Ukuran Berhasil Sebuah Pernikahan

14 Oktober 2008 pukul 17:34 | Ditulis dalam curhat, irodatul khoir lil ghoir, kehidupan | 2 Komentar

Pernikahan…gak usah didefinisikan lagi. Sudah terlalu banyak yang tahu hal ini. Meski beda-beda juga. Tak apa kan kalau saling menambah dan melengkapi?

Cuma kali ini aku pengin curhat ajah…

Mengingat, mempertimbangkan, memutuskan, eh…mengingat, salah lagi….halah mirip UU aja..

Ah, mengingat bahwa

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَى تَنْفَعُ الْمُؤْمِنِينَ (55) وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (56) مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ (57) إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ (58)

55. Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.

56. Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

57. Aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan.

58. Sesungguhnya Allah Dialah Maha pemberi rezki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh. (QS Adz Dzariyat)

Lalu,

وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (21)

21. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS Ar Ruum)

Juga,

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (32)

32. Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui. (QS An Nuur)

Mempertimbangkan,

أَرْبَعٌ مِنْ سُنَنِ الْمُرْسَلِينَ الْحَيَاءُ وَالتَّعَطُّرُ وَالسِّوَاكُ وَالنِّكَاحُ

…empat hal yang merupakan sunnah para Nabi; celak, wangi-wangian, siwak, nikah. (HR Thabrani)

Dan,

أَرْبَعٌ مَنْ أُعْطِيَهُنَّ أُعْطِيَ خَيْرَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ: قَلْبًا شَاكِرًا، وَلِسَانًا ذَاكِرًا، وَبَدَنًا عَلَى الْبَلاءِ صَابِرًا، وَزَوْجَةً لا تَبْغِيهِ خَوْنًا فِي نَفْسِهَا وَلا مَالِهِ.

…Empat hal, siapa saja yang diberikan (empat hal itu) kepadanya berarti dia teah diberikan kebaikan dunia dan akhirat: hati yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, sabar dikala sakit, dan istri yang (mau) dinikahi bukan karena khianat (menjerumuskan kepada kema’siyatan) dan bukan juga karena hartanya. (HR Thabrani)

Juga,

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

…dunia itu (bagaikan) perhiasan dan perhiasan yang terbaik adalah perempuan yang sholihah. (HR Muslim)

Lagi,

من رزقه الله امرأة صالحة فقد أعانه على شطر دينه ، فليتق الله في الشطر الثاني

…barangsiapa yang Allah berikan rizqi kepadanya seorang istri sholihah, maka sungguh Allah telah menolongnya atas separo dien-nya. Maka hendaklah dia bertaqwa kepada Allah pada separo yang kedua (lainnya). (HR Thabrani)

Nambah,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُ بِالْبَاءَةِ وَيَنْهَى عَنْ التَّبَتُّلِ نَهْيًا شَدِيدًا وَيَقُولُ تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ إِنِّي مُكَاثِرٌ الْأَنْبِيَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

..adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan dengan pernikahan dan melarang dari membujang dengan larangan yang sangat (keras) dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: nikahilah (perempuan) yang pecinta (penyayang) lagi subur (berbakat banyak anak), sesungguhnya aku adalah orang yang berbanyak-banyak umat dengan para Nabi di hari kiamat. (HR Ahmad)

Plus,

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

…(biasanya) dinikahi perempuan itu karena empat hal; hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah yang beragama. (kalau tidak), celakalah engkau.(HR Bukhari)

لَا تَزَوَّجُوا النِّسَاءَ لِحُسْنِهِنَّ فَعَسَى حُسْنُهُنَّ أَنْ يُرْدِيَهُنَّ وَلَا تَزَوَّجُوهُنَّ لِأَمْوَالِهِنَّ فَعَسَى أَمْوَالُهُنَّ أَنْ تُطْغِيَهُنَّ وَلَكِنْ تَزَوَّجُوهُنَّ عَلَى الدِّينِ وَلَأَمَةٌ خَرْمَاءُ سَوْدَاءُ ذَاتُ دِينٍ أَفْضَلُ

…janganlah kamu nikahi perempuan karena cantiknya, barangkali kecantikannya itu akan membinasakannya. Dan jangalah kamu nikahi perempuan karena hartanya, barangkali hartanya itu akan menyebabkannya durhaka. Tetapi nikahilah perempuan itu karena agamanya. Sungguh budak perempuan yang berhidung cacat dan tuli serta hitam tetapi beragama itu lebih utama. (HR Ibnu Majjah)

Maka,

Memutuskan……

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Wahai para pemuda. Barangsiapa yang mampu nikah maka hendaklah dia menikah. Maka sesungguhnya dia itu menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan (kehormatan). Dan barangsiapa yang belum mampu maka hendaklah dia berpuasa karena puasa itu menjadi tameng baginya. (HR Bukhari)

Pasal tambahan:

Beberapa ciri keberhasilan menikah bisa diukur dari hal-hal berikut:

1. Mendapatkan pasangan yang sholih atau sholihah.

2. Menjadikan hati tenang dan berhati-hati dalam setiap tindakan.

3. Meningkatkan kadar ibadah kepada Allah karena dianya memang ibadah.

4. Banyak keturunan.

5. Menambah kadar qona’ah.

6. Isi komentar ajah ya…..

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Nikahilah dia krn 4 perkara…. (tp susah orang tuanya..) ^_^ gmn dunk mas..??
    Minta di bantu do’anya aja ya mas….


    biasanya sih dinikahi perempuan dengan 4 alasan ya Mas. tapi kita cuma satu kan? si dzati ad-dien itu…
    do’a dan usaha…..oke

  2. […] keluarga yang insya Allah berbahagia itu baru saja menikah dan belum dikaruniai anak. Ahh… Enak kali yah saat-saat baru saja […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: