Sehari Bersama Acer Aspire 4315

14 Maret 2009 pukul 17:05 | Ditulis dalam komputer-hp-gadget | 36 Komentar

Aku disambati teman soal laptopnya. Acer Aspire 4315 (di punggungnya tertulis 4315-200512Mi). Aku tanya CD drivernya, eh…..dibilang gak ada. Biasa deh nih para bakul, suka gak ngasih CD drivernya ya, mentang-mentang pembelinya orang awam soal komputer apalagi laptop. Kujelajahi hardisknya. Ketemu ada kopian driver. Aku buka, eh…… udah sama kegigit virus. Tamat deh semua file .exe-nya….. ah…kepaksa donlot nih….

Ah sudahlah.

Kubawa pulang aja laptopnya. Mau bikin betul di masjid kan gak enak (waktu itu emang ketemunya di masjid karena ada acara masjidan). Nyampe rumah udah malam. Kutaruh aja di mejaku.

Pagi hari habis sarapan, aku mulai utak-utik si laptop.

Aku lihat spek laptopnya begini, gak tahu masih asli pa gak isinya.

· Intel Celeron M Processor 550 (2.0 GHz, 533 MHz FSB, 1 MB L2 cache)

· Chipset Intel GL960

· 14.1’’ WXGA Acer Crystalbrite LCD

· Mobile Intel Graphics Media Accelerator X3100

· 512 MB DDR2

· 120 GB HDD 5400 RPM

· DVD Super Multi DL

· 802.11b/g WLAN

· 4x USB 2.0, VGA, LAN, Audio

· 1.3MP Crystal Brite, ExpressCard

Tapi anehnya waktu kubuka biosnya eh, kok VGAnya cuman 8 MB dan gak bisa diutak-atik lagi. Aneh….

Sekali lagi sudahlah….bukan punyaku sendiri juga. Gak pengin beli juga jadinya meski murah harga.

Aku jalan-jalan ke situs acer di acer-euro atau acerpanam buat donlot drivernya. Atau juga bisa didapetin disini, tapi waktu ngedonlot sering error….. ketiga-tiganya.

Akhirnya ke tempat lain lagi, akhirnya agak lega juga karena donlotnya malah cepet banget dan gak error. Aku kutip saja sekalian linknya satu persatu. Nih,

Drivers Acer Aspire 4315 Notebook buat Windows XP:

Intel Chipset Driver Win XP
Ukuran: 3,955 KB
Download: Chipset_Intel_v.8.2.0.1012.zip

AHCI Driver for XP
Ukuran: 1,458 KB
Download: AHCI_Intel_v.7.5.0.1017.zip

Audio Driver for Win XP
Ukuran: 25,123 KB
Download: Audio_Azalia_v.5.10.0.5443.zip

Marvell Ethernet Lan Card driver for Win XP
Ukuran: 21,681 KB
Download: LAN_Marvell_v10.15.4.3.zip

BISON CCD Driver for Win XP
Ukuran: 6,335 KB
Download: CCD_Bison_v.7.96.701.12a.zip

Chicony CCD Driver for XP
Ukuran: 4,528 KB
Download: CCD_Chicony_v.57.31.400.zip

Suyin CCD Driver for Win XP
Ukuran: 5,381 KB
Download: CCD_Suyin_v.5.8.30.500-1.0.zip

Launch Manager for Win XP
Ukuran: 2,719 KB
Download: LaunchM_v.2.0.0.0.zip

Foxconn Modem Driver for XP
Ukuran: 1,717 KB
Download: Modem_Foxconn_v.7.62.0.0.zip

LiteOn Modem Driver for Win XP
Ukuran: 1,356 KB
Download: Modem_Lite-on_v.2.1.77.9.zip

Touchpad Driver for Win XP
Ukuran: 5,353 KB
Download: TouchPad_SynTP_v.8.2.9.0.zip

Intel VGA Driver for XP
Ukuran: 16,590 KB
Download: VGA_Intel_v.6.14.10.4785.zip

Atheros WLAN Driver For Win XP
Ukuran: 2,724 KB
Download: Wireless_Atheros_v.5.3.0.45.zip

Broadcom WLAN Driver for Win XP
Ukuran: 2,645 KB
Download: Wireless_Broadcom4311_v.4.100.15.5.zip

Begitulah.

Kuinstall pake windows XP SP2, dan bejalan normal, biasa, gak nganeh-nganehi, gak pake ngeset SATA Driver ruwet macem yang disini. Tapi mesti pastikan dulu di biosnya yang bagian HDD SATA harus diset ke mode IDE.

Tapi ada yang aneh, tetep aja ada yang gak mau jalan. Heran juga, WiFi-nya masih ngadat meskipun semua driver sudah aku coba. Bahkan aku nekat pake driver yang buat Lenovo ThinkPad. Tambah ngawur kan? Itu pun juga gak ada hasil. Entar dulu…. tinggalin aja dulu. Biar gak anget nih kepala.

Trus, cameranya udah langsung kedetek dari windowsnya, gak usah diinstall deh drivernya. Malah gak bisa shut down tuh. Yang diinstall software-nya doang, yang SUYIN itu.

Yang lain gampang-gampang aja. Rampung semua. Tinggal WiFi thok.

Bulak-balik laptop, gak ada yang aneh. Ada tombol tersembunyi? Gak ada juga, selain tombol shortcut yang di sisi kiri itu. Eittt….sebentar, keberadaan tombol shortcut buat WiFi ini sepintas terasa sangat memudahkan kita buat connect ke internet, tapi rasa di rasa dia bisa berubah jadi tombol yang lumayan berbahaya. Lagi asyik-asyik ngenet atau chatting trus kepencet oleh sisi kiri telapak tangan, disconncet deh…..Tul gak? Terus, buka-buka lagi dan cari-cari semua situs driver yang ada kata kunci acer aspire 4315. Beda-beda juga driver yang ada, kebanyakan dari atheros dengan versi yang beda-beda. Tambah mumet. Akhirnya kutinggal pergi aja. Ada undangan walimatul ‘ursy dari saudara susuanku. Alhamdulillah dia jadi manten. Aku ikut lega.

Ba’da dluhur aku lanjutin. Makan siang dulu ding…. tadi waktu jagong manten cuman sedikit thok nasinya. Gak kenyang. Habis makan, canda dulu sama keluarga. Sudah fresh, kembali kudekati si acer. Awang-awangen, kata orang Jawa. Ragu-ragu juga, ketemu gak ya kira-kira drivernya.

Ah, aku abaikan dulu urusan driver. Aku install dulu program-program aplikasinya, termasuk maktabah syamilah yang makan tempat 14 GB-an itu. Toh semua berjalan lancar. Sambil ngelayanin tamu yang sambat soal istrinya pendarahan di rahimnya, aku jalan-jalan nyari forum yang ngebahas soal si satu ini.

Adzan ‘ashr kedengar oleh telinga, menggetarkan membran dengarku. Memanggil-manggil dan menyeru untuk segera menjumpai Rabbku…… Ya Rabb….Aku datang ke hadliratMu….

Ba’da ‘ashr.

Minum teh dingin buatan istriku. Tamuku sudah pulang sambil pergi sholat tadi. Sambil ngemil keripik singkong kegemaranku aku lanjutin nyari forum di net. Akhirnya aku dapet yang ini,

Acer Aspire 4315-200512Mi Wireless LAN Driver

There are a few things thats different from previous Aspire 4315, apart from the increase of HDD capacity (from 80GB to 120GB), they also changed the WLAN chip (from Atheros to Broadcom).. BUT THEN, they provide the wrong driver for it (inside the Resource DVD they gave) -.-;

Been searching for it for a few hours and finally i got it.. But the driver is from Dell.. but who cares right as long as the driver is working *hah*

As far as i know.. this version of 4315 (200512Mi) got 2 kinds.. 1 using broadcom wireless, another using atheros wireless.. So, before you proceed to download, please look at the back of the laptop where it got mention “Broadcom BCM94312MCG” OR “Atheros AR5BXB63”.

I’ll only upload the broadcom’s as you can use the Atheros QMI driver to install (to the laptop with Atheros chip)

Thuinnngggg………

Ada hal kecil yang terlewatkan. Aku balik lagi badan ringkih si laptop. Kulihat dipunggungnya lebih detail.acer-aspire-4315 Nah di stiker kecil putih disamping kiri itu kan type laptop, nomer seri dan tanggal pembuatannnya. Nah yang sebelah kanan itu, yang ditunjuk oleh banyak jari itu…….ada terbaca tulisan

Contains transmitted module: Broadcom BCM94312MCG

Nah itu tuh…..penyakitnya, eh jawabannya…..

Langsung aku install yang broadcom aja yang dari situs resmi acer. Gagal. Coba lagi versi satunya, gagal juga. Weleh, gimana sih??? Aku pake yang sudah ada di hardisk (meski kena virus file .exe-nya, kali aja yang .dll masih bias kepake), gagal juga.

Akhirnya, karena agak sewot, aku sempat lupain yang dari Wireless_Broadcom4311_v.4.100.15.5.zip. Aku malah jalan-jalan lagi, langsung aja tancep gas buat ketik keyword Broadcom BCM94312MCG, eh….gak usah dilink ah, gede filenya. Ketemu yang di sini. Donlot aja…. kecil kok.

Langsung kuinstall……kedetek dan langsung jalan. Wuihhh….. langsung alhamdulillah deh.

Sambil kucoba browsing pake WiFi, aku nyenderkan badan ke dinding. Sejuk…… (untung dikampungku sudah ada WiFi……)

Emang laptop sekarang mulai rada-rada aneh gitu yah……apa cuman perasaanku aja?

36 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. assalamualaikum…
    wah betul juga bang, rasanya laptop acer aspire 4315 itu memang aneh.
    aku juga sudah nyobain. Tapi ada lagi yang lain lho bang… masak webcam yang specnya 1,3 MP kalau buat ngapture eh.. hasilnya cuma sekelas VGA… bisa berikan solusinya nggak bang?
    Wah rugi deh kayanya beli yang ginian… yang tertera di spec cuma tulisan doang, tanpa kenyataan… (tapi kalau dikasih gratis mau kok)….

  2. acer nih terkenal suka ‘gitu’ deh. di komplen mulu tuh di koran

  3. waduh aku terima kasih banget nih atas infonya, sempet bingung wifinya nga mau terinstall.. padahal udah coba macam-macam driver tapi nga bisa..
    sekali lagi makasih bang atas informasi dah link broadcam bcm94312mcg
    semoga diberikan kesuksesan yach bang..

  4. bang kokwifi leptop saya ngak bisa sih padahal udah di bawa sampai masternya pun ngak bisa

  5. maklum laptop murahan……….

  6. kalo mau laoptop yg keren… pilih aja HP atau DELL.

  7. acer lagi…acer lagi….

  8. 4315 aku alhamd oke2 aja, cuma ram sdh tmbh 1 GB jadi tot 1,5 gb nggak keliatan akselerasinya ya??, bisa aupgrade prosesor ga ya?

  9. tq ya bang, lgsg mau nyoba dulu nih moga2 berhasil.^_^

  10. Iya tuch..aq jg ngalami hal yang sama. Aq kut coba dech.Thx ya

  11. alhamdulillah ketemu artikel ini,td udah nanya2 ke mbah google. kasusnya sama dengan acer aspire 2920Z (pake wirellessnya BROADCOM BCM94312MCG juga). Thanks berat ya🙂

    kembali…

  12. Wah.mantap nih, g uda download puluhan Link GA BISA TERUS

    Ini bekerja banget, Thanx, n mantep!^.^

  13. Mantap Bro! g da coba download puluhan driver ga bisa2

    INI BEKERJA BANGET..Thanx Yo..^.^

  14. trimakasih banyak pak….

  15. suwun mas…..
    ilmunya sangat bermanfaat…
    alhamdulillah acer saya sudah bisa nge wi-fi

  16. ada masalah lagi muncul mas…
    Sound acerku ndak mau bunyi
    terus dia bilang bad Directsound driver, sdh semua q coba tapi ndak ada hasil..
    piye iki mas……

  17. boss ….tolongin donk….linknya apaan tuh yang buat download atheros AR5BXB63 nya acer 4315 ..aku make vista bos….tolongin ya,…..ya…ya…. makasih bos

  18. kayanya udah frustasi nyari driver wi-fi yang cucok buat acer 4315 kalo dibelakangnya sih tulisanya Atheros AR5BXB63 contain PPD-AR5BXB63 kalo juragan2 ada yang punya ntu driver ato link downloadnya, aku minta yaaa pleasee….tolong e-mail aja ….: rizdhanrizky@yahoo.com ….makasih sebelumnya

  19. bang… kenapa arcer saya(aspire 4315)
    gak bsa buat maen game cz klu klik icon game na langsung restr…

    kenapa ya….??

  20. laptop cap capung, kerjanya error trus..

  21. makasi banget y bang,,, bner bgt tu smua yg d bilang sama dech kejadiannya sma punya aku persis…. u
    untung aku dh bli modem jd bs downloud filenya abang thanks bang

  22. gmna cara nginstall nya?? kok driver nya saya download,,, format nya kok sys??? tolong bantua nya,, maklum masih newbie,,, puenting banget soalnya……… aku ga bisa nginstal nya

  23. Thanks, the dell driver work fine for Acer Aspire 4315, wasting my bloody 2 hours downloading the drivers from Acer website, until I found your blog, which is far more accurate than the Acer official website

  24. tentang acer 4315 juga..susah di shutdown kenapa ya, masa harus di teken terus tombolnya..kan malah tambah rusak…
    please tlg gw donk..

  25. asli cepet rusak (acer)

  26. slm prshbtan……bang acer sy prss prmslhnya… wifi g detek.pdhal smua ptnjuk di ats udah tak pakai smua ,ttp aja msh g bs..bang klu ad yg th tlng dong bantuin sy udh mau pch ni kpla sy.udah 2mnggu utak ayik ttp g bs

  27. matur tankyu bank…. tadi siang datang temen bawa aspire-4215 pengin ol, nah di rt saya kan dah jadi lautan wifi tuh ^_^ tapi ko nggak ke deteck….. ternyata itu ya bank permasalahannya thax…….. ijin share bank…..

  28. senang bisa membantu…alhamdulillah
    kalau ada komen yang belum direspon, maapin aja ya, kadang bahkan sering gak sempet ni…soorrriiii banget

  29. Acer memang top top . aku suka modelnya.

  30. link yg bwat download software WiFI nya g bsa

  31. ada yg tw g kenapa video cam gw g kedetek d my computer??? padahal d device manager ke detek

  32. Untuk OS XP n Vista laptop q g pernah bermasalah mengenai drivernya.
    nah……untuk windows7 ada solusi??? terutama VGA n Sound card.

  33. terimakasih link untuk download driver nya,

  34. bang mau nanya download Video controller samma Video Controller (VGA Compatible) buat XP SP2 dmana ya??

    pusing udah 3 hari nyariin…T.T

  35. nyari driver wi-fi yang cucok buat acer 4315 kalo dibelakangnya sih tulisanya Atheros AR5BXB63 contain PPD-AR5BXB63 kalo juragan2 ada yang punya ntu driver ato link downloadnya, aku minta yaaa pleasee….tolong e-mail aja ….: suranta91@yahoo.com ….makasih sebelumnya

  36. filenya udah di delete ama ziddu


Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

