Mesin Mbrebet

25 November 2008 pukul 11:16 | Ditulis dalam serba serbi | 4 Komentar

Kemarin aku ngincipin motor teman. Jupiter MX135LC.

Aku mau geber di jalan lurus di areal persawahan selatan kampungku yang kira-kira sepanjang 2 km. Ancang-ancang. Teman-teman petani pada nonton di pinggir jalan sepanjang areal persawahan. Mirip trek-trekan tapi tunggal. Ada yang maju. Aku kenal banget sama ini orang. Dia lepas kaos putih dekilnya yang juga bermerk Jupiter di bagian bawahnya. Dia kasih aba-aba, satu…….dua…….breng……..kaos dia kibaskan di mukaku. Langsung aku lepas stang. Uhuk…uhuk….. parfumnya gak nahaannnn….

Ulangi…!!! Loh, dia marah… mirip wasit negor pemain ngelanggar aturan. Hiks…. Ya sudah aku langsung bersiap. Satu dua……..breng….(lagi), kaos itu lewat lagi di depan hidungku. Aku abaikan dulu lah. Awas entar…..

Kuputar gas, sesaat kemudian kumasukkan gigi persneling. Layaknya pembalap nomer satu di dunia. Aku injak gas, eh kuputar dhing. Gas pol rem pol, eh gak gitu….

Aku coba sekencang mungkin. Tapi ternyata jarum cuman nyium angka 100. Ku ulangi, lebih nekat, sekali lagi pol sekitar angka 100-an, lebih dikit. Kenapa ya….padahal di spidolmeter angkanya nyampe 180.

Ya udah, waktu udah nyampe rumah, buka internet nyari info, nemu begini,

Sayang, tenaga mesin Yamaha Jupiter MX135 LC belum keluar semua. Seperti dibatasi. Sebab CDI dilengkapi limiter. Akibatnya, baru sepertiga putaran gas, mesin langsung mbrebet. Ini dirasakan Em-Plus sebagai wartawan pertama yang ngetes bebek 135 cc itu di seputaran pabrik selesai launching.

Sampai di tangan konsumen juga mbrebet. Kalau nggak percaya monggo pelintir gas abis. Rasakan dan cermati, irama 4 nada gasingan mesin langsung nggak teratur. Mbrebet.

Cara paling gampang ganti CDI racing. Seperti buatan BRT (Bintang Racing Tim) from Cibinong. Atau pilihan lain CDI Lampung buatan Rendy Yusticia.

Ukuran peranti pengatur timing pengapian Jupiter MX lumayan besar. Sebab menyatu bareng sensor extra fan (kipas radiator). “Makanya ada dua soket di CDI. Soket pertama besar, terhubung ke CDI. Serta soket kecil ke sensor kipas,” jelas Tomy Huang, penemu CDI Cibinong.

gb1

gb.1

Lepas soket besar (gbr. 1). Dari kabel bisa dicangkok pakai kabel dari soket CDI milik Jupiter-Z. Soket CDI Jupie ini bisa dibeli di toko onderdil. Atau kalau kepalang tanggung beli kabel bodi imitasi. Paling mahal Rp 40 ribu. Cukup ambil soket CDI-nya saja.

gb2

gb.2

Cangkok ke kabel soket Jupiter MX. Oranye (koil) ketemu oranye. Putih (pulser) ketemu putih. Cokelat (setrum) ketemu cokelat. Hitam (masa) ketemu hitam. Satu lagi, merah (masa Jupiter) ketemu hitam setrip biru di kabel soket Jupiter MX. Beres.

Tinggal hasil cangkokan itu diisolasi agar aman (gbr. 2). Disusul pasang CDI baru di soket baru. Silakan coba. Namun jangan kaget bila lampu indikator suhu enggak fungsi. Lainnya fungsi normal, seperti kipas tetap jalan jika mesin sudah panas.

Ada lagi yang dikorbankan, sensor di karburator agar irit bensin tidak bekerja. Namun sebanding dengan hasilnya. Pakai CDI racing putaran mesin lepas dan keluar semua. Power mesin terdongkrak jauh. Hebat.

Sumber dari sini.

Tapi aku gak coba ah. Biar 100-an juga udah cukup. Biar lambat asal cepat. Lagian mau lari seberapa kenceng sih…??? Motor orang juga, ngapain repot….

Pake aja…. Hah? Kupake? Iya, kata si empunya motor sore-sore. Mau pa gak? Ya, iya lah, mas iya dong….

Tapi ada syaratnya. Apa? Ganti pake duit. Ye…..sama juga jualan oi…..

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. berarti masih kalah dg si Hitam milik ku…crypto MX250cc kurang 1 liter…wkikikikkkk
    Bus lewat, satria lewat, kawasaki 250cc lewat, vixion lewat…semuanya bisa lewat dari sisi samping saya di jalanan kota…uhuk uhuk uhuk…bhullllllll

  2. lupa 1 lagi..walopun tak berdaya menghadapi lawannya, si Hitam ttp membuatku bangga..bisa menemani perjalananku yg penuh suka duka..halllahhhh… ^_^

  3. Waduh.. Pak kok jadi “Dani Pedrosa”… wakakak…
    ato Mr. Dr …. hi..hi..hi….

    Nanti padinya ngabur semua loh pak…
    Ato bebek di sawah ngibrit…
    Jangan pake sarung nggih Pak kalo balapan…
    Hik..hik..hik…

  4. yang tak cengklak belang-belang je Mas…..blorok kali ya, bukan si hitam….
    lagian khas pak tani, helmnya ceper lho Mbak, dari bahan kulit bambu…. jadi inget petani nih…(?)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: