Mati Mendadak Dengan Semua Panca Indera Berdarah?

12 Desember 2008 pukul 07:22 | Ditulis dalam aku gak tanggung, jalan-jalan, serba serbi | 24 Komentar

Pagi ini sepulang dari masjid aku sempatin buka email, juga ym. Ada pesan offline begini:

(11/12/2008 16:17:22): Cerita di bawah ini mohon di forward kpd semua teman /orang yg anda sayangi, Peristiwa ini terjadi di Manado, ada seorang wanita meninggal mendadak dgn lima panca indera keluar darah, setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh, melainkan karena ketidaktahuan tentang racun akibat makanan. Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari. Ini tdk masalah. Masalahnya karena malam itu wanita ini kebanyakan makan udang. Sebenarnya cuma makan udang saja tdk masalah, orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yg meninggal. Tetapi, karena udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), dan berhuhung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dalam perut yang membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Triox ….

Berita ini dikirim oleh sodaraku yang jauh dimata dekat dihati sana. Terima kasih sodaraku. Paling tidak ada info buat sekedar berhati-hati dengan setiap hal disekitar kita agar tidak terjerembab.

Tapi penasaran juga sih. Emang aku ini gak ketarik sama hal-hal berkait dengan rumus kimia begituan. Tapi kalau nama kimianya sudah diubah jadi nama makanan, wah jadi ketarik nih. Jadi kudu ati-ati buat diri sendiri dan keluarga, tul?

Jadinya aku selancar aja.

Aku dapati yang begini:

Dear All,

Cerita di bawah ini mohon kasih tahu kpd semua teman /orang yg anda sayangi,

Peristiwa ini terjadi di Taiwan, ada seorang wanita meninggal mendadak dgn lima panca indera keluar darah,setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh melainkan karena ketidaktahuan akan terjadi keracunan makanan.

Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari, ini tdk masalah, masalahnya karena malam itu wanita kebanyakan makan udang, sebenarnya cuma makan udang saja tdk masalah, orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yg meninggal.

Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), berhuhung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dlm perut membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yg sangat beracun, mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dgn kelima panca indera keluar darah.

Jadi hati2, habis banyak makan udang, jangan minum Vit C pd saat bersamaan… .

Ehm….info yang pertama kejadiannya di Manado, tapi yang kedua ini di Taiwan. Gimana ya….

Tambah penasaran juga, akhirnya aku dapet yang ini,

Prawn Shopped

Claim: Vitamin C users who eat shrimp risk death from arsenic poisoning.

Status: False.

Example: [Collected via e-mail, 2001]

F.Y.I.

Spread this message out to as many friends and families as possible, because this is a matter of life and death!!

I just read a medical report from my friend saying that: DO NOT eat shrimp (Prawn) if you have just taken VITAMIN C pills!! This will cause you to DIE in ARSENIC (As) toxication within HOURS!!

THIS IS NOT A JOKE!! There’s been a case happened in Taiwan.

Take care!

Origins: This Shrimp e-mailed scare began circulating on the Internet in May 2001. Presumably it’s trying to claim that prawns metabolize arsenic (as some aquatic organisms do), forming compounds ordinarily non-toxic to humans, but when the prawns are ingested in combination with Vitamin C, something in the vitamin prompts the re-estalishment of toxicity. Obviously, even if this were true, it only occurs under very specific or extraordinary circumstances, or we’d be finding plenty of accounts of healthy-but-dead seafood lovers.

Shrimp does not turn into arsenic when combined with Vitamin C tablets. Arsenic is a basic element, as listed on the periodic table of elements. It is not formed by combining any one thing with any other; it exists as is in the same way gold does. Just as there was no magical philosophers’ stone that would enable its user to transform various worthless substances into gold, neither will the combination of shrimp and Vitamin C tablets produce arsenic.

In any case, we haven’t turned up any “medical report” (received from the unnamed but authoritative-sounding “my friend” or not) that links shrimp and Vitamin C with arsenic “toxication.” Likewise, we have found no news accounts of any death(s) occurring in Taiwan from this combination.

What we have here is the usual unsigned e-mail of unknown origin promoting a dubious claim. What went through the head of the person who wrote this. Pure hoax? Something egregiously misheard then overreacted to? We don’t know, but we do know nothing of less-than-dubious validity supports this one.

Barbara “arsenic and old plaice” Mikkelson

sumber: http://www.snopes.com/medical/toxins/shrimp.asp

Terserahlah mau kejadiannya di mana juga, mau HOAX pa bukan. Yang lebih penting adalah reaksi kimianya itu. Efek buruknya itu. Benar pa gak tuh….

Jadinya mesti nunggu komentar-komentar dari para ahli nih. Yang ahli kimia, juga ahli nutrisi, para ahli yang lain juga boleh. Yang kerja di QC pabrik pakan anak-anak juga eko, eh oke… Bahkan siapapun gak terlarang kok, asal mencerahkan. Tolong dong…..

24 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah, saya baru tau ni kang.
    Tapi saya gugling dan menemukan bantahan hal itu di sini

    File nya PDF. Uuhuhuu…

    oke…waspada…

  2. perlu diperhatikan buat bekal jadi ibu rumah tangga inih. uhuhuu…


    yang baik buat bekalan dan yang buruk buat peninggalan….

  3. info yg bermanfaat mas, meskipun kebenarannya blm terbukti..setidaknya ada pencegahan dari pada mengobati..


    jadi malu aku ……

  4. aku coba yah makan udang terus minum vit.c …….

    he……bagus blognya tetapsemangat


    minum vit biar tetap fit…

  5. hoax mungkin


    mungkin…(yang penting hati-hati aja, makan kebanyaken juga bahaya)

  6. KALo aQ NgGak 5uKA uD4Ng😦


    kok aku suka ya….

  7. ya namanya reaksi kimia boz ..


    iya mas

  8. Wah jadi nambah ilmu Qu yang memang ceteQ abiZ, kutunggu penjelasan berikutnya dari para pakar. Qu suka udang banget.
    Truz kalo Vit C nya dari jeruk asli gimana tuh? atO dari buah2an? bisa korsleit juga ga yah?
    Salam kenal.


    salah satunya sudah diposting di sini
    lam kenal juga, mampir lagi ya…

  9. setauku pada bulan2 tertentu saat masa kawin udang, kita sebaiknya tidak makan udang (terutama yg alergi). Saat itu udang yang dijual mengandung zat (aah lupa namanya…) yang bisa bikin racun alergi. Tp berita di atas kayaknya ga benar de…


    gak boleh makan udang yang lagi hamil ya mas…

  10. “dicoba aja” mas, biar benar atau tidak! ha ha ha , cuma bercanda


    yukk….(malah nantang, hehe…)

  11. setiap obat untuk menyembuhkan.. pasti menimbulkan penyakit baru..

    quoted dari IBUku!😛


    kecuali kesembuhan dari Allah, begitu kan Mbak?
    syifa-an laa yughodiru saqoman…

  12. Tks info menarik. Setahuku garam yg kita makan (NaCl)kan berasal dari air laut jadi pasti mengandung arsenik meski %tasenya sedikit sekali, jadi wajar kalau udang (laut)ada arseniknya, tapi krn minum vit. C jadi “bleeding” setelah makan udang, perlu diselidiki lebih dulu, bgmn kondisi perut/kesehatan orang tsb. Ok?

  13. Tambahan info untuk ibu rt : Menurut temanku (Nihon-jin) kalau makan udang jangan hanya dagingnya saja, tapi ekornya juga harus dimakan krn di ekornya itu adalah anti racunnya.


    jadi inget kalo makan salak mesti sekalian kulit arinya. biar gak sembelit… kalo kerang sekalian rumahnya pa gak ya……

  14. beneran tuch…??? (unsure) tapi serem juga sich


    sembunyiiiii…

  15. wah, bener2 kimia emang penting deh . . . kata orang kimia “the chemist is always have solution (= bukan solusi tp diartikan senyawa)


    senyawa = satu nyawa? jadi mesti dijaga, gitu kan?

  16. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://penyakit.infogue.com/mati_mendadak_dengan_semua_panca_indera_berdarah_

  17. oke… setuju..hoax apa bukan yang jelas harus hati2


    nggih….ati-ati lan waspodo…

  18. beneran tuh…??? tapi serem amat, hiii takut


    kalo takut ya dianter…

  19. wah kalo saya suka udang apalgi yang berwarna merah yang tulisannya Rp. 100.000 (itumah uang omiyan) hehehehehe

    -
    udang garing yang langsing, ah memang memikat....

  20. Cuma hoax kok.. liat aja di…
    http://www.truthorfiction.com/rumors/v/vitaminshrimp.htm

  21. Kata-kata ‘Taiwan’ di replace all dengan ‘Manado’.

  22. coba kalo di replace all dengan ‘yakinku’ ^\/^

  23. hehehe…..
    trnyt mnm vit C tiap hri g’ baik jg y buat kshtn…

  24. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would
    have some experience with something like this. Please let me know if you
    run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look
    forward to your new updates.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: