah2. pemilik lamanya pada di goblokin tuh.
    Dasar Nggragas.

  30. yah….. HP…. memang kelas bwahan.. kalau mo bagus toshiba tuh jos…

  31. Klo nyalahin merk, ya salah kita juga yg beli🙂 tp mestinya bisa diobati dengan respon yang baik dan cepat dari toko tempat kita Beli (Els’).

    Klo saya sih pengalaman buruk dengan servis di Computa Jogja, toshiba saya (yg ktnya mmg cacat utk seri L200-xxxx) rusak krn screen LCD garis-2 eh begitu diambil(mmg sudah tdk garis, bayar 200rb) tidak bisa charging batery, akhirnya ditinggal lg si charger. 1 minggu kmdn dicek dgn laptop yg lain ktnya sdh bisa. sy bayar biaya service 100rb, yg sy heran klo si charger sdh diperbaiki/dibuka pastikan ada lecetnya tuh, kok masih mulus2 aja.
    ini sama persis dgn kasus teman sy, ketika perbaiki sinyal wifi yang lemah, eh begitu diambil DVDnya jadi mati. diClaim g bs krn kerusakan beda. trus kena biaya lg :p

    Kesimpulan:
    1. Jangan heran jika service di Computa, kerusakan A sdh bisa diperbaiki. Begitu diambil dan dibayar, ada kerusakan B.
    2. Gede-gede tuh gaji karyawan Computa, terutama bagian service. banyak Bonusnya. :))

  32. SAYA JUGA PAKAI NOTEBOO HP MINI BARU 1BULAN UDAH WINDOWSNYA KENA DAN NDAK BISA DI INSTAL SAMPAI SEKARANG.MUMET…………..PRODUK HP MINI MUNGKIN JELEK BANGET.TAPI KOK DIJUAL DIPASARAN.ANEH………..

  33. wah , padahal sesuk daku arep nggolekke kancaku rono, sido ra yo….

  34. yah kalo gini aq batal mo beli netbook di els…
    takute dpt barang rusak..
    mending beli dtmpat laen ja ach…

  35. bagi rekan rekan yang merasa dirugikan, saya juga konsumen laptop dan sekaligus pelanggan eLs solo mencoba memberikan komentar tentang kekecewaan konsumen yg lain.
    saya juga pernah membeli laptop di ELS solo. 3x saya membeli laptop (DELL, compaq, dan HP mini ) tidak mengalami masalah, semua barang bagus semua. punya saya hp mini 110-3014 beli di eLs tidak ada masalah. dan yang 2 lainya juga ngga ada masalah sampai sekarang.
    teman saya ada yg punya netbook HP Mini 210 1014 yang belinya bukan di eLs tp di bandung juga wiFi nya bermasalah alias tidak bisa dipake walaupun sudah disetting sedemikian rupa tapi tetap tidak bisa. jadi kesimpulannya adalah HP Mini 210 1014 wifinya memang tidak bisa dipakai alias sudah error dari pabrik.
    jadi untuk pelanggan laptop yg lain mungkin kecewa karena barang yg dibeli bermasalah jangan semata-mata menyalahkan pihak seller, dicari dulu masalahnya datang dari pihak mana, produsen, distributor, atau konsumen yang salah, jangan main hakim sendiri karena BISA MERUGIKAN ORANG LAIN MENCARI NAFKAH.

    sekali lg buat om admin, HP Mini 210 1014 ITU WIRELESNYA MEMANG TIDAK BISA DIPAKI, SAYA BICARA BEGITU KARENA TEMAN SAYA JUGA PUNYA HP Mini 210 1014.

    sekian semoga menjadi pertimbangan buyer yang lain, saya tidak membela eLs ataupun membela diri saya atu membela yang lain, tapi itu fakta.
    kalau memang tidak mau lagi membeli barang di suatu toko karena pernah kecewa ya SOLUSINYA BESOK KALU BELI PINDAH TOKO AJA.
    GITU AJA KOK REPOT…..(KATA GUS PUR,,,)

    TERIMA KASIH

  36. sy juga pengguna baru hp mini 210-1000 (210 series) baru sekityar 3 minggu yg lalyu beliy daryi salah satu toko komputer ternama di madiun, plastik cover depan sj belum sempat dilepas, maklum tukune ngoyo, biar awet. kondisi sekarang, batrei drop, error y (pada kyeyyyyyyyyyyyyyyyyyyyboard) selebihnyyyya baik2 saja. garansi: kayaknya omong kosong sj (toko ndak mau rugilah),n intinya sy kena musibah.

    saran sy sbg awam, beli netbook yg garansi resmi n punya office resmi di indonesia, sebelum membeli cari info cara perawatan netbook yyg benar sekaligus review2 dari pengguna dan tester di forum2, biasanya harga miring-kwalitas n layanan dibanting, ya minimal sudah berusaha.

    salam.

  37. sama bro…ak juga.ak baru beli acer di els baru sehari aku balikin masalah speker yang kecil banget suaranya eh minta replace langsung ga bisa..sumpah ak ga bakal balik ke els solo lage…nyesel aku..murah sih murah tapi emang murahan pelayanannya..ak harapa pikir2 lage lah kalo mau beli laptop..jangn tertipu harga

  38. aku instal jendela 7 di laptopku juga masalah kok… tapi setelah tak ganti XP lagi normal lagi

  39. Biasa mas ditoko mana saja rata rata sama, palagi toko yang nawarin barang murah dan menjanjikan kualitas, mesti begitu jadinya.
    pengalaman jadi pelajaran larang sithik tapi jaminan memuaskan.
    cari toko yg selalu kasih kepuasan pada pelanggan.

  40. Kalo menurut saya sih itu bukan masalah pada el’s deh bos..
    1. untuk pembelian net/notebook setahuku emang ga ada replace
    2. kan wifi ngadad cuma di 7, mungkin emang ga support ma 7
    3. el’s kan uda membantu proses masalahnya
    3. harusnya maklum lah el’s tidak respon, kaena kan costumernya ga cuma masnya..
    4. saya juga berkecimpung di dunia semacam els, ya saya kurang begitu suka dengan pelanggan yang ngeyel dan ga sabaran

  41. oh iya, sekilas pertanyaan deh.. semenjak hp bermigrase dengan compaq, kok kualitasnya jadi ancur.. apa benar?? apa cuma saya saja yang mengalamu

  42. sama om, gue juga pernah beliin laptop temen compaq AMD eehhh belum sebulan (10 hari)LCD mati, trus dikomplain katanya dikirim ke service centre dah sebulan kaga selesai payah deh…..
    Saudara-saudara jangan beli lagi deh di El’s
    Barange BOSOK RONGSOKAN, SERVICE ELEK TUR SUWE

  43. aku wes kapok mas jare potongannya banyak malah gak enek…… itu permainan bosnya..

  44. trus aku kudu tuku laptop nang ndi??? kasih referensi dong aku tunggu di octa_ss@yahoo.com

  45. Karepmu…

  46. belanja kok HP, notebook nya aja bermasalah di DVD ROOM nya.
    pasti umur DVD nya ga lebih dari 8bulan

    aku belanja di els, tapi ga bakal pernah ambil merek ACER DAN HP

  47. Waduh ini pernyataan sepihak.Saya harap El’s hrs segera menanggapi masalah ini.Posting Maret 2010 berlanjut smpe Juli 2011.Bisnis usaha macam apapun psti akan mnerima komplain dari konsumen dan memang harus!!Karena komplain membuat kinerja kita smakin baik.Saya juga berkecimpung di dunia komputer dan memang susah memuaskan org banyak.Dari sisi penjual dan pembeli mempunyai kepentingan masing2.Komplain macam apapun kalau kita menanggapinya dengan baik insyAllah akan berjalan baik.Tidak ada yg dikecewakan,tidak ada yg dirugikan.Banyak toko mengalami hal serupa,tapi karena tanggapan dan respon yg baik konsumen jadi ayem.Memang untuk laptop tdk ada garansi replace,yg ada grnsi sparepart dan servis.Konsumen hrs jeli bertanya sblum membeli soal garansi dan klausul dan rata2 memang prosesnya brkisar 1blnan.

  48. LANGSUNG D BW K SERVIS CENTER HP D JAMIN MEMUASKAN AK DA 3X LANGSUNG KSNA. saya dl jg blinya d els, tp dijogja. tk pikir dr dp di els lm lngsung k servis center HP sja. ternyata OK!punyaku gnti LCD 3 hr klr+gratis.(lcdQ sebenere cuma ngelek putih dikit)berhubung br 10bln ya tak garansiin. (terima kasih HP).

  49. Berbagi pengalaman saja. saya sering sekali beli perangkat kom/lepy (notebook,netbook) menurutku seh berhubung barang elektro kadang dapat bagus kadang tidak, tetapi alhamdulilah selalu dapat saya garansikan dengan pelayanan yang baik,tp g’th klo garansiin di els, masalahnya belum pernah,cuma beli sja.untuk klaim masalah ASC garansi jg ok. SHC garansi sip.

  50. senasib brow. . .aku ampek nantang kelahi ma kpla mekanik’e n manajernya, dah emosi tinggi.
    msak beli pakai shari hbis itu masuk gransi ampe 4x jngka wktu 1,5blan. mnta ganti alsannya gak bisa (brang yg sdah dbeli gak bsa dtkar kmbli).

  51. MAS2E DAN MBAK2E, AKU PRNH BELI HP MINI SAMA NOBELCOMPUTER SOLO DI AWAL 2011. BLM 3 BLN HARD DISK RUSAK, TRUS DIASARANKAN DIBAWA DISERVIS CENTER. (NAMANE LALI AKU, POKOKE DI UTARA PRAPATAN GEMBLEGAN SOLO, KULON DALAN, KR2 100M). GAK BNYK CERITA LANGSUNG GANTI HARD DISK, GRATIS, GAK SAMPE SEMINGGU. OPO NASIBKU SING MUJUR YO?
    JADI COBA GAK USAH KE TOKO, LGSUNG KE SERVIS CENTERNYA AJA.

  52. pas install vista ato windows 7 kan biasanya dikasi tau driver apa aja yg ga bisa jalan dikedua OS itu, biasanya sih realtek. mungkin aja tinggal cari driver yang pas di situs resmi.klo ga ada ya install uniblue driverscaner bru download optional driver yg disarankan.
    pake asus malah lebih rumit tu klo drivernya ga kompatibel krn situsnya sering ga sediain driver. ak lebih milih xp daripada windows 7, lebih kompatibel ma netbook. klo mau yg xp 64bit jg ada tuh.
    mungkin salahnya teknisi el’s maen oprek aja.

  53. intinya jelilah dalam membeli barang, cari informasi dan review lngkp ttg barang yg kita cari ditoko, liat kelebihan dan kekurangan, siapkan sgla solusi bila terjadi kerusakan barang yg tidak sengaja /cacat pabrik (prosedur klaim, garansi dll), ketahui tempat2 servis laptop terbaik di kota kita. dan yg terakhir.. kita harus tahu lengkap laptop dan cara memperbaikinya bla terjadi kerusakan ringan..

    Teliti, Siap, dan Handal.

  54. Sama persis yg dialami mas bro.
    gue oktober mbelikan HP mini di els untuk teman baik saya, tp bru 3 hari LCDnya pecah. Padahal dipack dengan baik untuk jalan solo-blora tanpa barang tambahan apapun di dalam tas. (Agan pasti tau kan kalo HP mini dpt softcase)
    secara gag nalar gtu hal kek gini bisa kejadian.
    Kembali ke solo kita komplain ke els, seandainya bisa di replace karena memang tidak ada kesalahan penggunaan dan penyimpanan. tetep aja gag da respon.
    Batin gue anjrit nih toko.!!!
    mw ikut2an jual barang refurbis ato gmn??

    Finalnya, saya tidak merekomendasikan Els sebagai tempat pilihan membeli netbook.

    Rofi-UMS

  55. sy juga mengalami hal yg hampir sama. intinya dapet barang bad copy. barang baru 1 mg sudah eror di bagian LCD. trus say bawa ke tokonya untuk minta ganti yg baru tp tetap di persulit. akhirnya sudah masuk servis center hampir 1 bulan. karena ga ada kabar yg jelas. akhirnya sy komplen lgi ke hp center + tokonya dengan berbekal UU perlindunfan konsumen, singkat cerita dapet unit baru. Alhamdullilah yaa. tp setelah 4 bulan pemakaian kok da bunyi kasar di hardisknya. apakah itu normal?

  56. mantapp..bisa jadi pertimbangan beli lepi

  57. untung g penah beli laptop dsna😛
    ane jg sering dimintain tolong beliin laptop (maklum jurusan ilkom, jadi dikiranya pinter komputer, wkwkwk), uda 6 kali beli laptop kalo g salah ngitung o.Oa
    biasanya c ane coba semuanya ditempatnya sebelum pergi, dan 2bulan lalu belu netbook asus, ternyata nyampe rumah g mau idup, sorenya aq balikin dan ternyata mau idup ditokonya, teknisinya bilang, kalo g bisa lagi besok kesini skalian bawa kardusnya. besoknya aq kesana tanpa telpon dan ternyata sudah disiapin barangnya+software2nya😀
    tokonya didepan sd cemara2 lupa namanya, wkwkwkwk

  58. Ya memang el’s hanya jual saja pak, pelayanan purna jual baik service/ garansi nganyelke. Saya menggaranskan hardisk wdc 250Gb aja masuk tanggal 17 april 2012, sekarang tanggal 5 juni 2012 belum jadi. janjinya 1 bulan tapi sekarang sudah berapa bulan? katanya mau ditukerin 320Gb tapi suruh nambah 100rb. padahal tanggal 18 april 2012 saya menggaransikan hardisk wdc 250Gb ke KJ Komputer selang dua minggu ditukerin 400Gb, tanpa menambah uang sepeserpen. padahal KJ Komputer cuma toko komputer kecil tidak sebesar EL’S. meskipun toko kecil punya tanggungjawab yang besar demi kepuasan pelanggan.

  59. SEMUA TOKO ITU SAMA AJA BROW…PERCUMA NGELUH BIKIN DOSA

  60. Coba beli produk lokal Axioo……Istri gw beli netbook axioo yg paling murah ga nyampai 2 jt di pameran, belum sebulan keyboardnya error kalo lama dipake diatas 4 jam huruf r-nya ga jalan. Trus dibawa ke servis resmi di p4an ring-road Concat. Sama teknisinya minta dtinggal 2 hari untuk dicek. Mereka bilang stelah dicek dipake lama tidak menunjukan kerusakan keyboardnya, tapi mereka dengan suka rela mengganti keyboard utk menghindari kejadian muncul lagi dan diminta menunggu 3 hari krn spare harus dikirim dari jakarta dan yg lebih penting gratis bebas biaya servis dan spare part.
    Pengalaman adik saya beli Harddisk di els baru dipake seminggu rusak terus ke els tapi jgn bilang rusak tapi bilang apa ada HD yang sama setelah mereka bilang ada trus bilang kalo HDnya rusak dan mereka dgn muka manyung terpaksa mengganti dgn baru. Nah, kalo bilang rusak duluan mereka pasti bilang ga ada stok. Itu trik pedagang mengelabui konsumen yg kena sial…..
    Kesimpulannya….toko cuma jualan, kalo ada kerusakan bawa ke service resmi pake garansi dan cari merk komputer yang garansinya oke buka modal nama besar aja. Kalo bisa beli laptop yg OSnya bawaan original shg kalo komplain dah jelas masalahnya. Cari toko yg pelayanan servise baik kalo bisa pake sedikit trik biar mereka ga bisa mengelak.

  61. WAHHH…..rame tenan obrolan iki ra leren-leren….

  62. hahahahahahahaaaa….bru tahu ya

  63. gw bli produk di el’s apapun itu dr mouse, hdd ext, laptop, fd, printer, sampe sekarang ga ada masalah.. awokwokwkoa.. klo gw pribadi mah belanja nya ke sana terus dari dl mpe skrng.. mlh mw bli hdd ext part 2.. kurang soal nya..

  64. kapoookkkkk q sama HP,,, sudah sebulan ini di service gag kelar2,,
    alasannya jg ini itu,,janji2, besok2…kalah tu dajjal kalo m HP dalam urusan nipu,,,padahal cm ganti dc connector,,ampuunnn dah q,,pelayanannya busuuukkk…

  65. comment gw akan jadi yg paling berbeda ini..wkwkwk..
    gw mah pelanggan setia di els..dr dulu mpe skrng bli apapun ga pernah ada mslh (laptop,modem,mouse,fd,printer,dll)..gw bli laptop disitu berkali – kali sampai sekarang ga pernah ad yang error itu..smua merk udah gw bli kcli 1 merk krn merk itu gw paling anti (****o)..bli FD jg sampe skrng ga ada mslh apa2..bs saja itu sial nya yg beli bli baru trus rusak..dan yg pasti meskipun bli baru,jgn lgsg percaya barang pasti bagus krn masih segel..belum tentu barang bagus,.ttp harus dicek kesehatannya,,bs saja itu emang cacad pabrik..bagi saya el’s still the best..

    nb : paling ni comment bakal dihapus ma yg punya situs..dl gw pernah comment disini jg yg baik2..skrng udah ga ada..wkwkwk..ga bs

  66. el’s janCOK tenan kok.
    gathel kabeh wonge !
    sik due rupane koyo ta*
    opo meneh pegawene songol songol,gathel.
    ash TE ……….

  67. gw dilayanin jg baik sm pegawai nya..muka u yg nyolot x mk nya pegawai nya bgt smua sm u..awkakaka..

  68. gagas els <tempat tepat membeli rongsokan notebook dan laptop…..sloganne ganti kui aee nyukk

  69. kepanjangan els :Edan Lemottt Sarappp……sing nduwe + pegawaine koyo babiii kabehh>….mudah2an cepet bangkrutttooooo………

  70. ane juga gan !!!! BELI DI ELS , KATANYA ASUS CENTER, BELUM 2 HARI SAMPE RUMAH INSTALL WINDOWS ,SPEAKER UDA MATI, BARANG BARU KATANYA ASUS CENTER WAKTU CLAIM DI ELS SURUH SERVIS!! APA INI? BELI BARU BELUM DI PAKE BISA LANGSUNG SERVIS?? MANA JANJINYA REPLACE UNIT !!!!!!

  71. Ayo Voting/Jajak pendapat, sing setuju el’s solo ditutup sopo wae…
    Testimoni isine ngalem2 el’s thok sing dimuat, sing komplain/ora puas dibuang…
    Aku we lagi tuku core i3 3220 modar 3 dino tak komplain ke ra iso retur, jare masa replace 1 hari, pas takon el’s jogja, replace 1 bulan… wes… pengen tak karungi teknisine…

  72. bubarke wae rak wes , untung aku rak sido tuku neng kono ke , amit amit.. mending rasah rono..

  73. saya juga ada kenangan buruk di E’ls.
    beda dng RISC komputer di jl. perintis kemerdekaan. beli printer ibm baru 2 hari pakai eror. komplain trus diganti yg baru.

  74. ya berarti toko tersebut bukan partner resmi HP gan..
    setau ane yg partner resmi-nya banyak itu griya komputama (dan anak” toko-nya, soalnya dia punya banyak toko :v ), pernah komplain kesana langsung replace baru, g pake neko”..
    toko komp. di depan cemara dua jg kaya gitu. Ane telpon, bilang kalo laptopnya mati total (baru 3 hari), trus disuru bawa kesana, nyampe sana uda disiapin replace, kalo mau replace tinggal bawa aj (uda lengkap sama win+driver+office+dll), kalo ma service rada lama katanya
    ane bukannya promosi, ane cuma s.ilkom yg sering dipercayain buat beli laptop+ build pc dan lain sebagainya, tanya temen lain yg pernah ke toko yg ane sebutin aj kalo mau bukti lebih lanjut😛
    masukin koran aj gan, biar buruan tobat tu toko, sekalian dipecat teknisi, tukan terima sms, sama orang” terkait, wkwkwkwk

  75. Recomended Seller :
    Lazada.co.id

  76. mara mosiiiii

  77. buat introspeksi ajaa

  78. ikut prihatin dengan apa yang terjadi, semoga bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua sebelum membeli sesuatu, terutama barang elektronik atau gadget. Idealnya sih barang di coba dulu sebelum dibayar, terutama fitur-fitur utama yang paling penting

  79. sebenernya kesalahanny ada trjadi pada anda gan… wifi itu gk bs dpake krn kkurangan dr win 7.win 7 yg uda auto driverny utk smua jenis notebook ato lattop trkadang gak support sm lattop/netbooknya. caranya kmu hrs download driver khusus tipe lattop km. makany pas d instal k win xp lattopny baik2 aja. krn win xp mnggunakan driver manual. skian ini sedikit pengalaman saia.

  80. EL’S aku juga pernah ML sama pegawainya…..udah gak prawan…..

  81. kemaren mau beli lepi di els solo asus, dah mau deal eh katanya harus install windows ori dulu dengan membeli yang berlisensi dan harus ngeluarin 1000k lagi, alhasil gak jadi beli kaya nyari duit segampang balikin telapak tangan aje…!!!

  82. menurut info, top 10 best merk laptop, hp masuk kategori 10 besar itu tp paling bawah gan. btw Kalo komplain bukan cuma toko diatas gan tapi banyak juga toko lain yg serupa (baca suara pembaca di koran2) dan bahkan bukan cuma merk lokal/tdk opuler, merk yg besar dan terkenal tdk semuanya bagus, konon dari 1000pcs produk elektronik pasti ada 1 atau beberapa yg cacat bawaan.
    untuk netbook hp sy pernah dpt konsumen, netbook hp baru (hadiah dr kampus utk mahasiswa baru). sy instal 3 kali langsung tewas itu hardisknya, ceritanya dulu sy instal winXP terus ternyata drivernya banyak bgt (koneksi internet msh lemot jadi ga bisa download) trus sy ganti win7 terus entah knp sy lupa sy instal lg win7 lagi eh hardisknya sdh ngadat, ngambeg ga mau diinstal.
    demikian pengalaman sy bro, kalo berkenan ane majang blog disini bro http://www.iwan100.blogspot.com

  83. Terima kasih infonya…saya jadi ragu mau beli ke situ lagi..dulu langganan sekarang ogah..ganti toko aja. masih banyak yang jujur..

  84. El’s solo,mengecewakan,pelayanan g menyenangkan,g bisa jaga pelanggan,ramah Klo pas beli,pegawainya sok pinter semua,dianggap yg beli g mudengan,pdhl dulu Aq sering merekomendasikan ke temen2 krn harga murah,skg jg sama aja hrgny sm toko komputer lain,UNEG2 aja, bkn utk menjatuhkan,silahkan mau dilihat dr sudut pandang yg mana,MONGGO

  85. Eh iseng cari alamat baru els komputer solo malah nyasar kesini hehehehe… ada yang tau els komputer solo pindah kemana? di ruko honggowongso cuma ada kertas menempel bertuliskan “DIKONTRAKAN”…

    Mungkin saya bisa kasih pendapat aja soal kasus diatas, sebelum membeli sebaiknya cek spesifikasi barang yang akan dibeli ke website resmi (misal website HP), nah kalau dah dapat baru cek ada driver yang support windows 7 ga? kalo ga ada ya jangan diinstall windows 7, sesuaikan saja dengan OS yang bisa diinstall… atau lebih baik kalau emang kebelet pake windows 7, beli laptop yang support windows 7

    Dan menurut ku itu laptop pas dibawa ke els untuk diperbaiki, diinstall windows XP kan, berarti driver yang tersedia (CD Driver yang dibawakan) hanya support windows XP, hasilnya pada waktu terinstall windows 7 wifinya ngga mau bekerja. Disini point kenapa teknisi els ngga memberikan penjelasan ke konsumen jika wifi laptop HP tersebut tidak support windows 7? Atau paling tidak berikan solusi kepada konsumen untuk mendownload driver wifi yang support windows 7 untuk merek laptop yang dibeli. Kayaknya emang modus supaya konsumen bayar biaya service terus…

    Jadi bukan karena instalan windows 7 yang kurang OK hehehehe…

  86. Els jogja juga ga kalah menyebalkannya. Katanya dengan menggunakan els total care premium, pelanggan dalam waktu 14 hari dapat pengantian laptop jika terjadi kerusakan pabrik. Faktanya nihil. malah sampe sekarang laptop saya di service belum jadi2… Printer saya juga kayak printer bobrok saat beli di els. Sampe sekarang setiap dihidupkan suaranya melengking membuat telinga sakit. selain itu teman saya juga baru kuranglebih 6 bulan udah masuk dua kali service di els.

    Sekarang tinggal teman2 sendiri yang memutuskan… saya hanya berbagi pengalaman

  87. speaker active simbadda yg sy beli di els baru pakai 2 minggu.. suara bass udh mulai hilang aja..

  88. What i don’t understood is in fact how you’re no longer
    actually a lot more well-preferred than you might be now.
    You’re so intelligent. You know thus significantly in relation to this topic, made me in my view consider
    it from numerous numerous angles. Its like women and men aren’t involved except it is something to accomplish
    with Girl gaga! Your own stuffs great. Always deal with it up!

  89. memang gitu mas kalo banyak yg satisfied tp ada beberapa yng komplen pasti yang komplen diabaikan..coba mas kirim komplain ke media massa kompas ato suara pembaca detik..

  90. Hati2 aja klo beli di els jogja….pas saat butuh tablet ke luar kota,beli tablet asus di els jogja ketulan cuma disitu ada…..ditawari dgn semangat mbaknya yg agak gemuk ada satu dgn harga miring lebih murah 150k tapi dah bukaan….ok beli….sampe rumah….lah udah ada baret dibelakang dan dipojok tablet….ternyata bekas display….trus aq komplain minta ganti merk lain tapi seminggu kemudian baru dibalikin krn keluar kota. Saat ganti , yg lama dipotong 150rb pdhal ga dipake terus cuma dicoba aja……waduh konsumen ga dikasih tahu kondisi barang cuma tahu harganya lebih murah.


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

