Jilbab….Penting….Cewek….Cantik….

8 Oktober 2008 pukul 07:44 | Ditulis dalam budaya, curhat, irodatul khoir lil ghoir, serba serbi | 27 Komentar

Setahuku ya jilbab itu bukan soal penting atau cantik buat cewe si ya… Tapi sudah jadi kewajiban bagi perempuan yang ngaku beriman, yang kalau dilanggar akan ada konsekuensi logis yang akan dihadapi, adzab di neraka.

Memang ada yang salah sangka dan menduga kalau jilbab itu budaya arab. Oh salah bessarrr pandangan ini. Karena jilbab adalah sarana penutup aurat pagi perempuan beriman dan menjalankannya bernilai ibadah. Dan karena dia bernilai ibadah maka cara menjalankannya harus sesuai dengan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pernah bersabda:

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

…barangsiapa beramal dengan suatu amalan (ibadah) yang tidak ada atasnya perkara kami maka dia itu tertolak…(HR Bukhari)

Maka dalam hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menentukan keharusan, kebolehan dan larangan berkaitan dengan jilbab ini.

Bahwa perempuan beriman mesti berjilbab. Tentunya ketika ada kemungkinan orang lain yang tak berhak melihat anggota badannya yang mesti tertutup itu bisa melihatnya. Dan ini menyangkut adab bergaul bagi perempuan beriman. Nah, ketika dia bersama suami, orang tuanya atau siapa saja yang boleh melihat anggota badan yang boleh dilihat sih gak masalah.

Sedangkan model-model yang dibolehkan yang mana? Tetunya yang tidak melanggar larangan dong….

Dan ada lagi larangan berkaitan dengan jilbab ini. Bukan larangan berjilbab lho ya, tapi jilbab yang dilarang gitu. Misalnya yang full pressed body atau yang full color sampai matahari pindah tempat. Atau yang tipis-tipis sampai kelihatan lekuk-lekuk tubuhnya yang………

Tapi gimana ya, kali aja karena emang kiamat udah dekat, jadi nampaknya banyak yang gak sadar arti jilbab ini.

Jadi….

Ringkesnya aja, bahwa jilbab adalah sebuah kewajiban yang mesti dilakukan oleh perempuan beriman. Dia penting atau tidak bukanlah soal karena adanya ‘kewajiban’ itu. Karena penting atau tidak kadang berbeda persepsi.

Lalu cantik mana ya, perempuan berjilbab atau yang kagak? Mata orang beriman akan terasa sejuk manakala melihat perempuan berjilbab rapi membungkus badannya. Dan dia akan jengah dan sungkan bahkan memalingkan pandangan manakala melihat perempuan berpakaian minim bahan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

لا يؤمن أحدكم حتى يكون هواه تبعا لما جئت به

…tidak beriman salah seorang kalian itu sehingga adalah hawa nafsunya itu dalam keadaan mengikuti apa yang aku datang dengannya (dienul Islam)

Melihat ucapan beliau seperti itu tahulah kita bahwa segala keinginan, kesenangan, hasrat dan kecintaan bahkan segala cita rasa itu mesti menyesuaikan dengan dienul Islam. Bukan agama yang diolah sana sini, direkayasa, dikritisi, sampai habis agar bisa dipakai sebagai pembenaran atas ulah sebagian manusia ini.

Bahwa rasa yang bersemayam di hati itu bisa dikelola.

Kalau laki-laki beriman, orang baik-baik, pastinya juga bakalan memilih calon pendampingnya dari kalangan perempuan baik-baik juga to? Yang beriman dan suka menjalankan perintah Allah, ya to…

Sebaliknya betapa banyak manusia yang karena tak faham dien, atau karena memang gak bisa nahan diri lalu nekat berzina karena pandangan pertama?

Eh sebentar ,ngomongin cantik dulu ah…

Cantik? Dianya relatif ya….cantik menurutku gak mesti sama dengan cantik menurut mas dcamz misalnya. Itu kalau diukur dari segi fisik dlohirnya. Gitu ya Mas…

Aku suka memperhatikan gerak-gerik istriku sendiri ketika berjilbab. Menurutku dia cantik dalam cara pandangku. Kata orang jilbab istriku ini selalu rapi. Paling rapi malah. Halah….. itu menurut para mantan muridnya di pesantren lho. Sebagian muridnya kan kadang aku tanyai.

Aku suka dia kalau pake jilbab warna gelap selain hitam kelam. Aku jadi ah….Ya Allah…. I’m in love (again)…. padahal anakku sudah enam, kaya`nya mau nambah lagi neh….

Sssssttt…..di postingan ini banyak link-nya ya…..biar aja diliatin semua. Tapi jangan omong-omong ke orang lain lho ya….sssssssssttt

27 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Alhamdulillah, sejak ulang tahun empat bulan lalu, saya memutuskan berjilbab … katanya sih tambah cantik 🙂


    artinya matanya masih sehat. begitu kan Mbak Rindu…..

  2. kecantikan ga cuma diukur dari seorang wanita memakai jilbab atau tidak tp juga harus dilihat dari akhlaknya. memakai jilbab harusnya jd ukuran seseorang sudah baik tp pada kenyataannya msh ada yg memanfaatkan jilbab untuk meningkatkan pencitraan diri. semoga semua wanita islam menyadari kebutuhan untuk selalu memakai jilbab dan menjadikan jilbabnya itu sebagai penanda bahwa akhlak wanita muslim memang benar2 karimah..amiin


    lho bukannya jilbab memang untuk menunjukkan citra diri yang tinggi to Mas Pikusay…bahwa dia adalah perempuan baik-baik yang menjaga harkat dan martabat sebagai perempuan mulia?
    emang sih, jilbab bukan satu-satunya parameter buat ngukur ketinggian akhlaq seorang perempuan. tapi paling tidak para jilbaber ini sudah ngejalanin salah satu kewajiban agama. satu poin sudah dipenuhi, tinggal menambah poin lainnya. begitu kan? hal besar selalu dimulai dari hal kecil, langkah besar selalu dimulai dari satu langkah pertama….kira-kira lho…

  3. Jadi ingat Neno Warisman dan Inneke deh! 🙂


    yang mana ya…

  4. pengen bgt berjilbab…
    doain ya…


    Ya Allah berikan kekuatan dan keberanian serta keikhlasan buat saudariku ini agar mau berjilbab dan menjalankan perintahMu. Amien….

  5. wanita berjilbab terlihat menjaga kehormatannya 🙂


    se7

  6. Lho Pak jangan ngomongin aku donk… jadi malu nih… (Ge Er Mode On).


    biar ajah terkenal…sekalian dimasupin tipi

  7. artikel yang sungguh menggugah saya, terimakasih mas habib, insyaAllah hidayah dan izinNya diberi kekuatan hati untuk berjilbab, amiin


    Ya Allah berikan kekuatan dan keberanian serta keikhlasan buat saudariku ini agar mau berjilbab dan menjalankan perintahMu. Amien….

  8. yang penting cantik luar dalam..
    luar… cantik berjilbab..
    dalam.. cantik hatinya…
    😉


    cantik luar dalam…cocok

  9. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://agama.infogue.com/jilbab_penting_cewek_cantik_

  10. Saya sangat senang sekali melihat wanita yg b’jilbab, tentunya jilbab yg sesuai dg aturan Islam… sepertinya teduhhhh sekali (halah..kaya i kebon ajah…)mantaaaffff… heuheu…


    hmmmm….

  11. laki-laki muslim manapun pasti lebih milih saskia adiya mecca ketimbang luna maya…….’

    Penasaran kan??????????????????


    ??????????????????

  12. klo boleh nambahin buat kaum hawa, jgn takut pke jilbab karena merasa belum mampu bersikap baik dalam arti islami karna qtakan cuma manusia biasa (biasa banyak salah/dosa hehehe) anggep aja jilbab itu rem kita agar qta malu u/berbuat salah/dosa.sekian dan terimakasih hehehe…


    se7…

  13. Berjilbab membuat wanita menjadi lebih indah


    keindahan yang sebenarnya

  14. mas habib, artikelnya saya copy ofline yah buat baca-baca ulang 😉 mohon izinnya ^^


    monggo Mbak Icha. Silakan ambil manfaatnya. Sebarkan kepada semua orang yang membutuhkan kalau memang pantas.

  15. mudah mudahan kesampean deh dapet jodoh yg baik


    amien….

  16. Artikelnya : Mantapz… markotob….

  17. Bung Habib… gimana kalo pembahasannya diperluas sampai jenis jilbab yang diinginkan syari’at.. kan tambah gaul nanti


    loh, situs yang ngulas yang dimaui syari’at kan udah banyak tuh….
    tapi baik juga buat dipertimbangkan.

  18. very nice blogging…… and don’t forget visiting my website whysnu-handsome.blogspot.com dan satu lagi mbak sudah bagus mau berjilbab karena perintah berjilbab adalah perintah rasulullah bagi setiap istri-istri seorang mukmin atau bagi setiap wanita yg beriman. mudah-mudahan berpahala disisi Allah Amiiiin!!!! saya dukung 100 persen……..


    matur nuwun sudah mampir Mas. senang dengar ada muslimah berjilbab. sejuk….

  19. Jangan Tertipu!…

    Waspada akan manusia separuh iblis
    Berjenis wanita bernama feminis
    Tolak syari’at bicara sok kritis
    Sering dengan nada sinis
    Sebut ukhti tekstualis
    Padahal mereka cuma mengais
    Dari sampah pikiran kafir najis
    Mereka lancang bicara:
    “Jilbab i…

  20. ndak hanya jilbab fisik, juga hati

  21. doakan saya…ya? 🙂


    doa buat apa ya…….minta ujan? atau nyari jodoh nih…..

  22. assalamualaikum,af1..ya jika pendapatku salah…

    menurut aku seh jilbab itu wajib banget buat wanita yang sudah mengalami haid…tidak ad istilah belum siap….

    karena dengan jilbab bisa menjadi perisai kita…dalam beraktivitas…
    dan sapa bilang jilbab itu gak bisa memasuki dunia kerja…

    buktinya saya..,alhamndulilah kerja disebuah radio dikotaku..
    walaupun sekeliling gak mendukung kondisi jilbabku..

    tapi aku ambil filosofi ikan aj..
    walaupun hidup dilingkungan asin..
    tapi dia gak asin justru jadi objek…
    yang memperindah…

    jadi buat saudara muslimah jagn ragu tuk memakai jilbab,.,,,

  23. AssalamU’al4ikUm…
    iy4 Q sech Juj4 setUju dengan semua itU…
    t4pI kOq da ja or4ng yg sUdah pake jIlbab tuch pIngIn bUk4 jIlb4bx di depan banyak Orang
    karena dIa pIngin ngelIatnO cantIkx dia..
    sebab klU ga pake jilbab dIa cantIk ketImbang pake jilbab?..
    trUs klU pIngIn ngIngEtin gIman itu pak?…
    y4 sUp4y4 ga nyInggUng per4s44n dIa?..
    W4skUm…..

  24. […] lancang bicara: “Jilbab itu budaya…” “Jadi cintailah produk kita…!” Tapi ukhti harus waspada Karena itu tipuan […]

  25. dengan berjilbab hati lebih tenang dan tentram ..semoga semua muslimah diberi ke istiqomahan untuk senantiasa berjilbab ….keep update yaa artikelnya ..salam

  26. mkcih artikelnya.q dah da niat pke jilbab,moga2 q pke jilbab diridhoi allah.amin……
    tp q ingin pndangan org lain keq dg memakai jilbab bukn semata2 bukn bwt fantastik..

  27. semoga tidak pakai jilbab buat gaya2an..tpi semata2 buat menutup aurat,sesuai ajaran agama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: